Real Time Google Analytics

Melihat Laporan Waktu Nyata Saat Ini

Setelah berhasil menerapkan kode pelacakan / tracking ID Google Analytics di situs web / aplikasi, tentu sekarang kamu sudah bisa melihat dan menganalisa data pengunjung situs web / aplikasi tersebut. Semua dapat ditemukan pada dasbor GA akun bersangkutan termasuk melihat traffic pengunjung yang sedang aktif saat ini. Kali ini saya akan memberitahukan bagaimana cara melihat pengunjung yang sedang aktif di situs web / aplikasi bersangkutan melalui fitur waktu nyata (real time) Google Analtyics, fitur ini memberikan kita pengalaman yang cukup dalam sampai mengetahui hampir segala hal yang dimiliki oleh pengunjung.

Real Time Google Analytics

Untuk melihat pengunjung yang sedang aktif mengunjungi website / aplikasi saat ini silahkan masuk ke dasbor Google Analytics terlebih dahulu seperti biasa, jika kamu berada di halaman utama admin silahkan klik Beranda untuk masuk ke halaman utama analytic.

gambar 1 pengunjung aktif web blog real time google analytics - rio bermano

Gambar diatas adalah halaman beranda analytics saat ini (mungkin pada versi kedepannya akan sedikit berbeda), ini hanya tinjauan saa. Untuk melihat lebih dalam tentang pengunjung yang saat ini sedang mengunjungi website / aplikasi kamu silahkan klik Real Time > Ringkasan / Laporan Real Time .

Pada halaman Real Time, kamu dapat melihat siapa yang sedang mengunjungi website / aplikasi (bukan nama pengunjugnya, melainkan beberapa datanya). Sumber traffic, jenis perangkat, browser yang digunakan, kota asal, dan banyak lagi data yang dapat kamu temukan di halaman ini.

gambar 2 pengunjung aktif web blog real time google analytics - rio bermano

Gambar diatas menunjukkan bahwa saat itu ada 35 pengunjung sedang aktif di situs web dengan jenis perangkat seluler yang lebih banyak ketimbang desktop, dibagian bawahnya ada URL mana saja dari website kamu yang sedang dikunjungi oleh pengunjung.

Jika scroll kebawah sedikit, akan tampak peta yang menampilkan data dari kota mana / negara mana pengunjung berasal beserta jumlah pengunjungnya. Untuk melihat lebih rinci dari masing-masing data silahkan klik data yang ingin dilihat rinciannya, misalnya jika ingin melihat rincian pengunjung yang berasal dari kota A maka klik kota A secara otomatis akan menampilkan data lebih rinci mengenai pengunjung dari kota A tersebut.

Dibagian bawah sebelah kiri kamu akan menemukan kata kunci, itu merupakan kata kunci yang digunakan oleh pengunjung untuk sampai ke postingan dari website / aplikasi kamu. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui lebih dalam mengenai konten mana yang laris terindex mesin pencari.

Bilah sisi kiri juga terdapat submenu dari Real Time, merupakan tools lainnya untuk melihat pengunjung aktif saat ini. Klik pada submenu yang ingin dilihat rinciannya sepert Sumber Traffic (dari mana pengunjung bisa tiba di konten website / aplikasi kamu), Konten (konten mana saja yang sedang dikunjungi oleh pengunjung saat ini), dan banyak lagi submenu lainnya yang dapat kamu manfaatkan untuk mengetahui lebih lanjut tentang effort situs web / aplikasi bersangkutan.

Itu saja yang dapat saya bagikan, selebihnya silahkan export sendiri karena masing-masing user memiliki kebutuhan yang berbeda. Intinya, Real Time Google Anayltics ini membantu pemilik web / aplikasi untuk mengetahui lebih dalam kinerja web / aplikasinya dan mengumpulkan data untuk dijadikan bahan imporvisasi kedepannya.

Punya aplikasi Google Analytics di smartphone kamu ? Bagus, hal ini juga dapat dilakukan melalui smartphone. Kamu akan lebih mudah melihat pengunjung aktif hanya melalui smartphone !

Kumpulkanlah semua data, manfaatkan untuk improve situs web / aplikasi kamu di masa mendatang. Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...