Perbedaan Polling dan Voting

Polling dan Voting merupakan istilah yang mungkin sering kamu temukan di media sosial, biasanya digunakan untuk survey atau memilih salah satu dari beberapa pilihan yang ada. Bahkan di dunia nyata pun Polling dan Voting ini tetap hadir sampai saat ini, seperti pemilihan ketua kelas.

Perbedaan Polling dan Voting

  • Voting

Voting adalah metode pengumpulan suara yang umumnya dilakukan dengan menyebarkan kartu suara dan tertutup, sedangkan penghitungan jumlah suara dilakukan secara terbuka. Hanya beberapa orang saja yang dapat mengikuti pelaksanaan voting, orang yang memiliki hak suara. Ketika terjadi suatu hal yang tidak cukup dilakukan dengan musyawarah, maka voting menjadi solusi untuk mencari keputusan melalui suara terbanyak dari beberapa pilihan yang ada.

Contoh: Mencari keputusan apakah kelas yang baru saja dibangun diberikan kepada siswa kelas 3 atau siswa kelas 1, maka dilakukanlah voting untuk mencari keputusan itu ketika Kepala Sekolah tidak dapat memutuskan. Partisipannya tentu terbatas, hanya guru sekolah tersebut.

  • Polling

Polling adalah metode pengumpulan suara yang lebih luas jangkauan dan cara pemungutan suaranya, tidak mesti menggunakan kertas pemilihan saja. Partisipan yang berhak ikut serta pun lebih luas jangkauannya, tidak hanya suatu kelompok di tempat itu saja. Misalnya diikuti oleh semua orang yang berusia 18tahun ke atas. Hasilnya pun biasanya hanya diambil beberapa sampel saja hanya untuk mendapatkan rata-rata jawaban dari pertanyaan yang diajukan.

Contoh: Situs jual beli online melakukan survey kepada seluruh nasabahnya melalui email, SMS, atau telepon.

Loading...

Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi