Apa Itu SMTP ? Pengertian Dasar SMTP

SMTP merupakan singkatan / kependekkan dari Simple Mail Transfer Protocol, dari namanya aja udah ketebak kan. Ya, yaitu sebuah Protokol IP atau TCP yang digunakan dalam pengiriman dan penerimaan email. Sejak kemampuannya dalam penerimaan email dibatasi, jadi lebih sering menggunakan tambahan protokol lain yaitu POP3 atau IMAP.

POP3 dan IMAP ini dapat menyimpan pesan masuk didalam server bahkan dapat diunduh secara berkala jika diperlukan, kedua protokol ini biasanya (kebanyakan) hanya digunakan dalam menerima email saja.

Biasanya pengguna yang memiliki hosting dan tidak memiliki kemampuan dalam pengiriman atau bahkan penerimaan email secara langsung akan memerlukan SMTP sebagai jalan pintasnya agar email tetap dapat dikirim dan diterima. Contoh kasus yang sederhana adalah pengguna WordPress, pasti banyak yang menggunakan SMTP sebagai jalur pengiriman dan penerimaan email dari server yang digunakannya.

Atau banyak juga yang menggunakan SMTP ini sebagai jalan termudah dalam mengakses email servernya seperti Outlook yang menggunakan protokol POP3 / IMAP untuk menerima email masuk dari server yang dikaitkan, bahkan melakukan pengiriman juga bisa lewat Outlook. Atau banyak juga yang menggunakan jalur SMTP ini untuk menerima email ke layanan email lain seperti GMail, dengan begitu pengguna dapat mengakses email servernya lewat akun GMail dengan mudah tanpa khawatir SPAM lagi.

Kamu pengguna WordPress ? Klik disini untuk melihat daftar plugin SMTP gratis dan terbaik yang dapat membantu situs WordPress kamu dalam kemampuan pengiriman dan penerimaan email melalui protokol SMTP.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi