Pengertian HIV dan AIDS, Ini Adalah Virus yang Berbeda. Ketahui Apa Perbedaannya, Gejala, dan Cara Mencegahnya !

Apa itu HIV ? HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang merupakan sebuah virus yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang dengan menyerang sel CD4 atau sel darah putih yang merupakan salah satu hal penting dari sistem kekebalan tubuh seseorang. Semakin banyak sel darah putih yang dihancurkan oleh virus tersebut, semakin rentan terkena penyakit.

Banyak orang juga beranggapan bawha HIV dan AIDS itu serupa / sama. Tidak semua HIV berujung pada AIDS, lalu apa perbedaannya antara HIV dan AIDS ?

Apa Itu HIV ?

HIV itu diketahui lebih awal dan dapat diobati sejak dini, jika HIV dibiarkan saja tanpa penanganan yang tepat maka akan berujung parah yang disebut dengan AIDS.

Apa Itu AIDS ?

AIDS merupakan kependekan dari Aquired Immune Deficiency Syndrome dimana AIDS ini membuat virus HIV menjadi semakin kebal sehingga sistem tubuh tidak dapat melawan infeksi dari HIV tersebut.

Sampai saat ini belum ada obat yang pasti untuk menyembuhkan HIV dan AIDS, tetapi sudah ditemukan obat untuk memperlambat penyebaran virus HIV dan meningkatkan harapan hidup penderita.

Penyebab HIV dan AIDS

Penyebaran HIV terjadi saat darah / sperma / cairan vagina pengidap HIV masuk kedalam tubuh orang lain. Ada beberapa hal yang dapat terjadi masuknya cairan tubuh seseorang masuk ke tubuh orang lain, diantaranya:

  • Berhubungan seks dengan penderita HIV dapat menularkan HIV melalui vagina atau dubur (anal)
  • Pemakaian jarum suntik bersama dengan penderita HIV juga dapat menularkan HIV karena darah yang menempel pada jarum suntik dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit seperti saat melakukan tato atau narkoba suntik
  • Transfusi darah pun dapat menularkan HIV bila seseorang menerima darah dari penderita HIV

HIV tidak menular lewat kulit atau berpelukan, kecuali penderita HIV menderita luka terbuka dan menularkan lewat darah yang menempel. HIV juga tidak menular lewat cairan ludah, kecuali penderita memiliki luka di dalam mulut seperti sariawan atau gusi berdarah. Ibu hamil penderita HIV juga dapat menularkan penyakit HIV nya kepada si janin atau melalui ASI saat menyusui.

Gejala Penyakit HIV dan AIDS

Gejala HIV dan AIDS biasanya terlampau cukup lama untuk menunjukkan gejala awal penyakitnya, butuh 2 sampai 15 tahun untuk mendiagnosis penyakit HIV atau AIDS ini. Bahkan seseorang yang mengidap HIV tidak merasakan gejala apapun. Gejala HIV dan AIDS dibagi menjadi 3 fase, yaitu:

  • Fase Pertama – Infeksi HIV akut

Gejala awalnya hampir mirip dengan penyakit flu biasa seperti sakit kepala, sariawan, cepat lelah, radang tenggorokan, kurang nafsu makan, nyeri otot, dan bengkak kelenjar getah bening. Tetapi hal ini tidak selalu merupakan gejala penyakit HIV.

  • Fase Kedua – Fase Laten HIV

Di fase ini penderita tidak merasakan gejala apa-apa tetapi sel darah putih sedang dikuras habis oleh virus HIV yang membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi rusak dan tidak akan mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit HIV.

  • Fase Ketiga – AIDS

AIDS merupakan tahap terakhir dari HIV, di fase ini tubuh tidak lagi bisa melawan virus karena jumlah sel darah putih yang jauh di bawah normal. Tanda-tanda di fase ini adalah penurunan berat badan secara drastis, timbulnya jamur di mulut, pneumonia, demam, diare, meningitis, toksoplasmosis, dan TB.

Bukan rahasia umum lagi, sampai saat ini belum ada obat yang mampu 100% mengobati penyakit HIV dan AIDS. Tetapi sudah tersedia obat yang dapat menghambat / memperlambat penyebaran virus HIV dan menambah angka harapan hidup seseorang yaitu obat Antiretroviral (ARV), ARV ini harus dikonsumsi secara terus menerus oleh penderita.

Gaya hidup sehat, mengenali bahaya HIV dan AIDS merupakan kunci pencegahan penyakit HIV, dan menghindari perilaku berisiko seperti seks bebas, tato dan narkoba suntik. Menurut WHO (World Health Organization) pada tahun 2014, HIV menyerang 37 juta penduduk di dunia dengan 1,2 juta meninggal akibat AIDS. Hanya 50% dari penderita HIV yang menyadari bahwa mereka mengidap HIV / AIDS.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi