Pengalaman Mengikuti Tes Rekrutmen Allo Bank #PencariKerja

0

Dalam rangka launching Allo Bank (anak perusahaan baru CT Corp), pada tanggal 20-22 Mei 2022, CT Corp mengadakan acara Allo Bank Festival yang mengundang sederet artis papan atas Indonesia. Menariknya, festival tersebut juga mengundang Boyband dan Girlband Korea yang sedang naik daun yaitu NCT Dream dan Red Velvet. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 100.000,-, kalian sudah bisa menonton konser tersebut. Namun sebelumnya, kalian harus mengunduh Allo Bank lalu daftarkan diri. Kemudian, mengupgrade keanggotaan kalian menjadi Allo Prime, baru kalian bisa membeli tiket konser tersebut.

Selain mengadakan konser, Allo Bank Festival juga mengadakan rekrutmen besar-besaran untuk perusahaan-perusahaan yang berada di bawah naungan CT Corp, seperti TransTV, Detikcom, CNN Indonesia, Trans7, dan lain-lain.

Bukan perkara mudah dalam mengikuti proses rekrutmen Allo Bank ini. Begitu banyak syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mengikuti tes. Pertama-tama, kalian daftar dulu di career.allobank.com. Setelah itu berhasil membuat akun, kalian harus mengunduh Allo Bank, membuat akun di aplikasi Allo Bank, kemudian upgrade keanggotaan menjadi Allo Prime.

ads by posciety

Untuk mengupgrade menjadi Allo Prime, kalian harus isi saldo minimal 10 ribu untuk mengupgrade keanggotaan menjadi Allo Prime. Kembali ke website, kalian harus mengisi formulir dan mengisi dan mengupload semua data yang diperlukan. Jika kalian sudah mengisi semua data tersebut dengan benar dan sesuai dengan identitas kalian.

Jika kalian sudah selesai dalam melakukan pendaftaran, kalian akan menerima e-mail undangan untuk tes tertulis seperti ini.

Tes tertulisnya diadakan di Istora Senayan, di pagi hari sebelum konser dimulai. Jadi, di dalam Allo Bank Festival, pada saat pagi-pagi diadakan tes untuk rekrutmen. Sementara pada sore harinya, konser baru diadakan. Jumlah peserta yang mengikuti tes rekrutmennya pun tidak sedikit. Semuanya berjumlah 20 ribu peserta, dibagi menjadi 3 sesi, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Dalam satu hari, sekitar 6.000 lebih peserta yang hadir dalam mengikuti tes. Kalau dipikir-pikir, jadi mirip tes CPNS ya?

Di dalam surat undangan, tesnya dimulai pukul 07.30 WIB. Tapi kenyataannya, tesnya baru benar-benar dimulai pukul 09.00 WIB. Ya mungkin itu kebijakan dari pihak CT Corp mengundur waktu tes hingga semua peserta benar-benar terkumpul.

Sambil menunggu waktu tes, ada kata sambutan dulu dari pihak Allo Bank. Selain itu, peserta tes diberi kata sambutan oleh Rian Ibram (Host Insert) dan Nassar (Penyanyi Dangdut). Setelah itu, Direktur Trans TV juga memberi kata sambutan sambil menyemangati semua peserta yang akan mengikuti tes.

Setelah menerima sambutan dari beberapa pihak, peserta diberi arahan oleh pihak Allo Bank mengenai prosedur dalam mengerjakan soal. Peserta tidak ada yang diberi pena maupun kertas, karena tes tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp. Jadi, peserta akan diberi nomor handphone pihak Allo Bank untuk mengirimkan jawaban. Pihak Allo Bank juga memastikan agar semua peserta mendapat sinyal yang baik sehingga tidak menghambat proses ujian.

Kemudian, peserta diberi arahan mengenai tata cara menjawab soal. Peserta akan diberi 80 soal ujian, yang terdiri dari 60 soal tentang pengetahuan umum dan 20 soal Bahasa Inggris. Untuk menjawab soal pengetahuan umum, peserta cukup menuliskan kode, misalkan U1A (U=kode soal pengetahuan umum, 1=nomor soal, A=jawaban yang dipilih) hingga mencapai 60 soal. Sedangkan untuk menjawab soal Bahasa Inggris, peserta cukup menuliskan kode, misalkan B1A (B=kode soal Bahasa Inggris, 1= nomor soal, A=jawaban yang dipilih)

Adapun keuntungan dan kerugian yang didapat dalam mengerjakan tes melalui WhatsApp. Pihak yang merasa diuntungkan pasti pihak rekrutmen, karena mereka tidak perlu repot-repot menyediakan pena dan kertas untuk para peserta. Cukup dengan menggunakan aplikasi, pihak rekrutmen tidak perlu repot-repot mengecek satu per satu jawaban para peserta seperti guru sekolah.

Namun, pihak yang dirugikan yaitu para peserta sendiri. Pada hari Jumat kemarin, tanggal 20 Mei 2022, pihak rekrutmen melakukan kesalahan dalam pembuatan soal. Jadi, soal nomor 30 ada 2 macam sehingga mengacaukan jawaban para peserta. Sayangnya, pihak rekrutmen Allo Bank pada saat itu tidak bertanggungjawab terhadap kesalahannya, maksudnya tidak menganulir salah satu soal nomor 30 tersebut dan malah menyuruh peserta tetap menulis jawaban sesuai nomor yang ada di layar monitor.

Otomatis, para peserta yang hadir pada hari Jumat itu menjawab hanya 59 soal, sedangkan pihak rekrutmen merasa bahwa mereka memberikan soal sebanyak 60. Dari situlah mulai bermunculan spekulasi dan tanda tanya besar dari para peserta, apakah ini sebuah permainan? Apakah pihak rekrutmen sengaja menggugurkan peserta sebanyak 6000 orang dalam waktu sehari dengan cara seperti iitu? Atau tes rekrutmen ini hanya formalitas saja?

Entahlah … namun sangat disayangkan telah terjadi kekeliruan seperti itu. Mengingat bahwa CT Corp merupakan perusahaan besar, akan tetapi tidak adil dalam melakukan tes rekrutmen. Apabila tesnya dilakukan menggunakan kertas dan pena, mungkin para peserta yang hadir pada saat itu tidak akan merasa sangat kecewa dan memiliki secercah harapan bisa lolos dalam tes tersebut. Nasib, nasib.

Well, itu saja mungkin artikel mengenai rasanya mengikuti tes rekrutmen Allo Bank Mei 2022. Ternyata, ingin bekerja di perusahaan besar itu sangat sangat sulit apabila kita tidak punya koneksi. Bagi kalian yang masih bekerja, sebelum kalian mendapat pekerjaan yang sesuaii dengan harapan kalian, lebih baik kalian pertahankan. Daripada kalian capek-capek melamar ke sana ke sini namun belum mendapatkan hasilnya. Oleh karena itu, jangan dulu berhenti bekerja sebelum kalian mendapat gantinya.

Terima kasih karena telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat! Untuk para pencari kerja, semangat ya! Kelak kalian akan sukses ke depannya dengan cara yang indah.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya