Apa Arti CRUD ? Bagaimana Cara Membuatnya ?

Ketika berkecimpung di sekitar pemrograman PHP dan MySQL database biasanya sering mendengar atau membaca istilah CRUD tapi masih ada beberapa teman kita yang belum tau artinya, mari simak penjelasan berikut:

Apa Arti CRUD ?

CRUD merupakan singkatan dari Create, Read, Update dan Delete. Jadi ketika belajar membuat CRUD artinya akan membuat 4 hal tersebut bersamaan dalam satu project.

CRUD terbatas dari 4 hal saja yaitu:

  • Create (Membuat, contohnya membuat sistem pendaftaran / membuat data baru di PHP yang dimasukkan ke database)
  • Read (Membaca, menampilkan data yang ada didatabase dan dapat dibaca menggunakan pemrograman PHP)
  • Update (Memperbarui, artinya memperbarui atau mengedit data yang ada didatabase via PHP)
  • Delete (Menghapus, cara paling mudah dalam pembuatannya yaitu menghapus data yang ada didatabase lewat PHP)

Lalu, Apa Bedanya CRUD & CMS ?

Masih ada beberapa orang yang salah mengartikan bahwa CRUD dan CMS merupakan hal yang sama, padahal nyatanya berbeda. Karena CRUD hanya terdiri dari 4 hal tersebut sedangkan CMS merupakan sistem pengelola konten yang artinya dapat mengelola secara keseluruhan tanpa batas (misalnya WordPress & Joomla).

Cara Membuat CRUD

Jika pernah mengikuti tutorial tentang PHP  dan tutorial tentang Database di situs ini, tanpa disadari kalian sudah membuat 4 hal yang ada didalam CRUD bahkan sampai membuat sistem pencarian data di PHP.

Silahkan klik kategori Tutorial -> PHP untuk mempelajari lebih lanjut tentang 4 hal tersebut, dibuatkan terpisah karena masing-masing bagian dijelaskan secara rinci dan lumayan panjang (+ video tutorial).

Setelah berhasil membuat 4 hal CRUD tersebut tinggal digabungkan menjadi satu supaya menjadi CRUD, misanlya sebuah dasbor situs web PHP yang didalamnya dapat Membuat, Membaca, Mengedit dan Menghapus.

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...