Mulai 2 Mei, Anotasi Video YouTube Dihilangkan

Anotasi pada video YouTube atau lebih dikenal dengan Anotasi YouTube (YouTube Annotation) merupakan salah atu fitur favorit saya ketika baru mulai membuat konten video di YouTube, anotasi dapat membantu saya menjangkau pemirsa lebih banyak dan cepat untuk video saya yang lainnya. Karena dengan anotasi, saya dapat menerapkan video di channel YouTube saya yang lain.

Tapi YouTube menghimbau kepada pemilik channel YouTube dengan memberikan pemberitahuan lewat dasbor YouTube pada hari Jumat, 17 Maret 2017 bahwa:

Mulai Tanggal 2 Mei 2017, Anotasi YouTube Ditiadakan

Dalam pengumumannya itu, YouTube mengatakan bahwa selalu berkomitmen dalam membantu pengguna dalam menjangkau lebih banyak penggemar (subscriber).

Dengan alasan tersebut munculah YouTube End Screen (Layar Akhir pada video YouTube) yang baru terbit beberapa bulan lalu, penggunaan Layar Akhir pun semakin terus bertambah dan penggunaan Anotasi terus berkurang. Itulah sebabnya Youtube memutuskan untuk menghentikan / menghilangkan Anotasi, pengguna Layar Akhir saat pengumuman ini disampaikan sudah mencapai 70% diatas pengguna Anotasi.

Demi menjaga kenyamanan pengguna, YouTube tetap akan menampilkan anotasi yang sudah ada di video-video lama atau video-video sebelumnya yang belum sempat kita hapus. Tapi hanya dapat melihat dan menghapusnya, tidak bisa membuat anotasi baru.

Selain Layar Akhir, YouTube merasa yakin penggunanya akan lebih merasa senang dengan bantuan fitur Kartu (Card) pada video. Kedua hal ini diyakini Youtube dapat membantu penggunanya menjangkau lebih banyak lagi pelanggan.

Layar Akhir & Kartu Berfungsi Di Perangkat Seluler

Hal ini disebabkan karena meningkatnya penonton YouTube di smartphone sampai 60% lebih tinggi dibanding komputer / laptop, tidak ada alasan lagi bagi pemilik channel untuk tidak mendapatkan jangkauan. Karena anotasi hanya dapat terlihat di perangkat desktop saja, maka YouTube memilih untuk menghilangkannya dan memastikan Layar Akhir sebagai penggantinya.

Silahkan pelajari lebih lanjut tentang kartu pada halaman support Youtube disini.

Layar Akhir & Kartu Bersifat Lebih Interaktif Bagi Viewers

YouTube menyatakan bahwa jumlah klik pada Kartu dan Layar Akhir lebih besar 7 kali dari Anotasi bahkan kebanyakan anotasi sering ditutup tanpa mengkliknya dan semakin banyak juga penonton yang menonaktifkan anotasi pada pengaturan video yang ditontonnya.

Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Layar Akhir pada halaman support YouTube disini.

Kartu & Layar Akhir Lebih Mudah Dibuat

YouTube melakukan survey kepada beberapa pembuat konten terpilih untuk memberikan feedback dari penggunaan anotasi, layar akhir dan kartu pada video Youtube. Banyak para pembuat konten itu mengatakan bahwa membuat kartu dan layar akhir lebih mudah dan 10 kali lebih cepat dari membuat anotasi pada akhir video.

Kini kita dapat mengimpor layar akhir dari video lain atau menggunakan hamparan dinamis (template) guna menghemat waktu

Kesimpulan

Artikel ini didasari oleh pemberitahuan YouTube yang disebarkan kepada pemilik channel YouTube melalui pemberitahuan dasbor tentang pemberitahuan penghentian penggunaan editor anotasi dengan judul pemberitahuannya waktu itu adalah “Selamat Tinggal Anotasi“. Klik disini untuk melihat pemberitahuan aslinya di halaman support YouTube.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi