Facebook Marketplace

Jual dan Beli Lebih Cepat Didalam Facebook

Mungkin saat ini masih ada beberapa pengguna Facebook yang belum mengetahui keberadaan Facebook Marketplace, padahal ia tidak jauh masih di dalam Facebook itu sendiri. Setelah membaca postingan ini berharap para pembaca jadi mengenal Facebook Marketplace. Lalu, apa itu Facebook Marketplace ?

Dengan ini, saya berharap dapat menjawab pertanyaan yang selalu menghantui beberapa pengguna Facebook yang bertanya-tanya apa itu Marketplace ? Bagaimana cara menggunakannya ?

Facebook Marketplace

Facebook Marketplace merupakan tempat jual dan beli yang dikhususkan untuk para pengguna Facebook karena marketplace ini ditempatkan didalam platform Facebook.

Facebook menyediakan tempat jual dan beli ini bertujuan agar para penggunanya dapat dengan mudah mencari dan menemukan barang-barang menarik yang dijual didalam Facebook. Pengguna dapat langsung berkunjung ke marketplace ini secara langsung didalam Facebook tanpa harus download aplikasi lain atau membuat akun lain.

Ok, tidak perlu terlalu rinci, karena nantinya para pengguna dapat merasakan sendiri manfaatnya setelah menggunakannya. Lalu, bagaimana cara menggunakannya ? Bagaimana cara membukanya ?

Facebook Marketplace dapat diakses dengan mudah melalui desktop, tablet, ataupun aplikasi Facebook di smartphone. Ketuk saja ikon seperti ini  di bagian bawah dalam Facebook app (iOS) atau di bagian atas (Android), jika menggunakan browser desktop ikon seperti ini akan muncul di sidebar kiri.

Kalo males cari-cari ikonnya, langsung aja kunjungi URL https://www.facebook.com/marketplace/ untuk membuka Facebook Marketplace. Disana kamu akan temukan banyak sekali produk / item yang dijual oleh para pengguna Facebook yang sudah berjualan di Facebook Marketplace.

Seperti yang saya lihat beberapa hari lalu sudah bermacam-macam item yang dijual di Facebook Marketplace seperti pakaian, alat elektronik, hingga kendaraan bermotor sudah menanti para pemintanya. Mungkin salah satu dari item itu adalah yang kamu butuhkan saat ini. Namun, apapun yang dijual di Facebook Marketplace tentu harus mematuhi kebijakan ecommerce Facebook.

Walaupun saat postingan ini ditulis Facebook Marketplace baru tersedia di beberapa negara saja, untuk para pengguna Indonesia sudah banyak sekali yang memanfaatkan Facebook Marketplace untuk berdagang.

Siapapun dapat melihat Facebook Marketplace walaupun tidak login, tapi untuk mulai berdagang atau membeli tentu harus login terlebih dahulu dengan akun Facebook yang dimiliki.

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Ketika mengunjungi Facebook Marketplace (status telah login), akan melihat menu +Jual Sesuatu (jika menggunakan bahasa Indonesia) di sisi layar untuk mulai berjualan. Klik menu +Jual Sesuatu, lalu masukkan semua rincian dari item yang dijual dengan benar. Klik tombol Kirim untuk mulai menjualnya.

Setiap produk yang kamu jual akan tampil di dalam menu Jual, klik menu Jual untuk melihat semua produk yang kamu jual dengan akun Facebook bersangkutan.

Cara Belanja di Facebook Marketplace

Ketika membuka Facebook Markletplace, klik salah satu produk yang hendak dibeli. Mungkin banyak yang berpikiran bahwa Marketplace yang dimiliki Facebook ini sama dengan Marketplace pada umumnya, itu salah. Facebook Marketplace tidak dapat melakukan transaksi jual beli secara langsung melainkan hanya ngobrol atau tawar menawar kemudian selanjutnya tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak.

Ketika membuka salah satu item (status login), akan muncul tombol Tanya Detil. Hati-Hati ! Ketika mengklik tombol tersebut, secara otomatis Facebook akan mengirimkan pesan “Apakah ini tersedia” seolah calon pembeli bertanya kepada penjual mengenai produk bersangkutan.

Nah, dari situlah mulai obrolan, diskusi, tawar menawar hingga mencapai puncaknya. Jika setuju, maka silahkan beli tapi jika tidak setuju tidak perlu dibeli. Ini tidak seperti toko online kebanyakan.

Setiap produk yang ditanyakan detilnya akan dimasukkan ke daftar, ini ada di dalam menu Beli. Klik menu Beli untuk melihat produk mana saja yang pernah kamu tanyakan detilnya.

Bagaimana ? Apakah tertarik menggunakan Facebook Marketplace ?

Selamat mencoba !

Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAH Lihat Privasi