Nonaktifkan Push Notification Smartphone

0

Hampir semua smartphone membuat pengaturan bawaannya memunculkan pemberitahuan di bar atas layaratau yang dikenal push notification sebagai tinjauan kemudian menghilang dalam beberapa detik, hal ini bisa saja menganggu pengalaman beberapa pengguna smartphone.

Cara nonaktifkannya gampang banget, pergi ke halaman Pengaturan / Setting kemudian cari menu yang menunjukkan pengaturan untuk pemberitahuan biasanya bernama Pemberitahuan dan Bilah Status. Pada halaman ini biasanya tersedia menu lagi dengan nama Kelola Pemberitahuan yang menampilkan semua aplikasi dan sistem yang terpasang.

Contohnya pada HP OPPO F1 Plus, di menu Kelola Pemberitahuan menampilkan semua aplikasi dan sistem yang digunakan. Ketuk pada aplikasi atau sistem yang ingin di nonaktifkan pemberitahuannya maka akan muncul pengaturan pemberitahuan untuk aplikasi tersebut misalnya aplikasi BBM.

Silahkan matikan semua pemberitahuan yang nyala pada aplikasi tersebut supaya tidak muncul pemberitahuan lagi dari aplikasi tersebut, lakukan hal yang sama pada aplikasi dan sistem yang ingin di nonaktifkan pemberitahuannya. Dengan begini, tidak akan muncul pemberitahuan lagi di bilah atas layar dari aplikasi tersebut termasuk ketika layar mati.

Tapi kalian dapat mengaturnya sesuai keinginan (jika tersedia pilihan seperti di HP OPPO), misalnya ingin mematikan pemberitahuan hanya untuk pemberitahuan layar atas saja atau mematikan pemberitahuan hanya ketika layar mati saja atau yang lainnya jika pengaturannya tersedia.

Hal ini biasanya dilakukan oleh para pengguna yang gemar main game dan tidak ingin terganggu karena sering muncul pemberitahuan / push notification diatas layar. Untuk mengaktifkannya kembali bisa lakukan hal yang sama seperti diatas tapi nyalakan semua / izinkan semua pemberitahuan untuk masing-masing aplikasi.

Harap maklum jika terjadi perbedaan nama menu / tata letak menu dan arahan navigasi, mungkin disebabkan oleh perbedaan jenis smartphone baik dari segi sistem operasi (android, iOS, dsb) atau perbedaan merek.

Selamat Mencoba !

Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya