Pengertian SQL & NoSQL Database

1

Bicara tentang database, sebaiknya baca Pengertian Dasar Database terlebih dahulu.

SQL Database

SQL (Structure Query Language) Database merupakan database relasional atau database yang terstruktur. Jadi, SQL database ini merupakan penyimpanan data yang menggunakan relation (hubungan) dan biasa disebut sebagai tabel. Artinya Sql database ini dapat menemukan data yang di carinya menggunakan karakteristik umum yang terdapat pada penyimpanannya dan hasil pencariannya disebut dengan skema (schema).

Seperti yang saya sebutkan diatas, sql database merupakan penyimpanan data / database yang relasional maka artinya database ini akan menggunakan tabel (kolom dan baris) pada penyimpanannya. Sql database ini merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengelola data dalam database relasional.

Contoh yang sering sekali digunakan adalah sql database yang terdapat pada perangkat komputer, setiap kegiatan pengambilan atau penyimpanan datanya menggunakan relation (hubungan) agar dapat diakses dengan mudah oleh para penggunanya.

NoSQL Database

Berbeda dengan SQL Database, dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa nosql database adalah kebalikan dari sql database. Tidak relational / tanpa relation. Database nosql atau yang biasa disebut NoSQL database / cloud database merupakan penyimpanan data / database yang tidak terstruktur.

Nosql database tidak seperti sql database yang menggunakan tabel dalam penyusunan datanya, nosql database menggabungkan semua database tidak membedakan jenis2nya dan tanpa karakteristik umum. Tapi nosql database ini memiliki kecepatan yang super cepat dibanding dengan sql database, pencariannya lebih terfokus. Nosql sebetulnya tidak 100% menyimpan data dengan cara tidak terstruktur, terkadang ada miripnya dengan sql database dengan sedikit susunan pada saat2 tertentu.

Bedanya nosql database ini menyusun bagian didalam bagian lainnya (subset). Jadi setiap bagian akan memiliki beberapa bagian lagi didalamnya. Nosql ini cocok dan biasa digunakan untuk penyimpanan aplikasi atau data yang sangat besar. Karena dengan menggunakan nosql data dapat diakses dengan sangat fleksibel dan sangat sedikit kemungkinan error ketika mengakses banyak data dengan format yang berbeda-beda.

Artikel Lainnya
1 Komentar
  1. Komeng berkomentar

    Klo pakeknya gmn y ?

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya