Penjelasan Lengkap Mengenai Sistem Peredaran Darah Ikan yang Perlu Kamu Ketahui

Apakah Sama dengan Manusia ?

Peredaran darah atau sistem kardiovaskular merupakan suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel, sistem ini juga membantu stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis).

Pada artikel ini akan dibahas tentang peredaran darah ikan, menurut Anda sama atau tidak peredaran darah ikan dengan peredaran darah manusia ?

Ikan termasuk kedalam golongan hewan vertebrata yang mempunyai siklus peredaran darah yang mirip dengan sistem peredaran darah katak, bahkan mekanisme peredaran darah pada manusia. Darah yang ada pada tubuh ikan mempunyai fungsi yang sama dengan fungsi darah yang ada pada manusia, yaitu berfungsi sebagai pengangkut makanan ke seluruh tubuh dan membuang sisa-sisa metabolisme pada tubuh.

Peredaran darah pada ikan, jantung terletak dibawah faring dalam rongga pericardium yaitu bagian dari rongga tubuh yang terletak dianterior (muka), terdiri dari atrium, ventrikel, sinus venosus, arteri, vena, dan kapiler insang.

Sedangkan peredaran darah pada manusia meliputi vena, atrium kanan, atrium kiri, katup biskupidalis, ventrikel kanan, atrium kiri, katup trikuspidalis, dan ventrikel kiri.

Sistem Peredaran Darah Ikan

  1. Jantung, terdiri dari :
  • Atrium : darah yang ada di dalam atrium akan melalui antrioventikular (katup yang dapat mencegah aliran darah kembali ke atrium) kemudian masuk ke ventrikel.
  • Ventrikel : menerima darah yang disalurkan atrium, lalu dipompa menggunakan aorta ventral ke insang kemudian dialirkan keseluruh tubuh.
  • Sinus venosus : berfungsi sebagai penampung darah yang mengalir dari vena kardial anterior dan posterior melalui vena hepatica.
  1. Conus Arteriosus, pada ikan jenis Elasmobranci yang berfungsi dan berkembang dengan baik.
  2. Arteri, berfungsi untuk menyalurkan darah yang keluar dari insang menuju kebagian seluruh tubuh ikan terdiri dari intima, endothelium, dan subendothelium.
  3. Vena, berfungsi sebagai pembuluh darah balik yang alirannya menuju jantung dan dinding vena yang sangat elastis mampu memompa darah menuju jantung.
  4. Kapiler insang, merupakan tempat percabangan saluran darah pada tubuh ikan. Funsi kapiler insang yaitu sebagai tempat difusi atau pertukan darah dengan jaringan atau sel pada ikan.

Dari organ dan fungsi-fungsi peredaran darah pada ikan memang hampir sama dengan manusia, jika dilihat dari bagian-bagiannya peredaran darah manusia dan ikan hampir sama hanya saja yang menonjol yang membedakannya adalah kapiler insang, hanya ikan saja yang memiliki kapiler insang.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAH Lihat Privasi