Pindahkan Data File Excel ke Google Sheet

0

Memindahkan data dari file Excel ke Google Sheet bisa dilakukan 2 cara mudah, tampilan dan rumus akan tetap terimplementasi dengan baik di Google Sheet.

Sejak Google Spreasdheet atau yang sering disebut Google Sheets diluncurkan pada tahun 2006, banyak pengguna yang merasa terbantu dengan kehadirannya karena bisa membagikan file sheets secara online sehingga tidak perlu upload & download file Ms. Excel ke direktori terlebih dahulu.

Google Sheets membantu memudahkan banyak orang / organisasi, mulai dari perusahaan, sekolah, sampai untuk keperluan pribadi. Dengan hadirnya Google Sheets ini semua orang bisa membagikan sheet dengan mudah secara online, bisa memulai sheet baru atau mengunggah sheet yang sudah ada sebelumnya, misalnya dari file Ms. Excel.

Upload Excel ke Google Sheet

ads by posciety

Bicara tentang Excel dan Google Sheet, tentu saja ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu cukup dengan mengunggah file Excel yang sudah ada ke Google Sheet tanpa harus membuat ulang apa yang sudah kamu buat di Excel.

Selain mudah, ketika mengunggah file Excel ke Google Sheet juga kemungkinannya sangat besar tampilan Excel, rumus Excel, dan format Excel akan tetap sama seperti di Excel. Terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan untuk memindahkan data di Excel ke Google Sheet.

Metode 1 – Manual

Metode pertama yang dapat dilakukan adalah memindahkan isi yang ada di file Excel ke Google Sheet secara manual, ini bukan cara yang dilakukan oleh profesional tapi tidak sedikit juga pengguna yang melakukan cara ini.

Untuk melakukannya, bukalah file Excel yang kamu miliki dan buka juga Google Sheet baru / kosong yang ingin kamu jadikan tempat persinggahan baru untuk data yang kamu miliki di file Excel. Belum tau cara membuat Google Sheet baru? Klik disini untuk mengetahuinya caranya.

  1. Blok & Salin

    Pada file Excel yang kamu miliki, blok semua cell yang ingin kamu pindahkan ke Google Sheet kemudian Copy semua cell tersebut.blok dan copy cell di excel

  2. Paste di Google Sheet

    Hasil Copy di file Excel tadi kita tempelkan di Google Sheet kosong / baru yang sudah kita buat sebelumnya.paste cell excel to google sheet

Selesai, mudah dan cepat bukan? Sekarang kamu sudah memiliki data di Google Sheets yang mana data itu sebelumnya hanya kamu miliki di Excel.

Metode 2

Metode kedua ini lebih fleksibel walaupun perlu effort lebih daripada metode pertama. Dengan metode ini, tentu rumus yang kamu miliki di file Excel akan terimplementasi di Google Sheet.

upload excel ke google sheet
  • Di Google Sheets, klik menu File dan pilih Import
  • Alihkan ke tab Upload, pilih file Excel yang mau diunggah
  • Pilih apakah kamu mau bikin Google Sheets baru, sheet baru (di Google Sheet yang sama), atau menimpa sheet yang ada (data yang ada akan ditimpa)

Setelah selesai upload, data Excel akan muncul di Google Sheets, gak cuma itu, kamu juga akan mendapatkan Suggestions jika menurut Google Sheets perlu diperbaiki misalnya ada data yang duplikat. Tapi kamu bisa ikuti saran itu atau mengabaikannya, periksa terlebih dahulu sarannya sebelum kamu setujui.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya