Setelan Entri Blogger, Kelola Sesuai Keperluan Sebelum Publish Artikel

Setelan yang Biasa Dilupakan Ketika Membuat/Mengedit Post

Konten blog adalah hal penting dalam sebuah blog, bahkan dalam template post detail isi pembahasan harus mampu mengalahkan elemen-elemen lain di sekitarnya. Selain itu, bagi pengguna Blogspot biasanya melupakan beberapa pengaturan postingan yang tersedia untuk menyesuaikan artikel yang dibuat.

Bagi yang sudah mengetahui pengaturan-pengaturan ini, mari kita membahas kembali sekaligus berbagi kepada para blogger yang mungkin belum mengetahui manfaat-manfaat dari pengaturan postingan yang disediakan oleh Blogger.

Setelan Entri

Ketika membuat post atau mengedit post, akan melihat Setelan Entri di panel samping kanan. Terdapat beberapa hal yang dapat disesuaikan disini, yaitu: Label, Tanggal / Jadwal, Tautan Permanen, Lokasi, dan Pilihan.

Label

Ini adalah tag yang diterapkan pada postingan bersangkutan, tag akan mempermudah pengunjung untuk menemukan artikel yang diinginkan. Tag juga sebagai pengelompokkan post agar mudah ditemukan dengan memfilter berdasarkan tag.

Tag ini juga biasanya dijadikan menu pada blogspot, sehingga ketika pengunjung mengklik menu / tag akan diarahkan ke halaman yang menampilkan semua postingan yang diterapkan tag tersebut di dalamnya. Misalnya artikel ini membahas Blogger maka masukkanlah ke dalam tag Google atau Blogspot.

Cara membuat tag / label pun tidak sulit, Klik saja bagian Label, akan menampilklan textarea dan daftar tag yang sudah pernah dibuat. Pilih tag yang sudah ada untuk dimasukkan ke dalam artikel, atau buat tag baru dengan mengetikkan nama tag yang diinginkan pada kolom yang disediakan. Kamu dapat membuat beberapa tag baru sekaligus dengan dipisahkan tanda koma (,). Contoh: Adobe, Bikin Website, SEO. Klik tombol Selesai untuk menerapkannya.

Tanggal / Jadwal

Jika kamu sedang membuat postingan baru (belum publish) maka nama bidang ini akan menjadi Jadwal, tapi jika kamu mengedit post yang sudah publis nama bidang ini akan menjadi Tanggal. Sama saja ko fungsinya untuk mengatur waktu.

Klik saja bidang ini maka akan menampilkan opsi lainnya, pilih Otomatis jika ingin mengatur waktu publikasi sesuai waktu nyata ketika kamu mempublikasikan post tersebut. Pilih Setel Tanggal dan Waktu jika kamu ingin menjadwalkan kapan artikel tersebut akan dipublikasikan secara otomatis.

Tapi, jika mengedit artikel yang sudah publish, ketika kamu mengklik bagian ini maka akan menampilkan Dipublikasikan pada. Ini akan menggunakan tanggal dan waktu yang sudah ditentukan saat artikel publish, kamu dapat juga mengganti tanggal publish artikel tersebut dengan cara memilih Setel Tanggal dan Waktu kemudian tentukan !

Tautan Permanen

Bagian ini dapat diedit hanya ketika membuat artikel baru (artikel yang belum dipublikasi), klik bagian ini maka akan memunculkan 2 opsi yaitu Tautan Permanen Otomatis dan Tautan Permanen Khusus.

Jika memilih Tautan Permanen Otomatis artinya link ke artikel ini akan dibuat secara otomatis (diambil dari judul artikel bersangkutan ketika pertama kali dipublish).

Jika memilih Tautan Permanen Khusus artinya kamu dapat menyesuaikan bagaimana ingin mengatur link ke artikel ini (bisa berbeda dengan judul). Klik tombol Selesai untuk menyimpannya.

Lokasi

Pada blogspot, pengguna dapat menentukan dimana artikel tersebut dibuat. Klik bagian ini untuk memasukkan alamat atau memilihnya dari peta yang disediakan. Klik tombol Selesai untuk menerapkan alamat ke artikel.

Pilihan

Dalam bagian ini terdapat beberapa pilihan lagi di dalamnya, silahkan sesuaikan saja.

  1. Komentar Pembaca
    Pilihlah bagaimana tingkah laku sistem komentar pada artikel bersangkutan, pilih Izinkan untuk mengizinkan komentar dari siapapun.
  2. Mode Tulis
    Gunakan Tunjukkan HTML apa adanya jika kamu ingin menampilkan potongan kode / script pada artikel dan tidak menjadikannya (hanya membaca). Ini biasanya digunakan jika ingin menampilkan script pada tutorial membuat website.
  3. Baris Baru
    Pilih Gunakan Enter jika ingin ketika mengekan tombol Enter pada keyboard membuat barisan baru ke bawah, tapi jika kamu memahami setidaknya dasar kode HTML silahkan gunakan <br/>.

Klik tombol Selesai untuk menyimpan semua perubahan pada bagian ini.

Dengan memanfaatkan Setelan Entri ini kamu dapat membuat sebuah artikel lebih lanjut lagi, tidak seperti biasanya yang hanya menulis dan publish saja.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi