WordPress atau Joomla ? #BATTLE

Sekarang, pembahasan untuk perbandingan kalian nih pilih WordPress / Joomla untuk situs web CMS ? Pahami dulu Apa Itu CMS, baru lanjut ke penjelasan dibawah ya.

Memilih CMS (Content Management System) merupakan keputusan penting yang dapat berdampak besar untuk website kalian. Tentunya setiap CMS ini memiliki nilai berbeda2 ada yang pro adan juga yang kontra, yang jelas sih fans fanatiknya pasti memilih CMS idolanya. Ada 2 paket CMS menarik yang perlu dipertimbangkan yaitu WordPress & Joomla.

Kedua platform terkenal karena adanya kemudahan dalam penggunaan, kustomisasi yang luas dan komunitas yang aktif. Pastinya setiap platform tersebut memiliki pro & kontra, sama2 bisa membangun situs yang modern dan banyak fitur. Lantas bagaimana saya dapat memilih CMS yang tepat ?

Disini, saya coba membantu kalian dalam 4 #BATTLE yang penuh adrenalin ini ūüėÄ Pertarungan dimulai !

#BATTLE 1 – SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

Jika kita bandingkan Search Engine Optimization / Optimisasi Mesin Pencari (SEO), Joomla lebih sedikit. Mungkin karena dalam membuat meta deskripsi dan kata kunci disetiap pembuatan artikel barunya seperti ini:

pembuatan meta deksripsi + keyword joomla

Bisa dikatakan, ENGGAK BANGET seperti itu di zaman sekarang (kurang optimal). Pada WordPress, kita memiliki fitur plugin2 SEO yang populer. Banyak sekali sekarang plugin SEO populer dan terbukti ampuh tapi gak mungkin saya jelaskan semuanya, kita ambil contoh yang lebih populer dan lebih dekat dengan komunitas WordPress, misalnya Yoast SEO. Ini luar biasa karena masing2 fitur ditugaskan dengan kepentingannya masing (bisa lebih fokus) dan hanya dalam hitungan menit website Anda bisa dibilang kuat berkat bantuan khusus ! Bukan begitu ?

Yoast memudahkan pengguna untuk mengetahui tingkat kecocokkan kata kunci / deskripsi meta dengan mengkategorikan skor SEO menggunakan tanda lampu merah, kuning dan hijau. Selain itu, plugin ini juga memberitahukan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan SEO kalian agar menjadi hijau / cocok.

Selama saya dan Tom Ewer (penulis) dari ThemeIsle (inspirasi artikel ini) menggunakan / menguji plugin, kami sama2 menemukan plugin Joomla yang setara dengan Yoast yaitu EASY FRONTEND SEO (EFSEO). Plugin ini membantu kalian untuk melakukan banyak tugas yang berbeda ataupun yang sama bersamaan seperti mengedit informasi meta langsung didepan mata dan ada juga mode otomatis yang meringankan pengguna (menyesuaikan meta apa yang cocok dengan artikel).

Jadi, Fitur plugin SEO mana yang ampuh membantu CMS kalian ?

#BATTLE 2 – KEAMANAN

Ketika membahas kemanan, manakah yang lebih kuat ?

Banyak yang bilang dan bukti, WordPress memiliki target raksasa dalam menghindari kerentanan keamanannya bahkan dalam pemasangan plugin (pihak ketiga) sekalipun. Disisi lain, kita juga harus berpikir juga rasanya tidak mungkin pihak ketiga (plugin) pasti 100% membuat pluginnya sesuai aturan keselamatan yang tepat agar menjadi batasan kita dalam pemasangan plugin (yang penting2 aja pasangnya).

WordPress tidak mampu memaksakan lapisan keamanan SSL (jika menggunakan https) untuk keseluruhan situs pada dasbornya. Kalian perlu memodifikasi di file intinya untuk memaksa WordPress memberikan SSL ke keseluruh situs yang digunakan pada domain tersebut dengan autentikasi 2 faktor (2FA). —¬†Cari tahu pengertian HTTPS¬†–.

Disisi lain, pasukan Joomla memberikan 2 opsi yaitu menggunakan SSL (langsung) atau 2FA (seperti WordPress). Selain itu, Joomla juga menawarkan untuk mengatur sendiri ekstensi keamanan situs kalian sehingga kalian dapat mengetahui kerentanannya.

opsi penggunaan https joomla

#BATTLE 3 – Potensi Penyesuaian

Dalam penyesuaian ini tentu plugin menjadi salah satu faktornya. Sudah jelas WordPress menang telak atas Joomla dari jumlah banyaknya plugin yang tersedia untuk dipasang / disesuaikan.

Disini saya bandingkan penyesuaian melalui plugin ya, banyak lagi yang bisa dibandingkan misalnya tema, dll. Karena kita bahas plugin, sekarang kita lihat lebih dalam dari plugin tersebut. Saya rasa dalam urusan plugin, WordPress memiliki penawaran yang lebih subyektif. Kalian bisa tentukan sendiri perbandingan tema, dll. Contohnya dari sisi plugin aja deh, karena kita bahs plugin kan tadi diatas. Kita kaitkan lagi plugin Yoast SEO dan EFSEO. Dalam penyesuaiannya terlihat seperti ini:

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

yoast seo vs efseo
kiri yoast – kanan efseo

Terlihat jelas penawaran fitur yang mempermudah pengguna lebih banyak di pihak WordPress, memberikan pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan.

Sedikit menyinggung tema, banyak tema WordPress dibandingkan Joomla. Banyak pula fitur di dalam tema WordPress dibandingkan Joomla, namun lebih banyak juga fitur premium yang ditawarkan pemberi tema WordPress dibanding Joomla. Namun secara keseluruhan WordPress masih dalam jalur yang bagus dan baik pada penyesuaian gratis dan berbayar.

#BATTLE 4 – MANAJEMEN KONTEN

WordPress dan Joomla bisa dibilang sama2 CMS yang sempurna. Memungkinkan penggunanya membuat situs website dengan mudah di semua jenis website. Walaupun WordPress pada awalnya terkenal dengan situs jenis blog sederhana. Namun sampai saat ini sudah berkembang jauh dan dokumentasi  nya luar biasa dan tersusun fantastis.

Disis lain, Joomla terkenal dengan kompleksitasnya namun tidak begitu baik dokumentasinya. Sebuah situs yang dibangun menggunakan Joomla bisa berkembang menjadi apapun yang diinginkan tapi lika liku nya tajam untuk pengguna yang tidak memiliki dasar pemrograman web ataupun yang kurang dalam soal pengalaman web. WordPress relatif mudah digunakan semua tingkatan pengguna bahkan dalam hitungan detik sedangkan Joomla tidak.

Jangan nurut begitu aja sama artikel ini, pertimbangkan dan praktek. Itu penting !

Bagaimanapun, semua orang punya penilaian berbeda2, artikel ini tidak mengutamakan sebelah pihak tapi perbandingan yang bisa dibandingkan di waktu singkat ini.

Semoga bermanfaat, have a nice day…[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi