Pengen Charger Laptopmu Awet dan Tahan Lama? Lihat Triknya Disini

0

Ketika sedang sibuk sibuknya mengejar deadline dan kamu perlu mengisi daya laptopmu, tapi ternyata kabel chargernya mendadak tidak berfungsi. Aduh, gawattt…

Mungkin beberapa diantara kamu ada yang sering gonta-ganti charger laptop (Hayoo ngaku…). Memang, tidak bisa dipungkiri kalau charger laptop itu rentan rusak. Apalagi untuk kamu yang aktif membawa laptopmu kesana kemari. Entah itu dibawa nongkrong atau dibawa berpergian keluar.

Selain itu, tidak jarang karena terburu-buru kita mencabut dan menaruh asal kabel charger laptop setelah selesai digunakan. Nah, kebiasaan ini nih guys yang bikin kabel charger kita cepat rusak.

Ngga mau kan, kalau charger kita jadinya malah rusak apalagi kalau dibutuhkan disaat yang penting. Tenang, di bawah ini akan dijabarkan tipsnya untuk kalian semua.

Gunakan Charger Asli

Banyak charger palsu yang beredar di pasar dan memang biasanya lebih murah dari yang aslinya. Tapi jangan tertipu, ini salah satu yang bisa buat charger laptopmu tidak awet dan juga bisa berbahaya untuk baterai laptopmu. Gunakanlah yang asli dengan spesifikasi yang sesuai dengan merk dan model laptopmu.

Pegang Kepala Kabel Charger Laptop Ketika Mencabutnya

Hal ini paling sering terjadi ketika charger dicabut asal begitu saja dari kabelnya. Mungkin karena tergesa-gesa atau malas menjangkau kepala kabel charger yang tercolok di stop kontak. Padahal lama-kelamaan kabel yang terlilit didalamnya bisa tertarik hingga putus. Jangan sampai terjadi lagi, yah!

Gulung dengan Benar Kabel Charger Laptop

Hal yang paling riskan dalam merawat kabel laptop adalah bagaimana kamu menyimpannya. Apakah tergulung dengan rapi atau dibiarkan terurai begitu saja saat menaruhnya.

Jangan menggulung kabel dengan lipatan kecil yang kencang karena bisa membuat konduktor di dalamnya tertarik. Gulunglah dengan membentuk lingkaran lingkaran dan pastikan bagian kabel yang dekat dengan penghubungnya tidak tertekuk sehingga tetap lurus.

Perhatikan Penempatan Kabel Charger dan Adaptor

Saat kamu mengecas laptopmu, perhatikan juga penempatan kabelnya, Jangan sampai membentang di lantai dan sampai menghalangi jalan untuk kamu atau orang lain lewat. Karena hal ini bisa membuat kabel laptopmu terinjak tanpa sengaja.

Lebih parahnya lagi kabelnya bisa saja tersangkut di kaki dan membuat kabel yang semula tercolok tercabut begitu saja. Kedua hal ini juga bisa membuat konduktor dalam kabelnya walaupun terlapisi bisa rusak.

Selain itu usahakan bagian adaptor tidak menggantung ketika mengecas pada stop kontak yang posisinya lebih tinggi. Ini bisa membuat adaptor rusak jika tiba-tiba lepas lalu terjatuh ke lantai

Simpan di Tempat yang Sesuai

Simpanlah charger laptopmu di tempat yang bersuhu ruangan dan kering. Selain itu simpan juga di tempat yang aman seperti tas laptop atau dalam laci. Jika tempatmu ada tikusnya, ini akan berguna karena tikus terkadang suka menggerogoti kabel, lho!

Perhatikan Waktu Penggunaan

Jangan biarkan charger laptop terpasang terlalu lama, ya! Apalagi jika sudah tidak kamu gunakan. Memang ada beberapa laptop yang bisa memotong arus dengan sendirinya jika baterainya sudah full dan ada yang tidak. Namun, tidak ada salahnya untuk dibiasakan, kan?

Selain juga adaptormu bisa jadi panas, bisa saja kamu tersetrum jika ujung charger yang tidak terpasang tak sengaja kamu sentuh saat tanganmu basah.

Sekian beberapa tips yang bisa diperhatikan untuk merawat charger laptopmu. Mudah-mudahan setelah mengikuti tips di atas, charger laptopmu jadi tambah awet dan tahan lama.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya