3 Plugin Sistem Komentar WordPress Gratis Terbaik & Selalu Update

Pada situs WordPress, terdapat kolom / form komentar bawaan yang berisi kolom Nama, Email, Website, Pesan Komentar dan tombol Kirim. Tapi tidak sedikit juga situs WordPress yang menggunakan plugin comment system dengan berbagai macam alasan dari mulai segi kemanan, kenyamanan, penyesuaian, kecepatan dan lain-lain.

Artikel ini saya buat untuk mengurutkan 3 plugin sistem komentar gratis terbaik dan sering melakukan pembaruan menyesuaikan pembaruan WordPress sehingga memasang dan mengaktifkan plugin ini tidak perlu khawatir ketinggalan pembaruan di masa mendatang.

Jetpack by WordPress.com

Plugin yang sangat popular dan banyak digunakan pengguna WordPress karena fiturnya yang lengkap tidak hanya komentar saja tapi mencakup komentar terkait, SEO, statistik situs, sharing, proteksi kemanan, backup, kecepatan situs dan daftar pelanggan email. Dengan plugin ini kalian bisa manfaatkan beberapa fitur tanpa perlu menginstall banyak plugin dan plugin ini sudah digunakan lebih dari 1juta pengguna WordPress. Walaupun ada fitur berbayarnya pada plugin ini, fitur gratisnya pun saya rasa sudah bisa memuaskan dan memenuhi kebutuhan para blogger.

Info & Download

wpDiscuz

Merupakan plugin sistem komentar WordPress real time dengan bidang dan formulir kustom yang dapat disesuaikan sesuai keperluan. Menggunakan 3rd party ini akan membuat loading artikel / post situs WordPress akan menjadi lebih cepat dibanding menggunakan sistem komentar bawaan WordPress. Plugin ini menyediakan banyak fitur gratis yang saya rasa sudah cukup tidak perlu membeli addon berbayarnya. Plugin ini juga berfungsi baik untu ksitus WordPress yang memiliki banyak author dan member plugin seperti Ultimate Member. Plugin ini pun dapat menampilkan label role / peran akun dengan penyesuaian yang menyenangkan seperti edit text peran pengguna dan warna label. Dan banyak lagi fitur bermanfaat lainnya.

Info & Download

SubScribe To Comments Reloaded

Plugin sistem komentar yang tidak merubah banyak fromulir komentar namun hanya menambahkan 1 fitur tambahan yaitu menu tarik-turun untuk dipilih oleh komentator bagaimana ingin berlangganan misalnya berlangganan jika ada komentar baru artikel tersebut / berlangganan jika ada balasan pada komentarnya / tidak berlangganan sama sekali dan berlangganan tanpa meninggalkan komentar. Pemberitahuan pada pelanggan akan otomatis dikirim ke masing-masing email pelanggan jika ada pemberitahuan. Hal ini tentu membantu situs semakin dekat dengan pelanggan karena mereka akan semakin aktif mengunjungi situs lewat pemberitahuan email.

Info & Download

Kesimpulan

Masih banyak sistem plugin yang dapat digunakan, tapi dalam penggunaan plugin WordPress tidak hanya berapa banyak penggunanya saja tapi harus diperhatikan hal lainnya seperti pembaruan / kecocokkan dengan tema yang digunakan dan hal lainnya yang dapat mempengaruhi situs WordPress kalian. Begitupun dengan daftar diatas, saya saring dengan pembaruan yang dilakukan masing-masing author plugin diatas. Sehingga pengguna plugin diatas tidak perlu khawatir akan ketinggalan pembaruan karena plugin diatas selalu melakukan pembaruan sesuai dengan sistem WordPress terbaru.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi