Hampir segala keperluan bisa dilakukan dengan sentuhan jari pada smartphone termasuk pengajuan kartu kredit/credit card.

Dulu, pengajuan kartu kredit bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, maka jarang sekali yang ingin memiliki kartu kredit. Karena itu, banyak Sales & Marketing yang jemput langsung ke lapangan untuk menawarkan kartu kredit secara langsung.

Sekarang, pengajuan kartu kredit dapat Anda lakukan dengan mudah hanya melalui smartphone. Kali ini, kita ambil contoh pengajuan kartu kredit bank BCA.

Pengajuan Kartu Kredit BCA Lewat Aplikasi eBranch

gambar 1 - cara download bca ebranch
img: Posciety.Com

Hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah download aplikasi BCA eBranch di PlayStore atau AppStore. Ketik e branch di kolom pencarian, pastikan untuk download aplikasi eBranch yang diterbitkan oleh PT. Bank Central Asia Tbk. Atau Klik Disini untuk download aplikasi BCA eBranch.

Sebelum Anda mencoba pengajuan kartu kredit BCA, pastikan Anda berusia 21-65 tahun. Usia di luar itu tidak dapat mengajukan kartu kredit walaupun menggunakan aplikasi eBranch.

Login / Register / Gues

GAMBAR 2 - cara login register bca ebranch
img: Posciety.Com

Setelah berhasil download, buka aplikasi eBranch maka Anda akan melihat halaman login. Jika belum punya akun, lakukan Sign Up terlebih dahulu, verifikasi akun hingga selesai kemudian Login dengan akun yang baru saja didaftarkan.

Anda pun dapat menggunakan aplikasi ini sebagau tamu/guest jika tidak ingin melakukan pendaftaran, tapi pada akhirnya nanti Anda akan tetap akan diminta alamat email untuk konfirmasi pengajuan kartu kredit ini.

Transaksi Customer Service

gambar 3 - transaksi customer service bca ebranch
img: Posciety.Com

Pada halaman utama eBranch BCA, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Pilih Transaksi Cutomer Service
  • Pilih Pengajuan Kartu Kredit
  • Pilih BCA Card yang Anda inginkan, klik INFO KARTU untuk mengetahui lebih detail tentang kartu
  • Klik tombol Lanjut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya
  • Pilih MasterCard/Visa yang Anda inginkan, klik INFO KARTU untuk mengetahui lebih detail tentang kartu
  • Klik tombol Lanjut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya

Anda akan melihat ringkasan dari apa yang telah Anda pilih di langkah-langkah sebelumnya, pastikan kartu yang Anda pilih sudah benar dan sesuai dengan harapan Anda. Klik tombol Lanjut untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Identitas

gambar 4 - identitas ktp untuk pengajuan kartu kredit bca
img: Posciety.Com

Pilihlah identitas yang ingin Anda gunakan untuk pengajuan kartu kredit BCA ini, misalnya KTP. Anda perlu melengkapi data diri dengan baik dan benar.

Lengkapi Data Diri

  • Foto KTP, klik ikon kamera untuk membuka kamera smartphone Anda dan mulailah mengambil foto KTP Anda dan posisikan tepat pada bagian kotak di tengah layar yang sudah disediakan. Anda pun dapat menggunakan gambar yang ada di galeri smartphone dengan cara klik ikon folder
  • Nomor Identitas, masukkan nomor KTP Anda
  • Nama yang diinginkan di kartu, masukkan nama yang Anda inginkan pada kartu kredit Anda jika disetujui
  • Nama lengkap tanpa singkatan dan gelar, masukkan nama lengkap Anda sesuai di KTP tanpa gelar
  • Nomor Handphone, masukkan nomor handphone Anda dan pastikan nomor tersebut masih Anda gunakan (aktif)
  • Email, masukkan alamat email Anda yang aktif. Kode pengajuan kartu kredit ini akan dikirimkan ke alamat email Anda dan nantinya email ini akan digunakan juga sebagai alamat penagihan (billing statement)
  • Klik tombol Lanjut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya

Pada langkah berikutnya, Anda masih diminta untuk melengkapi data diri Anda. Isilah data diri yang diminta dengan baik dan benar.

Jika Anda WNA, Anda perlu memasukkan data tambahan yaitu nomor KITAS/KITAP dan masa berlakunya. Klik tombol Lanjut untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Lengkapi Alamat

Pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta melengkapi alamat termasuk status tempat tinggal Anda saat ini. Setelah dilengkapi dengan benar, klik tombol Lanjut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Lengkapi Data Pekerjaan

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk melengkapi data pekerjaan Anda mulai dari Foto NPWP hingga Penghasilan Perbulan. Setelah semuanya berhasil diisi dengan benar, klik tombol Lanjut untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Tahap berikutnya masih tentang Data Pekerjaan, lengkapi semua bidang yang disediakan mulai dari Nama Perusahaan hingga Nomor Telp Perusahaan. Biasanya, beberapa pengajuan perlu diverifikasi tempat kerjanya. Klik tombol Lanjut untuk melanjutkan ke halaman selanjutnya.

Data Kontak Darurat

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk melengkapi data kontak darurat. Hanya 1 kontak yang dapat diinput, pastikan Anda memasukkan kontak seseorang yang dapat Anda percayai, misalnya ibu kandung.

Klik tombol Lanjut untuk melanjutkan tahap berikutnya.

Perlindungan Credit Life

BCA sedikit beriklan disini 😀 Anda akan ditawarkan apakah ingin memiliki fasilitas Perlindungan Credit Life (asuransi). Pilih Ya jika Anda setuju.

Ketika melanjutkan ke langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kartu kredit dari bank lain (jika Anda memiliki kartu kredit bank lain). Pilih Tidak, jika Anda tidak memiliki kartu kredit bank lain.

Pada lankah selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan Kode Promosi (jika ada) dan memasukkan referensi jika Anda menginginkannya.

Pengiriman Kartu Kredit

gambar 5 - alamat pengiriman kartu kredit bca
img: Posciety.Com

Langkah selanjutnya, Anda akan ditanya ke alamat manakah kartu kredit ini akan dikirim? Rumah atau Kantor? Dan apakah Anda ingin mengajukan kartu kredit tambahan untuk orang lain?

Klik tombol Lanjut untuk melihat ringkasan dari data yang telah Anda isi di langkah-langkah sebelumnya, pastikan Anda membacanya dengan baik. Klik Saya menyetujui Ketentuan Kartu Kredit ini dan klik tombol Proses untuk menyelesaikan pengajuan kartu kredit.

Pengajuan Kartu Kredit Berhasil

Anda telah selesai melakukan pengajuan kartu kredit, di halaman terakhir ini Anda akan melihat Nomor Referensi Pengajuan Kartu Kredit. Rincian pengajuan kartu kredit ini juga akan dikirimkan ke alamat email yang Anda masukkan di langkah pengisian Data Diri.

Klik tombol Selesai untuk menutup halaman. Lalu, apa langkah selanjutnya?

Selanjutnya, buka email Anda dan periksa email dari apply_cc@bca.co.id yang berisi rincian pengajuan kartu kredit Anda mulai dari Nomor Referensi hingga berkas apa saja yang diperlukan.

Berkas yang diperlukan harus Anda bawa ke kantor cabang BCA terdekat, selanjutnya tunggu kabar dari BCA apakah pengajuan Anda diterima atau ditolak.

0 0 vote
Article Rating
guest
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email yang Sah
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments