Manajemen Akun & Profil Bitly

Bitly, Kaya Akan Sumber Daya & Fitur. Banyak Orang Tidak Mengetahui Ini

Baik pengguna PC/laptop ataupun aplikasi smarpthone, tapi hal ini belum diketahui banyak pengguna bukan karena keberadaannya yang tersembunyi melainkan karena fungsinya yang kurang diminati. Secara, isinya cuma gitu-gitu aja, tapi lumayan berguna untuk mengembangkan / upgrade layanan akun.

Ketika masuk ke menu yang ada di dalam toggle menu akan melihat beberapa opsi yaitu Settings, Resources, dan Sign Out. Pada beberapa kesempatan akan tampil PRO TIP dari Bitly mengenai pelacakan real-time dan trending di Bitly dalam 1 bulan kebelakang. Jika setiap opsi itu dibuka satu persatu maka akan terlihat isi didalamnya, diantaranya:

Settings

Ketika membuka opsi Settings akan menampilkan 3 opsi didalmnya yaitu Social Sharing, Domain Default, dan Advanced Settings.

  • Social Sharing
    Ini adalah tentang menghubungkan akun Bitly ke media sosial yang tersedia, nantinya akan membantu pengguna mempermudah dalam hal berbagi (sharing).
  • Domain Default
    Pada bagian ini akan menampilkan daftar domain yang telah didaftarkan dan domain yang disediakan oleh Bitly, pengguna dapat memilih domain mana yang ingin dijadikan sebagai default (bawaan).
  • Advanced Settings
    Namanya aja pengaturan lanjutan, ini disediakan untuk para pengembang. Jadi, pastikan kamu tau apa yang kamu lakukan di bagian ini.

Resources

Sesuai dengan namanya, ini menampilkan sumber-sumber Bitly dan tips bermanfaat bagi para penggunanya termasuk kebijakan privasi ada didalamnya. Ini benar-benar sumber yang bermanfaat dan menambah wawasan dalam menggunakan layanan Bitly, saya gak tau kenapa banyak orang mengabaikan ini.

Manajemen Akun

Selain menu-menu yang dijelaskan diatas, pengguna juga dapat mengelola akunnya di halaman Management. Untuk menuju kesini, cukup dengan klik nama yang tampil pada menu diatas kemudian pilih Manage. Didalamnya terdapat beberapa konten yang dibagi ke dalam beberapa submenu:

  • Account Details
    Ini merupakan rincian akun Bitly, disini akan menampilkan semua rincian mengenai akun yang bersangkutan mulai dari jenisnya sampa total link. Jika gratis, maka akan ditampilkan disini bahwa akun tersebut adalah basic account/free account. Akan ditunjukkan juga kapan mulai membuat akun Bitly (bergabung), dan menunjukkan penggunaan link. Misalnya sudah membuat berapa link setiap bulannya termasuk Branded Bitlinks.
  • Branded Short Domain
    Menampilkan semua short domain (domain pendek) yang sudah pernah dibuat, ini dilakukan jika tidak ingin menggunakan domain bawaan Bitly yaitu bit.ly. Belum punya branded domain ? Lihat : Cara Membuat Bitly Branded Short Domain.
  • Users, Groups, dan Mobile Apps
    Selanjutnya adalah 3 fitur premium yang disediakan Bitly untuk mengelola pengguna, grup, dan aplikasi smartphone.

Sepertinya itu saja yang bisa kita bagikan tentang profil dan pengelola akun Bitly, bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengetahui cara menggunakan layanan Bitly lebih jauh lagi.

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...