Review Social Locker Plugin WordPress

Pada artikel kali ini saya akan mengulas plugin WordPress yang terkenal dengan konfigurasi media sosial dan email subscribe nya yang diterapkan sebagai pengunci pada konten / pos WordPress. Plugin ini diberi nama Social Locker, dari namanya pasti sudah tahu apa fungsi plugin ini tapi mari kita bahas lebih rinci lagi.

Apa Itu Social Locker ?

Social Locker merupakan plugin WordPress yang bekerja untuk memberikan layanan peningkatan eksistensi akun media sosial, dengan plugin ini kita bisa mendapatkan banyak sekali Suka / Langganan / Follower dari cara mengunci konten dan menyediakan media sosial sebagai pembuka kunci. Plugin ini dibuat oleh OnePress.

Bagaimana Cara Kerja Social Locker ?

Plugin ini memungkinkan penggunanya untuk mengunci konten / pos WordPress dan perlu melakukan tindakan media sosial yang ditampilkan untuk membuka konten tersebut misalnya menyukai halaman Facebook dengan menekan tombol Suka / Like, menekan tombol Tweet ke Twitter, menekan tombol SubScribe channel YouTube dan banyak lagi media sosial lainnya yang disediakan.

Dengan melakukan tindakan pada media sosial, maka konten akan terbuka dan siap untuk dibaca. Adapun tombol-tombol media sosial yang disediakan tergantung bagaimana pengguna Social Locker mengaturnya di dasbor.

Jadi, bisa kita sebut plugin ini memaksa pengunjung blog membayar dengan tindakan sosial media untuk membaca konten karena plugin ini akan menutup konten dengan pengunci yang menampilkan tombol-tombol media sosial.

Cara pakainya pun sangat mudah, cukup menerapkan shortcode pembuka dan shortcode penutup diantara konten yang akan dikunci. Maka konten tersebut akan ditutup dengan tombol-tombol media sosial.

Overlap Mode

Sebagai pengunci konten tentu harus memiliki mode overlap yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna, plugin ini terbilang unik dan paling menarik dari plugin-plugin gratis serupa lainnya. Mode Overlap pengunci konten yang disediakan plugin ini cukup beragam dan terlihat menarik.

Mode Overlap yang diberikan plugin ini ada yang gratis dan ada yang berbayar. Berikut ini 3 daftar mode overlap yang diberikan oleh Social Locker Plugin:

  1. Full (Classic, Gratis)
    Desain ini akan mengunci keseluruhan konten (menutup semua konten yang ada didalam shortcode) dan hanya menampilkan tombol-tombol media sosial sebagai pembuka kunci tersebut. (lihat gambar)
  2. Transparency (gratis)
    Desain ini akan mengunci konten tapi tetap menampilkan isi dari konten tersebut dengan keadaan layer transparant (tidak begitu jelas terbaca oleh pengunjung) dan menampilkan tombol-tombol media sosial sebagai pembuka kunci agar konten tersebut dapat terbaca dengan jelas seperti biasanya. (lihat gambar)
    Dengan desain ini, pengunjung yang memaksakan diri untuk membaca masih bisa membaca beberapa potongan kalimat namun tidak dapat melihat dengan jelas dan tidak dapat mengklik gambar / link jika pada konten ini mengandung link untuk di klik.
    Desain ini pun memiliki fitur tambahan lain yaitu pengaturan penempatan tombol-tombol pengunci, dapat diatur sebagai Top Position yang artinya pengunci ini akan diam dibagian atas pos walaupun pengunjung scroll kebawah, Middle Position yang artinya pengunci ini akan diam dibagian tengah pos walaupun pengunjung scroll kebawah atau keatas, Scrolling yang artinya akan mengikuti scroll kemanapun pengunjung scroll pada konten ini.
  3. Blurring (Premium)
    Desain ini akan mengunci konten hampir mirip dengan transparan diatas masih menampilkan isi konten tapi dengan layer ngeblur. Dengan efek blur ini tentu pembaca tidak dapat membaca tapi hanya dapat meninjau seberapa panjang konten ini. Pada Blurring ini juga terdapat fitur tambahan seperti Top Position, Middle Position dan Scrolling. (lihat gambar)

Pengaturan Dasar

Terdapat pengaturan dasar dalam pembuatannya yang mana pengaturan dasar ini meliputi Locker Header, Locker Message, Tema, Opsi MedSos dan Overlap Mode.

  • Locker Header merupakan judul / header dari pengunci tersebut seperti yang ada pada gambar diatas Konten Terkunci. Pengguna dapat mengatur tulisan tersebut sesuai keinginan.
  • Locker Message merupakan pesan / body message yang biasanya diisi dengan keterangan kenapa konten tersebut terkunci seperti yang ada pada contoh gambar diatas.
  • Tema merupakan tema utama yang dapat digunakan pada desain tampilan pengunci.
  • Opsi MedSos adalah pilihan media sosial yang akan digunakan sebagai pembuka kunci.
  • Overlap Mode adalah cara verlap yang dilakukan si pengunci seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Pada pengaturan dasar ini juga tersedia shortcode yang dapat digunakan didalam pesan atau header locker seperti [post_title] untuk menampilkan judul pos dan [post_url] untuk menampilkan link pos tersebut.

Opsi MedSos / Social Options

Adalah daftar media sosial yang laris didunia dan dapat ditentukan mana saja yang ingin digunakan sebagai pembuka kunci. Sosial media ini ada yang gratis dan ada juga berbayar:

[fusion_table]

Fitur MedSos Keterangan
Facebook Like Gratis
Google Plus +1 Gratis
Twitter Tweet Gratis
Facebook Share Premium
Twitter Follow Premium
Google Plus Share Premium
YouTube SubScribe Premium
LinkedIn Share Premium

[/fusion_table]

Kalian dapat mengatur beberapa media sosial sekaligus agar pembaca dapat memilih media sosial yang mereka sukai.

Tema

Pada plugin ini pun terdapat beberapa pilihan tema yang dapat digunakan sesuai selera pengguna, tema plugin ini ada yang berbayar dan ada yang gratis. Berikut ini daftar dan contoh tema yang disediakan saat ini:

  1. Starter (gratis)
    Tema ini menampilkan tombol-tombol media sosial dengan desain flat bawaan. (lihat gambar)
  2. Secret (Gratis)
    Tema ini menampilkan papan tombol yang perlu disentuh (desktop) atau di klik (smartphone) untuk membuka papan tersebut seperti laci dan menampilkan media sosial didalamnya. (lihat gambar)
  3. Dandyish (Premium)
    Tema ini menampilkan tombol seperti layaknya plugin-plugin kompetitor dengan desain warna-warni sebagai border background. (lihat gambar)
  4. Glass (Premium)
    Sesuai namanya, tema ini menyerupai kaca pada desain sisi / samping media sosial dan background. (lihat gambar)
  5. Flat (Premium)
    Tema ini menampilkan tombol besar dan temabl dengan bayangan dibagian bawahnya. (lihat gambar)

Masing-masing tema dapat menampilkan jumlah / angka, jika tidak ingin ditampilkan jumlah / angka bisa disembunyikan di pengaturan Social Options.

Pengguna Aktif

Plugin ini memiliki 20.000+ lebih pengguna aktif (gratis) di direktori WordPress dan penjualan premiumnya sudah hampir mencapai 10.000 pembeli saat ini.

Sistem

Sistem kerja plugin ini dapat saya konfirmasikan bagus sekali, plugin ini tidak merusak hasil pencarian konten kalian di search engine walaupun konten terkunci.

Untuk sistem pengunci nya pun luar biasa keren karena tidak dapat ditipu, biasanya pengunjung hanya akan mengklik tombol Share tapi tidak benar-benar di share melainkan hanya menutupnya kembali. Jika seperti itu, kunci akan tetap terkunci sampai pengunjung benar-benar melakukan tindakan yang sah.

Login Sistem

Plugin ini tidak hanya menyediakan like / share / follow saja, social loker juga dapat digunakan untuk login / daftar ketika ingin membuka konten. Kalian dapat mengatur ini diawal pembuatan locker. Namun pada versi terbaru, untuk menggunakan login ini memerlukan bantuan plugin tambahan yaitu BizPanda yang akan otomatis terpasang jika kalian menggunakan sistem login.

Kesimpulan

Review ini dibuat ketika plugin free versi 4.3.7 dan premium versi 4.3.7, suatu hari bisa saja terdapat perbedaan antara kenyataan dan penjelasan pada artikel ini. Please keep in mind, pembaruan dapat dilakukan kapan saja dan kemungkinan penambahan atau pengurangan fitur pada plugin bisa saja terjadi. Itu semua tergantung pada pembuat plugin.

Selain mengunci pos, plugin ini juga dapat digunakan untuk mengunci link download seperti kebanyakan sotis download. Jadi, kalian dapat membuat pengunjung nge – like / share / follow terlebih dahulu sebelum melihat link download.

Tertarik menggunakan plugin ini ?

Download Plugin (Gratis) | Live Demo | Lihat Premium

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi