Penyebab Terjadinya Stroke Pada Otak Manusia

Stroke adalah keadaan dimana kehilangan fungsi otak akibat terhentinya suplai darah ke otak, biasanya disertai dengan kelumpuhan. Tanpa darah, otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi akibatnya sel yang ada pada otak akan mati sehingga tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik.

Etiologi / Penyebab

Berdasarkan penyebabnya, terdapat dua jenis stroke yaitu :

Stroke Iskemik

Stroke iskemik terjadi ketika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah serta oksigen menuju ke otak terjadi penyempitan, hal ini mengakibatkan aliran darah ke otak sangat kurang. Kondisi seperti ini disebut iskemia, stroke iskemik terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • Stroke trombotik

Stroke trombotik adalah stroke yang terjadi pada saat terbentuknya gumpalan darah arteri yang disebabkan oleh timbunan dari lemak, lemak ini menumpuk pada arteri (aterosklerosis) menyebabkan aliran darahnya menurun.

  • Stroke embolik

Stroke embolik terjadi ketika terbentuknya gumpalan darah (embollus), dan terbentuknya pada bagian tubuh yang lain. Pada umumnya, jantung terbawa melalui aliran darah yang tersangkut pada pembuluh darah di otak. Hal ini akan menyebabkan arteri yang ada pada otak akan menyempit, filbrasi atrium yaitu salahsatu gangguan pada irama jantung yang sering menyababkan stroke embolik.

Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik ini terjadi pada saat pecahnya pembuluh darah di otak dan menyebabkan perdarahan, pedarahan ini dapat dipicu dengan kondisi yang dapat mempengaruhi pembuku darah seperti hipertensi yang tak terkendali.

Terdapat dua jenis stroke hemoragik, yaitu :

  • Perdarahan intraserebral

Perdarahan intraserebral merupakan perdarahan dalam otak.

  • Perdarahan subarachnoid

Perdarahan subarachnoid terjadi diantara otak dan jaringan yang menutupi otak.

Pemicu

  1. Hipertensi
  2. Obesitas
  3. Hiperkolesterol
  4. Penyakit kardiovaskuler
  5. Perokok
  6. Pengonsumsi alkohol (alkoholisme)
  7. Penggunaan drugs (zat-zat adiktif)
  8. Peningkatan Hearth Rate (detak jantung)

Manifestasi

Manifestasi atau tanda gejala yang timbul pada stroke yaitu penurunan kehilangan fungsi motorik, gangguan pada persepsi, kerusakan fungsi kognitif, disfungsi saraf, penurunan atau kehilangan fungsi komunikasi, dan kerusakan fungsi efek psikologi.

Tatalaksana

Tatalaksana yang dapat dilakukan yaitu dengan cara menghindari rokok, menfhindari minuman yang mengandung alkohol, mencegah obesitas, diet rendah garam, rutin untuk melakukan olahraga, dan membatasi asupan LDL.

Pemeriksaan Diagnostik

  • CT scan
  • Lumbal fungsi
  • USG Doppler
  • Angiografcerebri
  • MRI
  • Cek laboratorium darah
Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAHLihat Privasi