Apa Itu Penyakit GERD ? Gejala, Diagnosa, dan Cara Mencegahnya

img: ENT Institute

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah penyakit kronik yang menyerang sistem pencernaan. GERD terjadi ketika asam lambung atau isi lambung naik kembali ke Esofagus (Refluks), akibatnya akan menimbulkan iritasi dan menimbulkan rasa panas seperti terbakar pada dada bahkan panas ini kadang terasa hingga ke tenggorokan.

Penyakit GERD ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari termasuk pada saat tidur, bila penyakit ini tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan efek komplikasi yang membuatnya kondisi sebelumnya semakin parah seperti peradangan pada Esofagus (Esofagitis), pendarahan pada sistem pencernaan dan penyempitan Esofagus atau Barrett’s Esophagus.

Penyakit GERD memang Awalnya tidak berbahaya, tetapi gejalanya yang membuat dada seperti terbakar membuat seseorang menjadi panik, cemas, takut mati dan mengganggu kualitas hidup seseorang. Komplikasi penyakit yang disebabkan oleh penyakit GERD ini bisa menimbulkan beberapa penyakit serius seperti Pembengkakan Pita Suara, Radang Kerongkongan, Batuk Asma, Erosi Gigi, sampai Kanker Kerongkongan dalam bahasa lainnya adalah Adenokarsinoma.

Penyebab GERD

Melemahnya otot Sphincter (otot melingkar yang dapat membuka tutup diperbatasan Esofagus dan Lambung) adalah penyebab utama terjadinya GERD. GERD disebabkan oleh kebiasaan buruk seseorang dalam makanan maupun kesehatan sehari-harinya. Kebiasaan mengkonsumsi kopi, coklat, alkohol, keju, daging, garam berlebih, junkfood, dan makanan yang digoreng dapat memicu timbulnya penyakit ini. Kebiasaan merokok dan makan sebelum tidur juga bisa saja meningkatkan resiko terkena GERD.

Mendiagnosis GERD

Biasanya dokter mengumpulkan beberapa informasi dari seseorang yang merasakan gejala GERD, dokter melakukan pemeriksaan radiologi untuk melihat keadaan selaput lendir Esofagus dan lambung. Pada kasus yang sangat besar biasanya dokter melakukan Endoscopi (memasukan kamera ke kerongkongan hingga lambung) untuk melihat dengan jelas apakah adanya luka di dalam Esofagus atau lambung Anda.

Gejala GERD

Gejala GERD biasanya hampir sama dengan penyakit Maag, naiknya asam lambung sampai kerongkongan. Tapi beberapa gejala GERD yang harus diwaspadai diantaranya:

  • Rasa panas seperti terbakar pada perut, dada, sampai ke kerongkongan dalam waktu yang lama. Ditambah dengan rasa pahit dan asam pada mulut
  • Nyeri dada dan perut
  • Sulit menelan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri tenggorokan dan batuk kering

Pencegahan dan Pengobatan GERD

Mencegah GERD kunci utamanya adalah pola hidup sehat.

  • Jaga berat badan, karena Obsesitas merupakan faktor utama terkena GERD
  • Jauhi makanan yang menimbulkan asam lambung seperti makanan pedas, makanan berlemak, makanan dengan garam berlebih, makanan asam, coklat, kopi, dan minuman bersoda
  • Jangan langsung tidur setelah makan !
  • Berentilah merokok

Untuk pengobatan lebih lanjut segera konsultasikan kepada dokter jiga gejala GERD tidak kunjung sembuh.

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi