Media Sosial dan Blog Adalah Tempat yang Ampuh Untuk Mempromosikan Bisnis Secara Online

Pengaruh media sosial bagi masyarakat jaman now / milenials memang sangat besar, terutama bagi remaja dan anak-anak yang getol untuk bermain internet menggunakan smartphone. Website jejaring sosial bisa mempertemukan seluruh masyarakat di dunia untuk saling mengenal dan menjalin komunikasi meskipun dengan jarak jauh. Sekitar tahun 2012 menjadi babak baru bagi para pengguna medsos dalam negeri untuk memanfaatkannnya menjadi sarana dalam bisnis online.

Terdapat banyak website sosial yang bisa dipilih sebagai penunjang dalam menjalankan bisnis online. Namun hanya ada beberapa saja yang paling ramai dan mudah serta potensial untuk dijadikan sebagai media dalam berbisnis. Para pengguna tentu saja harus cermat ketika menjatuhkan pilihan yang tepat sebagai media usaha sehingga bisnis yang dijalankan bisa berhasil.

Banyak penggunanya mulai menawarkan usaha yang digeluti dengan menjual barang atau jasa dengan transaksi menggunakan pembayaran online. Hal ini membuat banyak anak muda yang menjadi usahawan baru dan bahkan bisa meraih kesuksesan dengan menekuni bisnis online melalui situs jejaring. Salah satu kemudahan dalam bisnis ini yaitu bisa melakukan promosi secara gratis maupun berbayar melalui halaman pribadinya.

3 Raksasa Media Sosial yang Ampuh Untuk Menjalankan Bisnis Online

Usaha melalui media sosial bisa dimanfaatkan para pengguna untuk melakukan promosi secara gratis dengan membuat postingan gambar maupun video.Hal ini karena beberapa website jejaring memberikan fasilitas berbagi gambar dan video melalui halaman pribadinya agar bisa dilihat para pengguna lainnya.

Terdapat 3 situs media sosial besar yang sudah memiliki milyaran pengguna di seluruh dunia dan menyediakan fasilitas berbagi gambar serta video. Tentu saja peluang untuk mendapatkan banyak costumer memang sangat besar dan banyak para pebisnis yang telah berhasil dengan menekuni pada ketiga situs jejaring tersebut.

1. Facebook

Pada zaman sekarang ini, hampir semua orang mengenal Facebook dan terdapat milyaran pengguna yang menjadi member untuk memanfaatkan layanan tersebut.

gambar 1 - beriklan di facebook
img: Sprout Social

Para pebisnis hanya memerlukan modal kuota agar bisa membuka usaha melalui internet. Tentu saja hal ini merupakan salah satu cara mencari uang yang efektif karena hanya memerlukan smartphone atau peralatan komputer lainnya.

Anda dapat memasang iklan di Facebook dengan mudah menggunakan dasbor khusus pengiklan yang saat ini sudah diperbarui sedemikian rupa agar lebih mudah digunakan oleh pengguna Facebook yang tidak memiliki basic digital marketing, bahkan saat ini Anda dapat memasang iklan di Facebook tanpa kartu kredit dan cukup menambahkan saldo dengan cara transfer antar bank.

Anda dapat mengatur iklan di Facebook lebih dalam hingga ke akarnya, Anda dapat menentukan siapakah target pengguna Facebook yang harus melihat iklan ini, dan banyak fitur-fitur lainnya yang akan Anda temukan setelah masuk ke Facebook Ads Manager.

2. Instagram

Seperti yang kita ketahui, Instagram telah resmi menjadi milik perusahaan Facebook sehingga siapapun dapat terkoneksi dengan mudah melalui Facebook dan Instagram termasuk meluncurkan iklan.

img: Click Digital Advertising

Bagai sayur tanpa garam jika memasang iklan di Facebook tanpa menghubungkannya ke Instagram. Anda hanya perlu membuat 1 iklan saja untuk bisa tampil di Facebook dan Instagram, ikutilah panduan memasang iklan di Facebook dan Instagram yang pernah dibagikan di posciety.com, itu akan membantu Anda menyiapkan iklan dengan target audience yang tepat.

Sepertinya bukan hal yang baik jika kita meragukan berapa jumlah pengguna Facebook dan Instagram, jika Anda adalah pengguna Facebook/Instagram pasti sudah bisa menebaknya. Cukup masuk ke aplikasi Instagram, Anda akan menemukan semua hal yang dibagikan dari seluruh penjuru dunia.

Ini adalah hal yang sangat tepat jika Anda menggabungkan iklan Facebook dan Instagram.

3. Twitter

Anda pasti sering mendengar stasiun TV yang menayangkan berita tentang media sosial menyebutkan apa yang sedang trending di Indonesia bahkan di dunia, ini mengartikan bahwa manusia di muka bumi sudah mempercayai sistem trending yang dimiliki Twitter.

gambar 3 - pasang iklan di twitter
img: YourStory

Bisa dikatakan media sosial yang satu ini merupakan media sosial resmi, kenapa begitu? Setiap perusahaan di muka bumi pasti memiliki akun Twitter, bahkan banyak perusahaan besar dunia bahkan Indonesia yang menggunakan Twitter sebagai media support untuk produknya seperti @TelkomCare dan @IndosatCare.

Jika kita ambil contoh dari contoh kecil ini, bayangkan jika semua pelanggan Telkom dan Indosat memerlukan bantuan yang memiliki respon cepat, kemungkinan mereka semua membuat akun Twitter. Well, pengguna Twitter akan terus meningkat.

Berita bola, kocak, berita dunia, berita regional, dan masih banyak lagi hal lainnya termasuk konten dewasa yang disebarkan di Twitter selalu menjadi pembahasan masyarakat itu berasal dari Twitter. Contohnya Om Telolet Om yang bisa sampai ke mancanegara berkat hashtag dan menjadi Trending Twitter.

Beberapa perusahaan kecil biasanya menggunakan jasa agensi digital marketing untuk membantu memasangkan iklan di Twitter, karena tidak semudah Facebook dan Instagram. Anda dapat mencari agensi digital marketing di kota Anda, disarankan untuk bekerjasama dengan agensi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun agar mereka lebih memahami bagaimana perkembangan media sosial di Indonesia dengan target market yang Anda inginkan.

Tidak hanya 3 media sosial ini yang dapat Anda manfaatkan untuk meluaskan jangkauan produk bisnis Anda, masih banyak media sosial lainnya yang dapat membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Namun 3 media sosial raksasa di ataslah yang perlu Anda utamakan jika ingin menjangkau pelanggan dengan cepat.

Puluhan juta warga Indonesia selalu aktif di 3 media sosial di atas setiap harinya, bagaimana jika Anda mengambilnya ratusan ribu pengguna saja setiap hari dengan pasang iklan tertarget? Tentu perkembangan bisnis akan melesat di Indonesia.

Jika Anda beranggapan teman-teman dekat Anda tidak menggunakan salah satu dari 3 media sosial di atas, jangan percaya dulu! Di jaman sekarang ini sepertinya setiap orang memerlukan konten baik itu berita maupun hiburan dengan mudah, satu-satunya cara adalah dengan bergabung ke media sosial.

Dari pengalaman pribadi, banyak teman-teman dekat saya yang mengatakan tidak memiliki akun media sosial namun nyatanya mereka tetap memiliki walaupun tidak mengisi data lengkap atau bisa dikatakan palsu karena tujuannya tidak untuk bersosialisasi di dunia maya namun hanya untuk mencari hiburan dan berita yang seru yang dibagikan ke media sosial.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda bisa menebak berapa jumlah pengguna aktif di media sosial? Pasang iklan sekarang! Anda akan mengetahui sehebat apa media sosial untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Bagi perusahaan-perusahaan kecil yang masih berpikir-pikir untuk mengeluarkan uang banyak dan tidak yakin beriklan di media sosial, masih ada cara lain yang dapat Anda gunakan karena beriklan itu tidak harus di media sosial saja.

Anda dapat memanfaatkan blog atau website untuk membantu mengembangkan bisnis Anda misalnya dengan cara mempromosikannya melalui sebuah artikel, menampilkan banner native di situs, dll. Namun dalam memilih blog dan website tentu harus tepat, memiliki pengunjung yang banyak, komunitas yang aktif, dan selalu mendapatkan pengunjung baru setiap harinya. Tapi memasang iklan di situs-situs besar seperti detik.com tentu Anda tetap akan mengeluarkan dana yang besar, padahal hasilnya sudah jelas lebih besar Anda beriklan di media sosial.

Anda dapat mengunjungi alexa.com untuk melihat situs-situs lain di Indonesia yang memiliki peringkat bagus dan pengunjung baru setiap harinya, cobalah hubungi pemilik situs dan mulailah rencanakan periklanan untuk membantu memasarkan produk atau jasa bisnis Anda dengan harga negosiasi.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi