What is Parallax Effect ?

Parallax sudah tidak asing lagi karena sudah sejak lama scroll parallax pernah menjadi fenomenal dan bisa dikatakan mampu mengguncangkan dunia web desain, sampai saat ini efek parallax masih terus tumbuh. Para pengembang dan desainer website terus mendekorasi karya website nya untuk membuat pengalaman pengguna yang tidak terlupakan dan salah satunya yaitu dengan cara menerapkan efek parallax pada website nya ketika di scroll oleh pengunjung.

Parallax sudah berhasil sebagai akar baru meningkatkan pengalaman pengguna dan kehadirannya mampu membuat website lebih menarik dari sebelumnya dalam fungsionalitas dan visual.

Parallax berawal dari efek scroll visual video game 2D yang digunakan sebagai ilusi agar seolah-olah gambar berjalan / bergerak cepat. Hal ini umumnya akan membuat latar belakang berjalan lambat tapi layer bagian depan melangkah lebih lebar alias lebih cepat setiap langkahnya, ini yang dilakukan pada video game zaman dulu. Nah begitu juga pada parallax di situs web, mampu membuat kecepatan scroll latar belakang melambat dan bagian depan terlihat menjadi lebih cepat. Dengan kecepatan yang berbeda antara 2 layer atau lebih yang saling tumpang tindih ini menjadikan website lebih menarik dan memiliki nilai lebih secara visual.

Dasarnya, efek parallax dapat memberikan nilai lebih pada situs web seperti:

  1. Pengunjung melihat dan memahami lebih dalam maksud dari konten secara visual pada halaman yang tersedia parallax.
  2. Memancing rasa penasaran / rasa ingin tahu.
  3. Memungkinkan halaman di kuras sampai akhir oleh pengunjung karena ingin menyelesaikan apa yang ditampilkan oleh parallax.
  4. Dapat memandu pengunjung situs lebih baik dari hanya sekedar teks.
  5. Meningkatkan kredibilitas website dengan tampilan yang lebih interaktif dan inovatif.
  6. Pengujung merasa terpanggil untuk mengklik tombol jika tersedia.
  7. Dan hal lainnya yang serupa.

Namun, tidak dipungkiri setiap efek pasti mengandung efek lain misalnya kekurangan jika menggunakan efek parallax pada situs web.

Bisa merugikan SEO, kenapa begitu ? Sebagian besar dari masalah SEO ini berasal dari fakta yang saya alami karena sebelumnya pernah bahkan sering menggunakan efek parallax. Halaman parallax merugikan dalam hal SEO karena halaman ini memiliki panjang yang lebih dari biasanya yang tidak dapat terdeteksi mesin pencari.

Dalam segi muatan, efek parallax dapat membebani situs web karena animasi dan transisi nya yang berat maka semakin lama proses loading.

Dan saya rangkumkan hal-hal lain yang dikatakan merugikan situs web ketika menggunakan efek parallax:

  1. Infromasi media yang digunakan membuat muatan browser menjadi berat dan memperlambat kecepatan muatan. Hal ini dapat membuat pengunjung frustasi jika memiliki koneksi internet lemah dan tentu akan meninggalkan situs web sebelum memapu melihat efek parallax yang susah payah dibangun.
  2. SEO mengizinkan 1 set informasi meta, satu h1 yang efektif dan 1 URL. Ini bertolak belakang dengan apa yang diberikan oleh efek parallax dan tentu hal ini akan memukul SEO situs web.
  3. Kebanyakan parallax tidak menghubungkan ke halaman internal lainnya.

Tapi selain kelebihan dan kekurangan efek parallax, saya akan bagikan juga beberapa tips tentang menggunakan efek parallax pada situs web dan tips ini mungkin bisa dijadikan acuan bagaimana kalian membangun efek parallax.

  • Gunakan parallax ini untuk menceritakan kisah yang menarik dan mudah dipahami secara visual.
  • Kedalaman layer harus membuat pengunjung menarik dan menjadikan parallax ini menyenangkan.
  • Jangan berlebihan yang membuat situs web menjadi rumit diakses / digunakan.
  • Setiap efek yang diberikan tentu harus cocok dengan segala browser yang ada, karena kita gak pernah tahu pengunjung akan berkunjung menggunakan browser mana dan mungkin masih ada yang menggunakan browser versi lama. Hal ini sangat merugikan jika sudah susah payah membangun efek parallax tapi ternyata tidak cocok dengan beberapa browser.

Mungkin hanya itu aja tips nya yang pernah saya pelajari ketika saya sering menggunakan efek parallax pada beberapa situs web saya bangun. Dan penjelasan diatas sengaja syaa gabungkan antara penjelasan parallax, kelebihan parallax, kekurangan sampai tips dari yang saya ketahui supaya bisa dijadikan ulasan oleh para pembaca sebelum menggunakan efek parallax.

Semoga bermanfaat, have a nice day…

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi