Pengertian & Cara Install CI – CodeIgniter

Popular PHP Framework

`

CodeIgniter yang biasa di singkat CI ini merupakan kerangka kerja (atau yang biasa disebut framework) PHP yang kuat dengan footprint yang sangat kecil, CI dibangun untuk para pengembang yang membutuhkan toolkit sederhana dan elegan untuk membuat aplikasi web berfitur lengkap.

Dengan CI, kamu dapat mempercepat pembangunan / pengembangan aplikasimu karena CI ini menggunakan sistem MVC (Model, View, Controller) yang akan membantumu lebih mudah dan memiliki fitur lengkap dalam pengembanganmu.

CI ini juga banyak banget penggunanya, karena selain mudah digunakan oleh para developer yang baru memulai, CI juga banyak sekali dokumentasinya yang sangat membantu. Dokumentasi resminya ada di situs web CodeIgniter, dan banyak juga dokumentasi di situs web / forum lainnya.

Cara Install CodeIgniter

Karena CI ini merupakan framework, maka perlu di install terlebih dahulu agar bisa digunakan. Pertama-tama, kita download dulu CodeIgniter-nya di situs resmi CodeIgniter (klik disini untuk dapatkan versi terbaru CI). Pada halaman download tersebut, silahkan pilih versi mana yang ingin kamu gunakan, saya saat ini masih menggunakan versi 3. Klik tombol Download CodeIgniter untuk mulai mengunduhnya.

Setelah proses download selesai, silahkan kunjungi folder hasil download tadi. File ini berupa .zip, silahkan extract terlebih dahulu. Sebelum extract, alangkah baiknya kamu masukkan dulu kedalam sebuah folder supaya tidak tercampur dengan file lain yang nanti kamu malah bingung mencarinya.

  • Setelah extract selesai, silahkan pindahkan folder hasil extract-nya (contoh: CodeIgniter-3.1.6) ke folder project (misalnya: xampp\htdocs).
  • Kamu dapat merubah nama folder ini (CodeIgniter-3.1.6) menjadi nama yang diinginkan (misalnya: projectcisaya), yang mana nama ini nantinya akan menjadi URL project, pastikan tidak ada spasi.
  • Setelah selesai, silahkan coba akses di browser localhost/projectcirio (masukkan nama yang kamu terapkan). Pastikan kamu sudah mengaktifkan apache di komputer, jika menggunakan XAMPP maka cukup aktifkan tombol Apache pada XAMPP Control Panel-nya, ini sama seperti kita mengakses file PHP seperti yang sudah kita pelajari di tutorial PHP sebelumnya.

Ketika mengunjungi localhost/projectcirio akan menampilkan halaman selamat datang / welcome page CI seperti pada gambar (lihat gambar) yang menandakan bahwa framework CI berhasil terpasang di komputer.

Selesai, sekarang framework CodeIgniter berhasil terpasang dengan baik. Untuk tutorial lainnya tentang CodeIgniter akan saya buatkan di postingan-postingan berbeda, postingan ini hanya menjelaskan terntang cara memasangnya saja.

Masih bingung ? Lihat: Video tutorial cara install CodeIgniter.

Selamat mencoba !

Kunjungi kategori CodeIgniter untuk mempelajari lebih lanjut mengenai CI.

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...