Pasar Crypto Anjlok Gara-Gara Cuitan Elon Musk ?

0

Elon Musk, pemilik perusahaan SpaceX dan mobil listrik Tesla, telah menjadi pendukung beaar mata uang kripto, sehingga menjadi salah satu pendorong tingginya harga koin digital, termasuk bitcoin, beberapa kali dalam setahun terakhir.

Dalam pengajuan SEC pada bulan Februari lalu, Tesla mengungkapkan bahwa mereka membeli bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS. Perusahaan kemudian mengatakan mencatat keuntungan bersih 101 juta dollar AS dari penjualan bitcoin selama kuartal tersebut, membantu meningkatkan laba bersihnya ke rekor tertinggi pada kuartal pertama.

Kemudian pada minggu lalu, SpaceX mengumumkan akan menerima dogecoin sebagai pembayaran untuk meluncurkan ‘misi DOGE – 1 ke Bulan’. Musk mendukung dogecoin, sebuah mata uang kripto bergambar anjing yang terinspirasi dari meme, alih – alih bitcoin.

ads by posciety

Namun, baru – baru ini, Elon Musk membuka opsi untuk menjual sisa kepemilikan bitcoin miliknya. Hal ini diungkapkan Musk di akun Twitter. Pernyataan Musk tersebut membuat harga bitcoin kian anjlok. Dilansir dari Kompas.com, mata uang kripto itu merosot 8 persen menjadi sekitar 44.000 dollar AS atau Rp 624 juta (kurs Rp 14.200 per dollar AS).

Pernyataan tersebut mengundang reaksi dari beberapa investor kripto. Salah satu pengguna Twitter dengan nama akun @CryptoWhale, memberi cuitan dalam akunnya bahwa Bitcoiners akan menampar diri mereka sendiri pada kuartal berikutnya ketika mereka mengetahui Tesla membuang sisa kepemilikan #Bitcoin mereka. Dengan tingginya rasa benci yang akan didapatkan @elonmusk, dia tidak akan menyalahkan beliau…”

Menanggapi cuitan dari akun tersebut, Elon Musk hanya mengiyakan, tanpa merinci apakah Tesla telah menjual kepemilikan bitcoin – nya atau bahwa dia hanya setuju dengan sentimen bahwa dia menghadapi kritik.

Pada 12 Mei, Musk mengatakan Tesla tidak akan lagi menerima bitcoin untuk pembelian mobil. Alasannya, Tesla khawatir akan penggunaan bahan bakar fosil yang meningkat untuk penambangan Bitcoin. Dilansir dari Reuters, Musk mengatakan mendukung kekhawatiran tersebut terutama penggunaan batu bara yang memiliki emisi bahan bakar terburuk.

“Mata uang kripto adalah ide yang bagus pada banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan. Namun hal ini dapat merugikan lingkungan,” kata Musk dalam cuitannya di Twitter beberapa hari lalu. Musk menambahkan bahwa dia akan menggunakan bitcoin untuk transaksi segera, setelah transisi penambangan bitcoin berubah ke energi yang lebih berkelanjutan, bukan energi fosil.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya