Pengertian & Komponen Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah sistem yang terdiri orang2 dan komputer yang memproses atau menafsirkan informasi. Sistem informasi ini menyangkut hardware, software, insfrastruktur dan orang2 kemudian digabungkan untuk merencanakan, mengendalikan, mengkoordinir dan cara pengambilan keputusan untuk suatu kegiatan.

Adapun pengertian lain menurut John F. Nash yaitu : Kombinasi dari manusia, teknologi atau fasilitas media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi, membantu manajemen pemakai intern / ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

Pengertian lain menurut Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari prosedur2 yang di organisasikan, bilamana di eksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendaliannya.

Dan didalam Sistem Informasi juga ada beberapa komponen, diantara lain :

  1. Komponen Input
    Merupakan data yang masuk / dimasukkan kedalam sistem informasi
  2. Komponen Output
    Adalah informasi atau dokumentasi (data) yang dikeluarkan dan dapat beguna untuk semua manajemen
  3. Komponen Basis Data
    Merupakan kumpulan data yang saling berhubungan dan tersimpan didalam komputer menggunakan software database
  4. Komponen Model
    Adalah kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang akan memproses data yang ada atau yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan output yang diinginkan
  5. Komponen Teknologi
    Yaitu alat dalam sistem informasi yang digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirim output juga dapat memantau pengendalian sistem.
  6. Komponen Kontrol
    Merupakan pengendalian yang dirancang untuk menanggulangi gangguan terhadap sistem informasi.
Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAH Lihat Privasi