6 Tips Menentukan Lokasi Terbaik Untuk Router di Rumah/Kantor Agar WiFi Maksimal

Untuk ISP Manapun !

Salah satu hal yang krusial yang dapat mempengaruhi baik dan buruknya jaringan internet WiFi di rumah / kantor adalah posisi router, berlangganan paket internet yang paling mahal dan paling cepat saja tidak cukup. Bukan rahasia lagi, ISP (internet service provider) tidak selamanya memberikan kecepatan internet seperti yang tertera pada borsur, ini semua tergantung pada alat dan kondisi yang direkomendasikan.

Memilih Router

Jika tidak memahami jenis-jenis router, ini bisa membahayakan koneksi jaringan. Setiap router memiliki cara kerja yang berbeda dan ini mempengaruhi bagaimana penerimaan dan pengiriman internet yang akan digunakan nanti.

Di Indonesia sendiri, ketika baru berlangganan internet secara otomatis menyewa router dari ISP bersangkutan. Misalnya berlangganan IndiHome, maka router IndiHome itu dipinjamkan pada pelanggan. Jika kamu mengerti router, gantilah dengan router yang lebih baik lagi dari itu.

Meletakkan Router di Posisi Terbaiknya

Setelah memilih router yang bagus dan terjangkau oleh keuangan, mulailah memikirkan dimana seharusnya router diletakkan agar mendapatkan koneksi yang maksimal.

  • Ketinggian

Ketika menyimpan router di dalam suatu ruangan yang berliku, entah itu karena tembok ataupun barang-barang yang ada di setiap ruangan, pikirkanlah ketinggian. Taruhlah router agak tinggi agar tidak terhalan oleh banyak barang, semakin tinggi maka semakin ia bebas (tidak terhalangi).

  • Menguji Jarak Jaringan

Ini tergantung pada router yang digunakan, buatlah perkiraan sampai mana jaringan WiFi ini akan digunakan. Misalnya sampai halaman depan rumah atau sampai parkiran perkantoran. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui dimana seharusnya meletakkan router agar mencapai parkiran perkantoran dan halaman depan rumah setelah mengatur ketinggian posisi router.

  • Berpusat di Tengah

Jika tidak yakin dimana ingin meletakkan router yang digunakan, kamu bisa mengambil keputusan lain yaitu meletakkannya di posisi tengah dari gedung / rumah tersebut. Dengan meletakkan di posisi tengah artinya hampir setiap sudut dari bangunan akan terjangkau jaringan WiFi.

  • Hindari Alat Elektronik Lain

Masih banyak yang melakukan hal ini, menghindari router dari alat elektronik lain di sekitarnya. Pada beberapa kasus, alat-alat elektronik dan benda-benda yang terbuat dari logam yang banyak dapat menganggu penerimaan dan pengiriman sinyal internet. Benda-benda seperti ini biasanya akan menarik sinyal sangat kuat hingga 2GHz, begitupun dengan router. Sebisa mungkin hindarilah bentrokan ini.

  • Antena Router

Beberapa router memang tidak memiliki antena tapi beberapa masih ada yang menggunakan satu antena atau beberapa antena, mengapa ini diciptakan ? Agak lucu memang, bahkan beberapa menganggap ini tidak penting. Ya, ini tidak begitu berpengaruh sebenarnya, tapi tidak ada salahnya jika mengatur antena router ke posisi terbaik. Arahkan router ke arah atas jika memiliki satu antena, jika terdapat lebih dari satu aneta pastikan mereka tidak mengarah ke arah yang sama. Fungsi antena ini adalah memperbesar tangkapan terima dan kirim jaringan, jika tidak tau arah, letakkan saja satu sejajar horizontal dan lainnya vertikal.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memasang router di bangunan rumah atau kantor, walaupun dalam prakteknya ini agak sulit entah karena posisi bangunan yang banyak liku atau panjang kabel yang tidak memungkinkan, beberapa tips di atas dapat diterapkan agar membantumu mendapatkan sinyal WiFi yang optimal.

Sumber CNET
tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi