3 Perubahan Utama di cPanel 76, Sistem Keamanan Ditingkatkan Jadi Lebih Baik!

Pada bulan Desember lalu, cPanel WHM mengumumkan versi terbarunya yaitu cPanel & WHM version 76 dan menjadi stabil (stable). Dengan versi stabil ini tentu ada perubahan-perubahan yang dilakukan di dalam fungsi cPanel itu sendiri, apa saja perubahan yang dilakukan?

Bagi sebagian pengguna cPanel tentu setiap perubahan-perubahan yang dilakukan oleh cPanel merupakan hal paling penting dalam dunia bisnisnya, karena setiap tindakan yang dilakukannya terhadap hosting yang dimiliki tergantung bagaimana cara kerja cPanel itu sendiri.

Jika Anda tidak mencari tahu apa saja perubahan yang terjadi pada cPanel di setiap versi barunya, mungkin Anda akan kebingungan menggunakan cPanel versi baru jika cPanel memperbarui bagian-bagian besar di dalamnya.

Ini mirip seperti Anda mengakses CMS situs web atau blog, misalnya WordPress. Jika WordPress melakukan perubahan besar di versi terbarunya dan Anda tidak mengetahui apa saja yang berubah, tentu akan terasa asing ketika mengaksesnya karena sudah terbiasa dengan versi lamanya.

3 Perubahan Penting di cPanel 76 (Stable)

Begitupun dengan cPanel, jika terjadi perubahan besar-besaran di pembaruannya mungkin tampilan yang Anda lihat tidak seperti biasanya dan membuat Anda sedikit bingung ketika mengaksesnya. Di bawah ini, 3 perubahan utama yang perlu Anda ketahui dalam versi stabil cPanel 76.

1. Penghapusan SquirrelMail

cPanel sepertinya merasa kesulitan untuk update SquirrelMail ke yang lebih baru sementara tidak ada update resmi dari webmail tersebut, SquirrelMail merupakan fitur email senior di cPanel yang menjadi fitur webmail pertama kali di cPanel namun saat ini sudah tidak digunakan lagi.

Pada versi 76 ini SquirrelMail belum dihapus secara keseluruhan, namun cPanel mengumumkan akan melakukan penghapusan SquirrelMail secara keseluruhan pada permbaruan berikutnya.

Jadi jangan heran ya jika Anda masuk ke cPanel mulai dari dari versi 76 sudah tidak melihat lagi SquirrelMail di menu Emails, saat ini hanya tersedia Horde dan Rouncube saja, belum ada informasi resmi dari cPanel mengenai pengganti SquirrelMail.

Alasan yang jelas dan mempedulikan para penggunanya, cPanel mengatakan karena alasan keamanan yang minim membuatnya harus menghapus SquirrelMail sebagai salah satu fitur pengiriman dan penerimaan pesan elektronik di cPanel WHM.

2. Verifikasi Host Key – Git SSH

Di versi 76 ini cPanel juga menambahkan verifikasi Host Key, setiap kali pengguna ingin kloning repositori pada Git Version Control hsecara otomatis cPanel akan melakukan verifikasi Host Key.

Alasannya jelas, karena pada versi 76 ini cPanel banyak melakukan peningkatan di sisi keamanan, tentu kurang pas jika tidak menambahkan fitur verifikasi seperti ini saat melakukan perubahan besar pada repositori termasuk kloning. Intinya, sistem ini digunakan untuk menghindari serangan orang-orang jahat yang sengaja ingin merusak/menghancurkan hosting dan berkas Anda.

3. UI Menggunakan PHP 7.2

cPanel yang sebelumnya menggunakan User Interface PHP 5.6, kali ini benar-benar diganti secara keseluruhan UI nya menggunakan PHP baru yaitu PHP versi 7.2.

cPanel mengganti versi PHP tentu bukan tanpa alasan, selain UI yang lebih modern dari sebelumnya, ini juga membantu meningkatkan keamanan dasbor cPanel Anda dengan sistem PHP yang lebih baru.

Bagaimana Cara Melihat dan Mengganti Versi cPanel?

Biasanya, para penyedia hosting akan secara otomatis melakukan pembaruan versi cPanel bagi para pelanggannya agar mendapatkan fitur dan keamanan yang lebih baru. Jika penyedia layanan hosting Anda baik, tentu akan melakukan dan mempedulikan hal-hal seperti ini.

Anda akan mendapatkan email pemberitahuan jika cPanel akan diupdate ke versi terbaru, jika Anda tidak yakin, Anda dapat melakukan pemeriksaan versi cPanel di dasbor cPanel dengan cara:

  1. Masuk ke cPanel
  2. Masih di halaman Home, scroll hingga ke bagian paling bawah
cPanel Footer

Pada bagian bawah setiap halaman cPanel terdapat logo cPanel dan versi yang sedang Anda gunakan saat ini, jika masih menggunakan versi lama silakan hubungi hosting provider dan mintalah untuk menggantinya dengan versi terbaru agar mendapatkan manfaat lebih.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi