Pengertian Prosesor, Core Dan Cara Kerjanya

Sering kita dengar kata “Prosesor” atau bahkan kita sering menggunakannya tapi tidak begitu paham apa arti Prosesor sesungguhnya dan bagaimana cara kerjanya. Disini akan dijelaskan beberapa hal yang saya ketahui dari pengalaman saya dan dari pelajaran yang didapatkan di tempat belajar juga dari beberapa sumber terpercaya. Yuk mari kita simak, semoga menjadi manfaat.

Setiap komputer pasti memiliki Prosesor, baik komputer jelek, bagus, mewah, bahkan komputer yang sudah tidak bisa digunakanpun dulunya menggunakan Prosesor. Prosesor yang menurut bahasa artinya adalah pemroses, merupakan bagian penting pada komputer tapi bukan satu-satunya bagian yang penting karena semua bagian pada komputer adalah penting. Pasti sering mengatakan CPU kan ? apa itu CPU ? CPU ternyata maksudnya adalah Prosesor, CPU singkatan dari Central Processing Unit. Arti menurut bahasa Indonesia yaitu Unit Pemrosesan Utama, apa unit utama yang digunakan sebagai pemroses komputer ? Ya, Prosesor. Maka CPU atau Prosesor itu sama saja.

Kenapa disebut Prosesor?

Dari arti bahasanya sudah bisa ditebak. Tugasnya memroses, lalu apa yang diproses ? Yaitu segala kegiatan yang terjadi di dalam komputer beserta komponenkomponen komputer akan di proses melalui Prosesor.

Kenapa Prosesor Disebut Unit Pemroses Utama?

Karena berbeda tugas, setiap komponen memang ikut memroses kegiatan yang terjadi didalam komputer tapi mereka memerlukan perintah dari Prosesor apa yang harus diproses. Komponen komputer selain Prosesor tidak dapat memahami apa yang diperintahkan oleh pengguna komputer, tapi Prosesor dapat memahami apa yang diperintahkan oleh pengguna komputer. Memang Prosesor dibuat seperti itu dan yang lain tidak. Setiap grup, tentu harus ada yang memberi dan menerima perintah, bukan begitu ? Nah Prosesor inilah yang memberi perintah yang diterima dari pengguna komputer kepada komponen yang akan diproses. Barulah komponen bisa mengerti setelah diperintahkan Prosesor dan segera menjalankan tugasnya, Prosesor dapat memahami perintah yang diberikan dari pengguna komputer melalui mouse pointer, keyboard, atau cara lain dari aplikasi / perangkat lunak yang digunakan.
Jika Prosesor adalah pusat utama untuk memerintahkan perintah kepada komponen lain, maka harus ada pekerja dong untuk mengirim perintah kepada setiap komponen ? Yap betul sekali. Tapi mana pekerja didalam Prosesor ? Siapa ?
Yaitu Core, pasti sering dengar kan ? Core atau yang biasa disebut inti, tapi sebagian orangpun masih ada yang bilang sebagai otak. Saya lebih setuju dengan inti saja, kalo otak terlalu seperti manusia kedengerannya 😀 Nah inti inilah yang bekerja memproses suatu kegiatan yang terjadi pada komputer. Atau inti inilah yang memberikan perintah kepada komponen lain untuk melaksanakan tugas-tugasnya.

Apa itu Core ?

Core / inti / pekerja ini adalah unit yang membaca / menerima instruksi untuk melakukan tindakan tertentu yang diberikan. Mereka lari secepat kilat kepada komponen yang akan diberi perintah, bahkan mereka mengirim ke berbagai komponen dengan sangat cepat. Sehingga komputer kalian bisa berjalan lancar. Setiap hal yang kalian lakukan bahkan dengan hanya menggerakan mouse pointer, itu memerlukan Prosesor. Harus di proses terlebih dahulu oleh Prosesor baru diperintahkan kepada komponen yang bersangkutan. Banyak juga beberapa orang mengatakan bahwa hal seperti : memainkan game adalah tugasnyanya VGA, apa lagi VGA sekarang yang memiliki GPU maka tidak memerlukan Prosesor saat bermain game. Saya rasa tidak begitu, karena pada dasarnya setiap yang dilakukan memerlukan Prosesor. Saya yakin pada batas tertentu VGA tentu memerlukan Prosesor juga.

Saya sering mendengar Dual Core, Quad Core, dsb. Apa itu ?

Seperti yang saya jelaskan diatas, Core adalah inti atau pekerja pada suatu Prosesor. Kalo kalian menggunakan Prosesor yang memiliki Dual Core didalamnya, itu artinya inti atau pekerja pada Prosesor ada 2. Quad Core artinya memiliki 4 pekerja, Hexa Core memiliki 6 core / inti / pekerja, Octa Core berarti memiliki 8 dan Deca Core memiliki 10 Core / inti / pekerja. Tapi pada saat ini, setiap Prosesor paling sedikitnya memiliki dual core atau paling banyak di produksi adalah dual core. Selain harga terjangkau, dirasa cukup untuk komputer pribadi, kantor atau rumahan dari berbagai kalangan. Perbedaan signifikan yaitu terdapat pada proses waktu. Semakin banyak Core yang ada, maka semakin cepat juga pekerjaan yang dilakukan atau proses yang dilakukan. Logikanya, banyak pekerja maka akan cepat selesai. Bukan begitu ?
Sepertinya cukup sekian penjelasan tentang Prosesor, Core dan sedikit cara kerjanya. Semoga bisa saya perbarui menjadi lebih baik dan membuat artikel lainnya yang lebih bermanfaat.
Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...