Rekam Suara Menggunakan Aplikasi Default Microsoft Windows

Tidak PErlu Install Aplikasi

Secara default, Microsoft Windows menyediakan aplikasi bawaan untuk merekam suara yaitu Sound Recorder. Bisa kita gunakan untuk merekam suara, misalnya mau test mic baru bisa kita gunakan aplikasi ini daripada harus buka aplikasi aplikasi eksternal, jadi bisa lebih cepat menggunakan aplikasi default Windows ini.

Tapi ada syaratnya untuk menggunakan aplikasi default ini, yaitu: Sound Card sesuai dengan Windows yang digunakan, speaker dan tentu mic untuk merekam suara. Selain mic juga bisa misalnya line-in atau audio input lain.

Klik ikon Windows (Start Menu) di ujung bar komputer, kemudan pada kolom search dibawah silahkan masukkan kata kunci “Sound Recorder” maka akan muncul aplikasi nya dengan ikon mikrofon.

Kalo muncul aplikasinya tinggal klik kiri 1x, maka akan terbuka di layar desktop. Klik tombol bulat merah yang ada tulisan “Start Recording” pada aplikasi tersebut untuk memulai merekam. Dan kalo muncul deteksi suara yang warna hijau itu artinya suara berhasil terdeteksi oleh komputer.

Warna hijau itu gerak-gerak tergantung suara yang terdeteksi, semakin besar suaranya semakin jauh lompatan si hijau itu ke arah kanan. Untuk berhenti merekam klik tombol “Stop” (tombol ini muncul saat perekaman dilakukan) atau bisa juga di pause dengan klik tombol “Pause” *tombol ini muncul saat perekaman berlangsung).

Cara ini bisa kalian lakukan untuk tutorial, test mic baru, dan banyak lagi. Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara record audio tanpa aplikasi.

Setelah selesai, bakal muncul popup windows untuk menyimpan file hasil rekaman tadi. Setelah disimpan, tinggal cari file yang di save nya dan mainkan. Berhasil!

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi