Pengertian DNS

DNS merupakan singkatan dari Domain Name Server, ada juga yang mengartikan Domain Name Service / system. Tujuan utama dari DNS ini adalah menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.

Tahukah Anda? Nama domain adalah IP namun nama domain berupa huruf sedangkan IP berupa angka. Kenapa begitu? Karena biar nama domain lebih mudah di ingat, males banget kalo mau buka facebook harus tulis IP nya bukan nama domainnya ­čśÇ

Tapi pada dasarnya sistem komputer berdasarkan angka, maka IP berbentuk angka. Karena IP lebih dulu ada dibanding nama domain. Jadi, setiap nama domain pasti bisa diterjemahkan menjadi IP (angka) yang ada dibalik namanya tersebut. Tergantung kalian nanti mau ingat nama domain atau IPnya. karena keduanya sama aja.

DNS akan terus dan terus mencari tahu nama asli (IP) dari nama domain tersebut sampai ketemu IP aslinya (Real), karena memang itu tugasnya DNS. Ketika IP sudah diketahui, DNS akan lebih mudah mengidentifikasi perangkat komputer (yang terhubung ke internet). Selain itu, DNS akan lebih mudah mendapatkan informasi dari internet dan menerjemahkan informasi tersebut untuk keperluan antara komputer dan internet. DNS juga pasti melakukan restart demi mengamankan masing2 informasi baik informasi komputer ataupun informasi internet. Tahu Telkom Speedy ? Nah, biasanya Telkom Speedy melakukan restart DNS pada modem yang Anda gunakan selama 8jam sekali (kalo nggak salah).

Kutipan dari Bill Gates ” IP diciptakan agar mempemudah para penggunanya untuk mendapatkan dan memahami informasi”.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
trackback
Cara Migrasi Shared Hosting ke VPS Tanpa Downtime (cPanel)

[…] ke VPS dapat diakses, pastikan VPS kamu sudah diatur dengan benar. Mulailah dari basic setup VPS, DNS, nameserver, dll. Setelah VPS dapat diakses dan dipastikan berjalan dengan baik, situs siap untuk […]

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi