Partisi Hard Disk & Membuat Disk Baru Tanpa Software, Tanpa EaseUS

Manfaatin Aja Bawaan Windows

Banyak sekali para pengembang teknologi yang menawarkan software untuk partisi disk penyimpanan komputer, laptop, dan penyimpanan lainnya mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Tujuannya sangat bagus untuk membantu partisi disk, tapi tau tidak ? Di Windows pun kamu dapat partisi disk tanpa menggunakan aplikasi-aplikasi seperti itu.

Di Windows sudah tersedia pengelola penyimpanan yang disebut Disk Management, kita bisa memanfaatkan itu untuk membagi disk / menggabungkan / membuat disk baru / dsb. Bukalah Disk Management di Windows dengan cara:

  • Klik kanan pada Windows Menu
  • Pilih Disk Management

Jika tidak ada, gunakanlah pencarian di Start Menu.

Disk Management – Membagi / Partisi Disk

Misalnya disini kita akan membagi disk C karena terlalu besar ruangnya dan masih mungkin untuk dibagi ke disk lain.

  • Klik kanan pada kolom disk yang ingin dibagi
  • Pilih Shrink Volume

gambar 1 - partisi disk c

Akan muncul layar popup yang menampilkan beberapa kolom untuk memasukkan nilai ruang penyimpanan yang ingin digunakan dan yang ingin dibagi (dalam MB).

Pada bagian Enter the amount of space to shrink in MB / Masukkan jumlah ruang yang ingin disusutkan dalam MB, masukkanlah angka (dalam MB). Ini adalah ruang yang akan dilepaskan dari Disk C. Nantinya ruang space yang sudah dilepaskan dari Disk C akan terpisah dan berstatus Unallocated / Tidak Teralokasi alias belum digunakan.

  • Klik tombol Shrink

Tunggu loading beberapa saat maka Disk C tadi berhasil dibagi (disusutkan sebagian). Begitulah cara partisi disk, kamu dapat melakukannya untuk disk lainnya sesuai keperluan.

Disk Management – Membuat Disk Baru

Kamu juga dapat membuat Disk baru, tidak hanya terpaku pada Disk C bawaan Windows saja. Misalnya ingin membuat beberapa disk seperti Disk D, Disk E, dst. Namun, untuk melakukan ini pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang Tidak Teralokasikan / Unallocated (yaitu sisa-sisa ruang yang tidak terpakai).

  • Klik kanan pada ruang yang Unallocated / Tidak Teralokasikan
  • Pilih New Simple Volume

gambar 2 - membuat disk baru

Akan muncul layar popup untuk menentukan nilai (dalam MB) untuk dijadikan ruang penyimpanan baru, masukkan nilai jumlah ruang dari yang Unallocated untuk dijadikan disk baru.

  • Klik tombol Next

Kamu juga  dapat memberikan label pada disk tersebut (contoh: Disk D) dan memberikan huruf pada disk tersebut (contoh: D:).

Jangan lupa untuk memilih format disk tersebut, FAT / NTFS ? Cari tau lebih lanjut apa itu FAT dan NTFS.

  • Klik tombol Create / OK untuk mulai membuat disk baru

Tunggu hingga proses selesai, maka disk baru akan dapat digunakan. Silahkan periksa File Explorer untuk melihatnya.

gambar 3 - hasil hard disk baru disk management

Begitulah cara memanfaatkan Disk Management untuk partisi dan membuat disk baru. Tidak hanya untuk penyimpanan PC / laptop saja, kamu juga bisa menggunakan ini untuk penyimpanan lain seperti Flash Disk dan dapat memanfaatkan fitur lainnya seperti mem-format Disk.

Selamat mencoba !

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi