Diperketat! Ada Peraturan Baru untuk Thumbnail Kustom YouTube

Ketika upload video ke YouTube, secara otomatis YouTube akan membuat gambar cuplikan alias thumbnail secara otomatis yang di render dari video yang diupload. Kamu juga bisa ganti thumbnail video tersebut dengan gambar yang berbeda dari isi video YouTube atau yang biasa disebut
Custom Thumbnail. Lihat panduan bagaimana upload video YouTube yang baik dan benar.

Menggunakan custom thumbnail sering sekali digunakan oleh para pemilik channel YouTube dengan tujuan supaya bisa ngasih informasi yang lebih rinci lagi ketimbang menggunakan thumbnail otomatis dari YouTube. Berikut beberapa contoh thumbnail kustom yang digunakan oleh salah satu YouTuber Indonesia “Atta Halilintar”.

gambar 1 - membuat thumbnail kustom youtube
channel youtube atta halilintar

Tidak selamanya thumbnail kustom itu menarik, kamu pasti pernah nemuin thumbnail video yang justru malah kurang bagus bahkan jelek. Contohnya thumbnail video channel YouTube Atta Halilintar, itu sama sekali tidak menarik, tapi ko bisa ramai penontonnya?

Thumbnail kustom memang bisa menarik minat setiap orang untuk klik dan menonton video tersebut, tapi gak seperti thumbnail video Atta Halilintar. Itu gak menarik, tapi thumbnail video Atta Halilintar selalu memberikan informasi berupa teks dalam gambar yang membuat orang mengerti apa maksud isi video dan berhasil membuat orang penasaran.

Seperti yang kita ketahui, judul video YouTube akan terpotong jika memiliki judul yang panjang, dibuat ellipsis agar tampilan YouTube tidak berantakan, khususnya di perangkat yang kecil. Dengan teks pada gambar seperti thumbnail video Atta Halilintar, itu bisa mewakilkan akhiran judul yang terpotong sehingga orang-orang gak kehilangan informasi dan maksud dari videonya.

Hati-Hati Membuat Thumbnail Kustom di YouTube!

Awalnya thumbnail kustom ini biasa saja, justru membuat YouTube semakin laris peminat dan memperbanyak waktu tontonan di YouTube. Tapi lama kelamaan banyak orang yang menyalahgunakan fitur ini, menggunakan thumbnail yang bener-bener gak sesuai dengan isi videonya.

Menghadapi masalah ini, YouTube mulai memberikan peringatan berupa pengumuman kepada semua pemilik channel YouTube melalui dashboard.

Kami sedang menyelidiki laporan tentang thumbnail yang tidak tersimpan di YouTube Studio beta. Untuk saat ini, Anda dapat mencoba menghapus cache dan cookie sebagai penonton, atau mengupload ulang thumbnail. Anda juga harus memastikan bahwa akun Anda telah terverifikasi (perhatikan bahwa mungkin ada penundaan antara saat Anda memverifikasi hingga bisa mendapatkan akses ke thumbnail kustom).

begitu bunyinya

Akun terverifikasi? Apakah maksudnya tanda centang pada nama channel? Bukan! Maksud akun yang terverifikasi adalah akun YouTube yang sudah memverifikasi kepemilikannya.

Bagaimana saya mengetahui akun YouTube saya sudah verifikasi kepemilikan? Login ke email yang digunakan pada YouTube bersangkutan kemudian kunjungi URL https://www.youtube.com/verify. Kalo udah terverifikasi, bakalan muncul notif bahwa akun tersebut sudah terverifikasi. Belum verifikasi? Segera lakukan verifikasi dengan nomor telepon sah yang kamu miliki, ini akan berguna di masa mendatang.

Jadi, buat kamu yang sampai sekarang bingung kenapa gak bisa upload gambar thumbnail kustom, mungkin masalahnya adalah belum verifikasi kepemiliki akun.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi