Pertolongan Pertama untuk Kecerobohan Kecil yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Halo readers! Kalian pasti pernah ya, sedang sendiri dirumah tiba-tiba terbentur kaki kusi, meja, atau benda lainnya. Hal itu malah membuat kaki atau tangan kita luka bahkan memar, bisa juga saat sedang asik makan eh malah tersedak. Mana sedang sendiri, terbentur pula, pasti rasanya nyeri dan perih ya. Eitz tenang aja, karena kita bisa lho menangani hal itu sendiri. Simak ya info berikut ini ya:

Selalu Siapkan Air Bersih, Plester, Kain

Jika terluka di bagian anggota tubuh, kalian bisa bersihkan dengan air bersih. Gunanya untuk menghilangkan debu atau kotoran kecil yang menempel pada luka kita, karena kotoran kecil itu bisa membuat infeksi luka kita.

Setelah dibersihkan, kita bisa menekan luka menggunakan kain bersih atau kain kassa sampai darahnya berhenti. Jika diperlukan kita bisa menggunakan plester tapi kalau lukanya dalam, besar, dan tak mau berhenti, disarankan untuk pergi ke dokter ya readers! Bisa bahaya kalau hanya ditangani diri sendiri.

Faktanya, luka yang lembab malah bisa menimbulkan luka baru atau bahkan jamur! Bahaya juga ya… Kalian harus menjaga luka agar cepat kering dan selalu ganti kain penutup luka ya…

Ketika Makanan Nyangkut di Tenggorokan

Misalnya sedang asik makan enak di rumah, karena terlalu enak dan terburu-buru jadinya malah tersedak alias keselek. Jangan khawatir, readers bisa tangani ini sendiri lho…

Kalau tersedak karena ada makanan yang tersangkut di tenggorokan, kita bisa mengatasinya dengan batuk, agar makanan yang tersangkut bisa keluar dari tenggorokan, namun jika hal itu tidak efisien, bisa minum air, gunanya agar makanan yang menyangkut di tenggorokan bisa di bersihkan.

Tapi, kalau ternyata tersedaknya sampai membuat sesak nafas, kalian harus cepat meminta bantuan orang yang terdekat di sekitar kemudian minta bantuan dokter, karena itu artinya bisa saluran pernafasan kalian tertutup.

Es Batu dan Cuka Bisa Jadi Pilihan Tepat

Misalnya ketika terlalu senang dan tidak sengaja bagian tubuh terantuk benda keras, itu membuat bagian tubuh kalian memar atau lebam, pasti nyeri yah.

Cara mengatasinya mudah kok, kita bisa mengompres luka itu dengan es batu selama kurang lebih 20 menit atau bisa juga dengan cuka yang di campur air hangat.

Kompresan itu bisa mengurangi efek bengkak yang muncul tapi kalau misalnya terbentur di bagian kepala dan kita merasa pusing atau mual, sebaiknya langsung pergi ke dokter ya.

Tips Supaya Tidak Ceroboh

Berikut ini tips untuk kalian yang suka ceroboh supaya tidak terlalu ceroboh:

  1. Misalnya readers tidak sengaja terantuk kaki kursi, maka harus tempatkan kursi di bagian yang aman yang jarang dilewati.
  2. Jika perlu, kalian bisa lindungi bagian benda-benda keras dengan benda-benda lembut yang dapat mengurangi rasa sakit ketika terbentur, misalnya seperti foam atau kain yang tebal.
  3. Selanjutnya lindungi bagian siku benda yang keras oleh pelindung siku.
  4. Selain menjaga dari hal yang tidak diinginkan, kita bisa menjaga tubuh kita dari memar atau luka.
tunggu sebentar...

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi