What Is Permalink ?

Para pecinta website / blog pasti paham dan sering lihat kata Permalink. Apa itu Permalink ? Yaitu merupakan hyperlink statis permanen entri pada sebuah website / blog. Ketika kalian mengunjungi / membuat sebuah web pasti memiliki URL dan setelah nama domain itulah permalink, dapat digunakan untuk apapun (semua isi / entri) pada situs web.

Secara default, permalink akan generate / membuat berdasarkan judul dari entri yang dibuat. Misalnya kalian membuat sebuah halaman pada sebuah website dan diberi nama / judul pada halaman tersebut “Syarat & Ketentuan” pada situs web www.riobermano.com maka permalink nya akan menjadi www.riobermano.com/syarat-ketentuan dan ini juga disebut URL yang tampil pada kolom URL / Link sebuah browser.

Tidak hanya pada sebuah halaman saja, permalink ini akan otomatis generate pada pos / file / lainnya yang berada di domain tersebut.

Jika kalian perhatikan pada contoh diatas saya buat halaman dengan nama Syarat & Ketentuan tapi pada permalink nya tidak memiliki icon / simbol & (dan). Karena permalink ini tidak dapat generate / memasukkan symbol didalamnya. Garis miring (/) tidak termasuk dalam permalink karena itu merupakan folder atau pemisah suatu file.

Apakah permalink ini bisa disunting ?

Ya, pada beberapa platform ada fitur untuk merubah permalink. Soal cara merubahnya itu tergantung pada masing-masing platform yang digunakan misalnya WordPress, Joomla, Blogspot, bahkan website buatan sendiri. Ketika menggunakan CMS platform akan ada fitur mudah untuk merubah permalink nya tapi ketika kalian membuat website (file) sendiri maka kalian perlu merubah nama dari file tersebut dengan struktur permalink seperti diatas.

Katanya Permanen Tapi Ko Bisa Disunting ?

Memang, tapi permanen disini adalah ketika seseorang mengunjungi entri dari situs kalian maka akan menampilkan permalink / URL yang sudah kalian tentukan. Mereka tidak dapat menampilkan entri tersebut pada permalink / URL selain itu. Itulah ada yang namanya File Not Found 404 / File Tidak Ditemukan, bisa jadi file tidak ditemukan karena permalink yang salah baik itu disebabkan salah dari penulisan URL atau memang file pada permalink tersebut sudah dihapus / diganti permalink nya oleh pemilik entri situs tersebut.

Kerugiannya ketika kalian mengubah permalink akan membuat pengunjung kebingungan karena misalnya kemarin mereka mengunjungi permalink ini menampilkan sebuah konten / halaman tapi keesokan harinya sudah tidak ada dan menampikan halaman 404. Dan tentu ranking situs kalian akan hilang untuk permalink tersbeut.

Semoga bermanfaat, have a nice day…

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi