Kenapa Subdomain / Addon Domain Tidak Dapat Diakses ?

Pada cPanel ada kasus dimana Subdomain yang sudah dibuat tidak terbaca / tidak dapat diakses. Jangan khawatir, kalo memang sudah benar-benar membuat subdomain dengan benar maka pasti ada solusinya. Dibawah ini saya tampilkan beberapa penyebab yang membuat subdomain tidak dapat terbaca / tidak dapat diakses + solusinya.

  • Belum Reset DNS
  • Izin / Permission Tidak Tepat
  • URL Salah
  • Limited

Belum Reset DNS

Pada beberapa internet provider terkadang suka mengalami gangguan seperti reset DNS yang lambat atau telat, tapi ini hanya beberapa kali saja tidak sering. Bisa jadi subdomain yang kalian buat belum terbaca karena DNS yang belum reset. Solusi untuk masalah ini adalah mencari tahu pukul berapa internet provider yang digunakan me-reset DNS, setelah itu tunggu sampai DNS selesai di reset dan subdomain mulai bisa diakses. Biasanya masalah ini terjadi pada hosting & komputer yang sering membuat & menghapus addon domain / subdomain diawal pemakaian.

Folder Permisson Tidak Tepat

Setiap folder memerlukan izin yang tepat agar dapat diakses, buka cPanel -> File Manager dan lihat folder subdomain yang dibuat. Ketika menampilkan daftar folder, lihat pada bagian tab Permission pastikan diatur ke angka 0755. Jika bukan 0755, silahkan ganti menjadi 0755 dan coba akses lagi website subdomain nya apakah berhasil ? Jika tidak, silahkan hubungi host provider mungkin ada perbedaan pada pengaturan mereka. Biasanya jika masalah folder permisson ini terjadi, ketika mengakses subdomain hanya menampilkan Index Of.

URL Salah

Ini sudah banyak yang paham, silahkan cek URL yang dimasukkan apakah sudah betul dengan URL subdomain / Addon Domain yang kalian buat ? Hal ini bisa saja terjadi karena tergesa-tergesa atau mata sudah lelah dan tidak terlalu fokus.

Limited

Ini bergantung pada hosting yang dibeli, pada beberapa jasa hosting ada yang membatasi pembuatan subdomain bahkan ada saja paket yang tidak memberi hak pembuatan subdomain. Solusinya, silahkan lihat kembali paket hosting yang dibeli apakah diberi hak pembuatan subdomain ? Jika tidak, maka tidak akan bisa membuat dan kalian perlu meningkatkan ke paket yang memberi hak pembuatan subdomain. Sama halnya jika pembuatan subdomain dibatasi, ketika habis batas pembuatan subdomain (misalnya hanya diberi hak membuat 5 subdomain saja) maka setelah 5 subdomain dibuat tidak dapat membuatnya lagi dan tidak dapat mengaksesnya.

Kesimpulan

Masih banyak lagi masalah-masalah yang dapat menyebabkan tidak dapat mengakses Addon Domain dan Subdomain, tapi berikut ini hanya beberapa masalah umum yang biasa terjadi pada pengguna normal (tidak melakukan perubahan advanced). Please keep in mind, setiap hosting bisa saja berbeda-beda cara penyelesaiannya. Jika menurut kalian masih ada penyebab lain yang biasa terjadi dan perlu dimasukkan kedalam artikel ini, jangan sungkan untuk memberikan komentar dibawah.

Semoga bermanfaat, have a nice day…

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi