Mengatur Privasi, Linimasa, dan Penandaan Akun Facebook

Mengatur privasi akun Facebook merupakan salah satu cara yang wajib untuk saat ini, karena sudah banyak sekali orang-orang tidak bertanggung jawab yang seenaknya mengambil gambar/foto profil dan mungkin hal lainnya yang merugikan pengguna Facebook lain. Khusus buat kamu yang belum tau fungsi privasi, ikuti semua tutorial ini hingga akhir agar memahami privasi akun Facebook.

Dalam pengaturan privasi, pengguna dapat mengatur banyak sekali privasi sesuai kebutuhan mulai dari siapa yang dapat mengirim pesan, membatasi tampilan kiriman, siapa yang bisa melihat foto, dan banyak lagi. Mengatur privasi akun Facebook dapat dilakukan lewat browser / komputer desktop / laptop / aplikasi Facebook di smartphone (gunakan aplikasi Facebook yang asli untuk mendapatkan fitur lengkap).

Mengatur Privasi Facebook

Sebelum memulai, pastikan kamu menggunakan Facebook bahasa Indonesia jika ingin sama persis dengan tutorial dibawah ini.

Masuk ke akun Facebook yang ingin diatur privasi nya:

  • PC / Laptop
    Masuk ke halaman Pengaturan / Settings (jika menggunakan bahasa Inggris), pilih menu Privasi
  • Facebook App
    Klik toggle menu (garis 3) pilih Pengaturan Akun, pilih Privasi

Sekarang, kamu sudah berada di halaman pengaturan privasi. Disinilah semua privasi bisa diatur sesuai keperluan. Agar tidak membingungkan, saya bagi menjadi 2 tutorial yaitu untuk pengguna deskop dan aplikasi Facebook.

PC / Laptop

Mengatur privasi lewat aplikasi Facebook ? Scroll ke bawah !

gambar 1 cara mengatur privasi facebook - rio bermano

Pada halaman pengaturan privasi, lihat penjelasan berikut ini:

  • Siapa yang dapat melihat kiriman Anda selanjutnya
    Tentukan siapa saja yang dapat melihat kiriman kamu selanjutnya, ketika menetapkan perubahan ini maka akan berdampak pada postingan selanjutnya.

Catatan: Bagian ini tidak akan berdampak untuk postingan/kiriman sebelumnya yang sudah pernah dipublikasi.

Sebetulnya, bagian ini dapat diatur setiap kali kamu akan membuat kiriman.

gambar 2 mengatur privasi facebook yang dapat melihat kiriman saya - rio bermano

Pengaturan ini tersedia beberapa pilihan untuk saat ini yaitu: Publik (siapapun dapat melihat status / kiriman), Teman (hanya teman yang dapat melihat kiriman), Teman kecuali… (teman dapat melihat status kecuali yang dipilih), dan banyak pilihan lainnya yang bisa kamu pilih dengan klik bagian Lebih banyak…

  • Batasi pemirsa untuk postingan yang Anda bagikan dengan Teman dari teman atau Publik
    Pengaturan selanjutnya ini merupakan solusi dari pengaturan diatas, jika ingin membatasi kiriman yang dulu pernah dibuat untuk Teman dari teman atau Publik silahkan klik tombol Batasi Postingan Lama pada pengaturan ini. Kamu yang sedang mencari bagaimana cara membatasi status yang dikirim, sepertinya pengaturan ini sudah menjawab.

Catatan: Kiriman / status lama yang pernah dikirim untuk Teman dari teman dan Publik akan berubah menjadi hanya dibagikan kepada Teman saja. Ini tidak dapat dikembalikan, untuk mengembalikannya menjadi Publik atau Teman dari teman lagi seperti sebelumnya, kamu perlu mengubahnya satu persatu.

  • Siapa yang dapat mengirimkan permintaan kepada Anda
    Ini mungkin menjadi salah satu pengaturan favorit beberapa pengguna Facebook yang tidak ingin menerima banyak permintaan pertemanan. Pengaturan ini bukan melarang melainkan hanya mencoba untuk membatasi, ketika klik Edit pada pengaturan ini, saat ini hanya dapat memilih salah satu dari 2 pilihan yaitu Teman dari teman (seseorang yang berteman dengan salah satu dari teman kamu akan dapat meminta permintaan pertemanan) dan Semua Orang (siapapun dapat meminta permintaan pertemanan).
    Kamu yang sedang mencari bagaimana cara untuk menyembunyikan tombol permintaan pertemanan, sepertinya sudah terjawab oleh pengaturan ini.
  • Siapa dapat melihat daftar pertemanan Anda
    Ini fungsinya untuk menyembunyikan daftar teman dari profil, bawaannya, setiap orang dapat melihat daftar teman. Untuk mengubahnya silahkan klik Edit dan pilih salah satu dari beberapa pilihan yang ada: Publik (siapapun dapat melihat daftar teman), Teman (seseorang yang sudah berteman dengan akun Facebook kamu dapat melihat daftar teman), Hanya Saya (siapapun tidak dapat melihat daftar teman selain kamu sendiri), Khusus (pengaturan khusus untuk bagian ini, ketika memilih Khusus maka akan tampil layar popup untuk mengaturnya).

gambar 3 mengatur privasi facebook menyembunyikan daftar teman - rio bermano

Kamu bisa menggunakan salah satu dari 2 bidang yang disediakan (gunakan yang paling mudah disesuaikan), jika ingin menampilkan daftar teman hanya kepada Teman atau Teman dari teman cukup klik pada kolom diatas (tidak perlu mengetik) maka akan muncul 2 pilihan seperti pada gambar diatas. Jika hanya ingin membagikan kepada beberapa teman, klik dan ketik nama teman Facebook.

Atau pilih kolom yang bawah jika ingin menyembunyikan daftar teman kepada beberapa orang teman saja, klik dan ketik nama teman yang dimaksud.

Jangan lupa untuk klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan perubahan ini. Kamu yang sedang mencari bagaimana cara menyembunyikan daftar teman / friends, sepertinya sudah terjawab oleh bagian ini.

  • Siapa yang dapat mencari Anda menggunakan alamat email yang Anda berikan
    Setiap akun Facebook tentu memiliki alamat email, pada dasarnya semua orang dapat menemukan orang lain di Facebook hanya menggunakan email. Tapi jika akun kamu tidak ingin ditemukan di hasil pencarian menggunakan email, silahkan edit dibagian ini.
  • Siapa yang dapat menemukan Anda menggunakan nomor telepon yang Anda berikan
    Jika mendaftar menggunakan nomor telepon atau memang menambahkan nomor telepon ke profil maka siapapun dapat menemukan akun yang memeiliki nomor telepon tersebut. Tapi jika kamu tidak ingin ditemukan menggunakan nomor telepon, silahkan edit disini.
  • Anda ingin mesin pencari di luar Facebook terhubung dengan profil Anda
    Penjelasan mengenai bagian ini pernah saya jelaskan di tutorial sebelumnya tentang cara menyembunyikan akun Facebook dari mesin pencari. Pada dasarnya, setiap akun Facebook dapat muncul di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Jika akun kamu tidak ingin muncul di hasil pencarian mesin pencari di luar Facebook, lihat tutorial cara menyembunyikan akun Facebook dari mesin pencari.

Itulah pengaturan privasi yang tersedia saat ini. Tidak hanya itu, kali ini saya akan menjelaskan juga tentang mengatur linimasa dan penandaan. Klik menu Linimasa dan Penandaan pada menu disamping tepat dibawah menu Privasi.

  • Siapa yang dapat memposting di linimasa Anda
    Mungkin masih ada beberapa akun Facebook yang membolehkan orang lain untuk mengirim status / kiriman di wall / dindingnya, jika kamu tidak menginginkan itu, silahkan edit dis bagian ini.
    Kamu yang sedang mencari bagaimana cara melarang orang lain mengirim postingan di profil kamu, sepertinya bagian ini sudah menajwab.
  • Siapa yang dapat melihat postingan di linimasa Anda
    Ini berkaitan dengan pengaturan privasi diatas mengenai kiriman / status, tapi ini lebih mendalam lagi. Kamu dapat mengatur bagian ini ke Hanya Saya jika tidak ingin seorangpun melihat kiriman yang pernah kamu buat sebelumnya.
  • Siapa yang dapat melihat postingan yang menandai Anda di linimasa Anda
    Ini mungkin jadi masalah beberapa pengguna Facebook, karena ketika ditag atau ditandai oleh orang lain biasanya kiriman tersebut juga tampil di profil kamu. Kalo di tag yang jorok-jorok kan bikin malu, sebaiknya kamu atur disini sekarang juga.
  • Tinjau postingan yang menandai Anda sebelum postingan itu muncul di linimasa ?
    Ini berkaitan dengan pengaturan diatas, yang ini lebih mantap lagi. Setiap orang yang menandai akun Facebook kamu di sebuah kiriman, itu tidak akan dinyatakan sebagai “tanda” melainkan perlu di tinjau alias review terlebih dahulu di log aktivitas.
    Kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa seseorang telah menandai profil kamu pada sebuah kiriman, tapi kamu dapat menentukan apakah kiriman itu ingin ditampilkan di linimasa atau disembunyikan. Bahkan kamu bisa dengan mudah menghapus tanda dari kiriman tersebut.
  • Tinjau tanda yang ditambahkan orang ke postingan Anda sebelum tanda muncul di Facebook
    Seperti yang kita ketahui, sekarang pengguna Facebook dapat menandai siapapun di kiriman orang lain walaupun yang menandainya itu bukan pemilik kiriman. Kamu dapat mengatur sebagai ditinjau terlebih dahulu jika ada orang lain yang menambahkan tag / tanda pada kiriman yang kamu posting. Tanda itu tidak akan tampil kepada siapapun jika kamu belum menyetujuinya.

Itulah pengaturan Privasi, Tag dan Linimasa Facebook yang dapat diatur (mungkin akan berubah sesuai pembaruan dari Facebook) yang dapat kamu sesuaikan sesuai selera. Untuk melihat dampak dari ini, silahkan klik Lihat sebagai (pada menu Linimasa dan Penandaan) untuk melihat profil Facebook sebagai orang lain. Jika masih ada yang kurang, kembali lagi ke pengaturan privasi dan linimasa, sesuaikan sampai puas !

Sekarang, mari lanjutkan ke pengaturan privasi, tag, dan linimasa melalui aplikasi Facebook di smartphone.

Facebook App

Mengatur privasi lewat PC/ Laptop ? Scroll ke atas !

gambar 4 cara mengatur privasi facebook di hp - rio bermano

Pilih Pengaturan Akun > pilih Privasi, saat ini terdapat 3 menu cepat paling atas yang dapat dipilih dan disesuaikan. Tapi saya akan menjelaskan langsung ke bagian “Aktivitas Anda“.

  • Siapa yang bisa melihat postingan Anda selanjutnya
    Klik bagian ini untuk mengatur kepada siapa kamu ingin membagikan status. Pada aplikasi Facebook di smartphone tidak dapat mengatur apa-apa dibagian ini melainkan langsung saja ke status atau klik Coba Sekarang.
    Ketika akan membuat status / kiriman, dibagian bawah nama akan tampil pengaturan privasi untuk kiriman tersebut misalnya Publik (siapapun dapat melihat kiriman), Teman (hanya teman yang dapat melihat kiriman tersebut), dan pilihan lainnya yang dapat disesuaikan.
  • Batasi siapa yang dapat melihat kiriman lama
    Bagian ini untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat kiriman Publik dan Teman dari teman yang dulu pernah kamu kirim, kiriman yang dibagikan ke Publik dan Teman dari teman yang dulu pernah dibuat akan dibatasi menjadi Teman jika kamu menekan Batasi Postingan Lama di bagian ini.
  • Siapa yang dapat melihat orang, Halaman, dan daftar orang atau Halaman yang Anda ikuti ?
    Ini akan menjawab pertanyaan kamu yang sedang mencari bagaimana cara menyembunyikan daftar teman Facebook, ini juga termasuk menyembunyikan daftar halaman / orang yang kamu ikuti. Atur menjadi Hanya Saya jika ingin menyembunyikan dan tidak dapat dilihat oleh siapapun.
  • Siapa yang dapat mengirimkan permintaan pertemanan kepada Anda
    Ini akan membantu kamu yang sedang mencari cara untuk menghilangkan tombol add friends / tambah teman agar tidak semua orang dapat meminta pertemanan, silahkan pilih Semua Orang (siapapun dapat meminta pertemanan) atau Teman dari teman (hanya seseorang yang berteman dengan salah satu teman FB kamu yang dapat mengirim permintaan pertemanan).
  • Siapa yang bisa melihat daftar teman Anda
    Daftar teman secara bawaan akan tampil di profil kamu, tapi dap[at disembunyikan atau disesuaikan ingin ditampilkan kepada siapa atau hanya ingin disembunyikan kepada orang-orang tertentu, semua dapat diatur dibagian ini.
  • Siapa yang dapat mencari Anda menggunakan alamat email yang Anda berikan
    Setiap akun pasti memiliki alamat email dan dapat dicari berdasarkan email tersebut atau berdasarkan email yang dicantumkan pada profilnya, ini dapat disesuaikan jika kamu tidak ingin orang yang tidak dikenal mencari profil kamu dengan alamat email.
  • Siapa yang dapat mencari Anda menggunakan nomor telepon yang Anda berikan
    Ini sama halnya dengan email, sesuaikan siapa saja yang dapat mencari profil kamu menggunakan nomor telepon yang dicantumkan pada profil.
  • Anda ingin mesin pencari di luar Facebook terhubung dengan profil Anda ?
    Biasanya, ketika mencari nama seseorang di mesin pencari misalnya Google, akan ada link ke profil Facebook dari nama tersebut. Bisa jadi, ketika mencari nama kamu di mesin pencari di luar Facebook juga akan menampilkan link ke profil FB kamu. Jika tidak menginginkan hal itu, silahkan atur dibagian ini. Jangan izinkan mesin pencari di luar Facebook untuk mengaitkan profil kamu.

Itulah pengaturan privasi yang dapat disesuaikan untuk akun Facebook. Mari lanjutkan ke pengaturan Linimasa dan Penandaan. Pada halaman Pengaturan Akun, pilih Linimasa dan Penandaan (tepat dibawah Privasi).

  • Siapa yang dapat memposting di linimasa Anda ?
    Beberapa pengguna Facebook biasanya tidak ingin menerima kiriman dari orang lain di dindingnya, ini dapat di nonaktifkan dari bagian ini. Atur menjadi Hanya Saya maka tidak ada seorangpun yang dapat menulis di dinding profil FB kamu, pilih Teman jika mengizinkan teman untuk mengirim kiriman di dinding profil FB kamu.
  • Siapa yang bisa melihat postingan di linimasa Anda
    Sesuaikan disini siapa saja yang diizinkan melihat postingan di dinding profil Facebook kamu.
  • Siapa yang bisa melihat postingan yang menandai Anda di linimasa Anda
    Ketika kamu di tag / ditandai pada kiriman teman atau orang lain, dan jika ditampilkan di linimasa kamu, siapa saja yang dapat melihat kiriman tersebut ?
  • Ketika Anda ditandai di postingan, siapa yang ingin An da tambahkan ke pemirsa postingan mereka tidak dapat melihatnya ?
    Misalnya kamu ditandai pada postingan seseorang dan ditampilkan di dinding profil kamu, lalu beberapa teman kamu tidak dapat melihat kiriman tersebut karena alesan apapun. Apakah orang tersebut ingin kamu tandai pada postingan agar dapat melihat ?
  • Tinjau tanda yang ditambahkan orang ke postingan Anda sebelum tanda muncul di Facebook ?
    Jika fitur ini dinyalakan, setiap kalii orang lain menandai profil FB kamu, maka akan di tinjau terlebih dahulu (kamu akan mendapatkan pemberitahuan) dan tanda itu belum tampil pada kiriman jika belum disetujui. Kamu dapat menolak atau menyetujuinya.
  • Tinjau postingan yang menandai Anda sebelum postingan itu muncul di linimasa ?
    Sedikit mirip dengan yang diatas, tapi ini adalah pengaturan apakah kiriman yang didalamnya ditandai profil FB kamu ingin di tampilkan di timeline profil FB kamu ? Kamu dapat tetap ditandai pada kiriman tersebut namun kiriman tersebut tidak tampil di profil. Sesuaikan di pengaturan ini.

Itulah pengaturan privasi, tag dan linimasa Facebook (dapat diatur melalui desktop atau aplikasi FB di HP) saat ini, semuanya lengkap dijelaskan pada postingan ini (privasi, linimasa dan penandaan). Pengaturan-pengaturan ini bisa saja berubah, tergantung pembaruan dari pihak Facebook.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi