Penemu & Sejarah Internet

Sebelum ditemukannya internet ada yang disebut dengan ARPAnet (Advance Research Projects Agency Network). Amerika Serikat mendanai ARPAnet ini setela perang dingin usai antara mereka dengan Uni Soviet. Amerika bermaksud mengembangkan ARPAnet agar dapat menahan serangan nuklir dengan cara mendistribusikan sistem informasi antara komputer satu dengan komputer lainnya secara geografis. ARPAnet menicptakan TCP/IP komunikasi standar yang mendefinisikan data transfer. Tapi saking pintarnya orang2 zaman dahulu, perebutan hak cipta dan pengembangan dilakukan dari beberapa tempat / kelompok. Banyak yang mengaku bahwa mereka penemunya dan banyak yang merebut konsep ARPAnet ini.

Dari sekian banyak kelompok yang mengaku dan menyebut diri mereka sebagai penemu internet pada saat itu, Tim Berners Lee adalah orang yang memimpin atau mengembangkan ARPAnet terlihat lebih nyata dengan beberapa buktinya. Ia mampu menjelaskan untuk pertama kalinya tentang html, http dan url. 3 hal tersebut merupakan bagian dari ARPAnet dan internet pada saat ini. Ketika kelompok lain kesulitan menjelaskan tentang 3 hal berikut, Tim Berners Lee lah yang mampu menjelaskan dengan rinci dan masuk akal. Sedikit ulasan, Tim Berners Lee menjelaskan bahwa html adalah bahasa yang digunakan dalam membuat halaman web dengan sangat rinci begitupun ketika menjelaskan tentang http dan url.

Tentu Berners Lee tidak sendirian, ia dibantu oleh beberapa teman atau timnya terutama Vinton Cerf & Robert Khan. Mereka berdua yang lebih banyak membantu seperti merancang pembuatan laman web, transfer protokol dan struktur2 lainnya yang saat ini bisa kita saksikan ARPAnet berubah wujud menjadi internet yang luar biasa.

Flashback, sebetulnya beberapa tahun kebelakang sebelum Tim Berners Lee menemukan hal yang luar biasa ini, pada tahun 1945 tepat sebelum Indonesia merdeka ada seseorang yang bernama Vannevar Bush dan ia mengajukan diri kepada kepemerintahan untuk memberikan penemuannya yaitu html. Pengajuan Vanner Bush ditolak, karena mungkin pada saat itu memang tidak ada manusia yang mengetahui apa html yang dimaksud oleh Vannevar Bush. Beberapa kerabatnya mengungkapkan bahwa dia sebelum meninggal mengungkapkan rasa kesalnya karena tidak dapat menunjukan html pada manusia bumi ini.

Memang sudah seharusnya keberuntungan datang kepada Tim Berners Lee, pada tahun 1990an setelah beberapa tahun didanai oleh Amerika untuk mengembangkan ARPAnet. Ia berhasil menciptakan WWW (World Wide Web), html dengan sempurna, http dan url. Ia dibantu oleh rekan2 timnya dari Jenewa, Swiss.

Tidak perlu bingung siapa yang menciptakan atau disebut penemu, karena semua orang pada saat itu memang berambisi untuk menjadi terkenal dan saling berteriak “Aku yang menciptakan!!”. Tapi Tim Berners Lee dan timnya lah yang mampu menjelaskan dan mendeskripsikan dengan nyata semua hasil temuannya. Alhasil, mereka benar2 mampu merubah dunia dengan temuannya yang sekarang dikenal sebagai internet. JAdi Tim Berners Lee lebih pas untuk dikatakan sebagai penemunya dan biasa disebut sebagai bapak dari internet karena www pertama didunia diciptakan dari tangannya sendiri.

Setelah berubah menjadi internet, Robert Khan lebih menonjol dan sukses dalam mengembangkan internet menjadi lebih serba guna dan universal. Ia mengambil sampel dari www pertama didunia yaitu yang diciptakan oleh temannya, Berners Lee.

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...