Pengertian Makro Linguistik & Mikro Lingustik

0

Linguistik adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk bahasa atau ilmu tentang bahasa, Linguistik secara umum terbagi atas dua bagian yaitu Linguistik Mikro dan Linguistik Makro. Linguistik Mikro adalah cabang ilmu linguistik yang konsen kajiannya pada konten sistem internal bahasa, sedangkan Linguistic Makro mengkaji hubungan bahasa dalam tataran dunia luar, baik hubungan dengan alam, sosial, atau suatu disiplin ilmu pengetahuan.

Kajian Linguistik Makro

  1. Sosiolinguistik adalah kajian interdisipliner yang mempelajari pengauh budaya terhadap cara suatu bahasa diginakan. Subjeknya adalah masyarakat. Pelaku bahasa adalah sebagai alat komunikasi dan interaksi. Menurut abdul chaer, adalah subdisiplin linguistik yang mempelajari bahasa dalam hubungan pemakainnya dalam masyarakat.
  2. Antropolinguistik adalah ilmu yang mempelajari manusia dan kebudayan di pihak lain kebudayaan yang menciptakan manusia sesuai dengan lingkungannya.
  3. Filologi adalah ilmu yang mempelajari bahasa dalam sumber-sumber sejarah yang di tulis merupakan kombinasi dari kritik sastra , sejarah dan linguistik.
  4. Etnolinguistik adalah ilmu yang mempelajari bahasa bukan hanya dari struktur semata, tapi lebih pada fungsi dan pemakaiannya dalam konteks situasi sosial budaya.
  5. Psikolinguistik adalah penggabungan antara dua kata linguistik dan psikologi, mempelajari faktor-faktor psikologis dan neurobiologus yang memungkinkan manusia mendapatkan , menggunakan, dan memahami bahasa.
  6. Neurolinguistik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara otak manusia dan bahasa.
  7. Filsafat Bahasa adalah ilmu gabungan antara linguistik dan fisafat bahasa. Filsafat bahasa ialah teori tentang bahasa yang berhasil dikemukan oleh para filsuf. Letak perbedaan antara filsfat bahasa dan linguistik adalah linguistik bertujuan mendapatkan kejelasan tentang bahasa dan hakikat bahasa , sedangkan filsafat bahasa mencai hakikat ilmu pengetahuan. Filsuf mempelajari bahasa sedangkan sarjana linguistik mencari tujuan akhir.

ads by posciety

Kajian Lingustik Mikro

  1. Fonologi yaitu ilmu tentang perbendaharaan bunyi-bunyi (fonem) bahasa dan didistribusikan secara harfiah terdiri dari 2 bagian yaitu:
    • Fonetik, mempelajari bagaimana bunyi-bunyi fonem bahasa diealisasikan. Fonetik juga mempelajari cara kerja organ tubuh manusia teutama yang berhubungan dengan penggunaan bahasa.
    • Fonemik, bagian fonologi yang mempelajaribunyi ujaran menurut fungsinya sebagai pembeda arti.

Ada 3 unsur penting ketika organ ucap manusia memproduksi, diantaranya:

  • Udara, alat penghantar bunyi
  • Atikulator, bagian alat ucap yang bergerak
  • Titik artikulasi, alat ucap yang menjadi titik sentuh artikulator

Ada beberapa istilah lain dalam fonologi yang harus kamu ketahui:

  • Fona: Bunyi ujaran yang bersifat netral
  • Fonem: Satuan bunyi ujaran terkecil
  • Vokal: Fonem yang dihasilkan dengan menggeakan udara keluar tanpa rintangan
  • Konsonan: Fonem yang dihasilkan dengan menggerakan udara keluar dengan rintangan
  1. Mofologi, merupakan cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal. Mofologi mempelejari seluk beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata. Morfem adalah suatu bentuk bahasa yang tidak mengandung bagian yang mirip dengan bentuk lain.
  2. Semantik berasal dari bahasa yunani, semantikos, memberikan tanda, dari kata sema adalah cabang linguistik yang empelajari arti makna yang terkandung pada suatu bahasa , kode, atau jenis representasi.
  3. Sintaksis  adalah tata bahasa yang membahas antara kata dalam tuturan. Unsur bahasa yang termasuk dengan sintaksis ; Frase; satuan gramatikal yang berupa gabungan kata yang bersifat nonprediktif. Klausa; satuan sintaksis berupa runtuhan kata-kata berkontruktif prediktif.
  4. Leksikologi berasal dari bahasa yunani lexico, adalah cabang ilmu yang mempelajari kata, sifat dan makna , unsur, hubungan antara kata, kelompok kata dan keseluruhan kata.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya