Sukabumi – Tepat di Hari Kepanduan Sedunia yang dirayakan pada 22 Februari, Pondok Modern Assalam Putra yang berlokasi di Jl. Parungkuda Kp. Cibodas RT.19/RW.04 Desa. Cibodas Kec. Bojonggenteng Kab. Sukabumi Prov. Jawa Barat mengadakan Pelantikan Golongan Penggalang Tingkat Ramu yang telah menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) sebagai anggota Pramuka Pondok Modern Assalam. Sabtu, 22/02/2020.

Kegiatan Pramuka adalah wadah pendidikan karakter dan juga organisasi yang diakui oleh pemerintah sebagaimana tercantum dalam Undang Undang No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Sebutan Pramuka digagas oleh Presiden Soekarno sejak 14 Agustus 1961 yang juga dikenal dan dirayakan setiap tahunnya dengan Hari Pramuka. Hari Kepanduan Sedunia yang dirayakan setiap 22 Februari, mungkin tidak terdengar familiar di telinga kalian. Gerakan kepanduan di Indonesian lebih dikenal dengan sebutan Pramuka.

Robert Baden-Powell yang lahir di Inggris pada 22 Februari 1857 merupakan tokoh pencetus gerakan kepanduan untuk melatih keterampilan, cara bertahan hidup, dan kebersamaan. Dicetuskan pada 1907, kini Gerakan Panduan memiliki lebih dari 50 juta anggota di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Indonesia.

Di Indonesia, kegiatan kepramukaan juga menjadi ekstrakulikuler wajib di sekolah, dimana kita diajarkan semaphore, sandi, morse, tali temali, dan masih banyak lagi.

MABIKORI (Majlis Pembimbing Koordinator Harian) Ka Fajrin Indra Gunawan menjelaskan bahwa Pondok Modern Assalam akan selalu konsisten dalam melaksanakan Kegiatan Pramuka karena di dalamnya terdapat proses pembentukan karakter santri. “Selain itu, Kegiatan Pramuka erat kaitannya dengan Kehidupan sehari-hari seperti halnya keagamaan, bela Negara, sosialisasi dan ber’organisasi”, jelasnya.

Ka Fajrin juga menjelaskan setiap pelajar yang menjadi Santri Pondok Modern Assalam secara otomatis menjadi anggota Pramuka, karena kegiatan Pramuka merupakan bagian dari sunah pondok yang perlu diikuti oleh setiap santri.

“Maka santri yang duduk di kelas 1 sampai 3 MTS/SMP dikategorikan Golongan Penggalang dan santri yang duduk dikelas 1 sampai 3 MA/SLTA dikategorikan Golongan Penegak”, ungkap Ka Fajrin selaku Mabikori Assalam.

kegiatan pramuka pondok modern assalam

Di samping itu, Ka Fajrin juga mengungkapkan bahwa kegiatan Pramuka di Pondok Modern Assalam sudah ter’integrasi kepada kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

“Seluruh Santri diwajibkan aktif mengikuti semua kegiatan yang telah diprogramkan oleh Gugus Depan” harapnya.

Prestasi-Prestasi yang telah diraih oleh Pondok Modern Assalam dibidang Pramuka diantaranya mengirim delegasi tingkat Internaional untuk ikut serta pada Event Jambore Dunia Tahun 2000 di Australia.

“Alhamdulillah, Assalam telah berprestasi di bidang Pramuka dari tingkat daerah, nasional, sampai internasional”, tutup Ka Fajrin.

[zombify_post]

0 0 vote
Article Rating
guest
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email yang Sah
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments