Pilih Mana ? MySQL, MySQLi atau PDO

Terdapat perbedaan dari MySQL, MySQLi dan PDO. Simak penjelasan & perbedaannya dibawah ini, mana yang terbaik menurut kalian ?

MySQL

Merupakan open source sistem relasi manajemen database terpopuler dan digunakan oleh website kelas atas seperti WikiPedia, Google, Facebook dan banyak lagi. Tapi sepertinya salah satu diantara mereka sekarang sudah menggunakan MySQLi. Sebelum munculnya MySQLi, MySQL sangat diminati banyak orang karena penggunaannya yang mudah pada saat itu. Namun seiring berkemabangnya zaman, MySQL tertinggal jauh dari segi penggunaan dan keamanannya. Karena sekarang ekstensi-ekstensi MySQL bisa dibilang sangat terbatas. Bisa dikatakan, ketika kalian menggunakan MySQL akan terasa banyak esktensi yang perlu digunakan untuk satu tujuan saja.

MySQLi

MySQLi merupakan pembaruan dari pendahulunya yaitu MySQL. Huruf “i” ini artinya adalah improvement yang merupakan improvisasi dari MySQL. Pada MySQLi ini lebih banyak ekstensi yang menyenangkan dan mudah digunakan juga membantu penggunanya lebih mudah menggunakannya dibanding MySQL. Seperti yang kita ketahui, MySQLi ini didesain sedemikian rupa untuk menjadi lebih baik dari MySQL. Tentu dalam fungsi / function nya pun lebih mudah dan tidak begitu membingungkan walaupun baru memulai menggunakan MySQLi.

Perbedaan / perubahan signifikan yang membuat MySQLi menjadi lebih baik dari MySQL:

  • Oriantasi Objek Ganda
  • Prosedur Interface
  • Dukungan Baru Untuk Keperluan Transaksi
  • Susunan Laporan Lebih Tersusun
  • Debungging Lebih Ditingkatkan
  • Memproses Banyak Pernyataan Dalam Waktu yang Lebih Singkat

PDO

Merupakan singaktan dari PHP Data Object. PDO mampu membuat API umum untuk semua akses database sehingga dalam bermigrasi RDMS bahkan orientasi objek tidak perlu mengubah kode apapun lagi. Menurut saya, penerapan kode PDO ini lebih sulit diingat dibanding MySQL & MySQLi. Tapi keuntungan lainnya yaitu mampu menaham serangan jahat dari luar database yang mencoba masuk atau merusak. Sebetulnya ketiga statement diatas sama-sama memiliki kemampuan untuk menahan serangan seperti itu tapi yang saya rasakan PDO lebih mampu dan lebih kuat dibanding yang lain.

Kalo ada kekurangan penjelasan, silahkan beritahu di kolom komentar dibawah ya.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba !

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi