Penyebab Bau Badan dan Cara Mudah Mengatasi Bau Badan yang Berlebihan

Jika mandi teratur pun tidak menghilangkan bau badan, berarti tubuh Anda kekurangan magnesium didalam tubuh. Mineral magnesium dapat membantu menghilangkan bau pada organ internal dan bau pada badan seseorang. Terlalu banyak...


Sudah mandi dengan teratur sehari dua kali pun masih memiliki gejala bau pada badan Anda? Banyak faktor yang bisa menyebabkan Anda memiliki bau badan yang mengganggu Anda dan sekitar Anda. Bau badan dikenal dengan istilah bromihidrosis.

Penyebab Bau Badan

Beberapa orang mengatakan bahwa keringat adalah faktor utamanya, tetapi keringat belum tentu menyebabkan seseorang menjadi bau badan sebab keringat tidak berbau. Faktor bakteri yang menempel pada kulit Anda bercampur dengan keringat dan berkembang biak. Bau yang dihasilkan berasal dari pemecahan protein keratin oleh bakteri yang ada di permukaan kulit Anda. Pada masa pubertas seseorang juga bisa menyebabkan bau badan karena meningkatnya hormon yang disebut androgen. Bau badan juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan seseorang.

Jika mandi teratur pun tidak menghilangkan bau badan, berarti tubuh Anda kekurangan magnesium didalam tubuh. Mineral magnesium dapat membantu menghilangkan bau pada organ internal dan bau pada badan seseorang. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan gula bisa mengurangi kadar magnesium di tubuh seseorang yang mengakibatkan seseorang bisa memiliki bau badan. Selalu potong atau cukur bulu disekitar badan Anda seperti ketiak, karena kelenjar apokrin yang terdapat pada bulu bisa menyebabkan bau badan. Kelenjar apokrin menghasilkan bau khas dari kimiawi yang disebut feromon.

Keringat dari kelenjar ini menimbulkan protein yang merupakan sumber makanan bagi protein. Semakin aktif kelejar apokrin semakin timbul juga bau badan pada seseorang. Berat badan yang berlebih dan penderita diabetes juga bisa menyebabkan bau badan.

Cara Mencegah Bau Badan

  • Selalu cukur dan mencuci bersih bulu sekitar tubuh Anda seperti di selangkangan dan ketiak Anda untuk mencegah berkembang biaknya bakteri pada bulu.
  • Gunakan deodoran atau antiprespirant pada ketiak setelah mandi.
  • Kurangi bawang putih dan cabai pada makanan Anda.
  • Selalu jaga kebersihan diri Anda mandi dengan teratur dan membersihkan tubuh secara menyeluruh untuk terhindar dari kuman dan bakteri yang menyebabkan bau badan.
  • Mengeringkan badan dengan benar dan sampai kering dapat menghindari Anda dari bau badan, karena pada bagian tubuh yang kering membuat bakteri sulit untuk berkembang biak.
  • Memakai pakaian yang sesuai untuk aktivitas Anda.
  • Gunakan bahan-bahan seperti baking soda, cuka sari apel, dan minyak pohon teh untuk mengurangi bau badan.
  • Atau segera konsultasikan kepada dokter bila bau badan tidak hilang-hilang dalam jangka waktu yang lama.

Jangan Lupa Share !!!

71
10 shares, 71 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
4
Bingung
Kesal Kesal
2
Kesal
OMG OMG
4
OMG
Takut Takut
3
Takut
Keren Keren
1
Keren
Sedih Sedih
6
Sedih
Posciety Health

Newbie

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi seputar dunia kesehatan. Dikelola oleh tim Posciety Health.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki