Cara Menghitung Persentase dan Mencari Nilai Akhir dari Persentase yang Ditentukan Secara Otomatis di Excel

0

Terdapat 2 tujuan dalam melakukan perhitungan persentase atau persen yaitu untuk mengetahui persentasi suatu nilai dan untuk mengetahui persentasi dari suatu perhitungan.

Rumus Persentase Excel

Contoh: Kamu ingin mengetahui persen jumlah kursi dari kelas 1 sampai kelas 3 di sekolah dan kamu ingin mengetahui berapakah nilai dari gaji setelah dikurangi 5%. Itu adalah tujuan umum dari rumus persentasi di Excel, mana yang sedang kamu cari? Temukan jawabannya di bawah!

Rumus Persentase Perbandingan / Perbedaan

Anggaplah kamu memiliki data seperti gambar di bawah ini:

Dalam perhitungan matematika, untuk mengetahui persentase kursi setiap kelas adalah kolom Total Kursi setiap kelas dibagi cell Jumlah dikali 100%. Begini cara mempraktekannya di Excel:

  • Klik cell dimana nanti kamu ingin menampilkan jumlah perhitungan
  • Ketik tanda sama dengan (=)
  • Klik cell yang menjadi nilai utama, pada tutorial ini kita akan menghitung yang Kelas 1, maka klik cell B2
  • Ketik tanda garis miring (/)
  • Klik pada nilai yang dijadikan sebagai pembagi, pada tutorial ini baris Jumlah adalah sebagai nilai pembagi, maka klik cell B5
  • Ketik tanda bintang atau asterik (*) dan diikuti dengan 100%
  • Tekan ENTER pada keyboard
matematika rumus persen excel

Maka muncul hasilnya di cell yang tadi kamu klik pertama kali dan secara otomatis cell tersebut telah ditetapkan rumus persentase yang tadi kamu lakukan. Maka ketika kamu mengubah nilai pada Kelas 1 akan secara otomatis mengubah nilai persentase pada cell ini.

Lakukan hal yang sama untuk mengetahui persentase dari semua kelas dan kamu akan mengetahui persentase paling besar adalah Kelas 1 pada tutorial ini. Rumus persentase ini bisa kamu gunakan di perhitungan persentase lainnya sesuai data yang kamu miliki.

Mencari Hasil Akhir (Persentasenya Sudah Ditentukan)

Selanjutnya, bagaimana jika ingin mencari hasil akhir dari nilai yang sudah ditentukan persentasenya (baik penjumlahan maupun pengurangan)? Kita akan contohkan seputar gaji, anggaplah kamu memiliki data seperti ini:

mencari jumlah dari persentase excel

Dalam rumus matematika, untuk mengetahuinya adalah dengan cara mengetahui dulu berapa nilai persen dari nilai aslinya kemudian dikurangi nilai aslinya lagi. Begini cara mempraktekannya di Excel:

  1. Klik pada cell dimana nanti kamu ingin menampilkan hasil akhir
  2. Ketik tanda sama dengan (=)
  3. Klik pada nilai persentase bersangkutan, pada tutorial ini kita coba dari yang paling atas maka klik cell C2
  4. Ketik tanda bintang atau asterik (*)
  5. Klik pada nilai utamanya, pada tutorial ini berarti kita klik cell B2
  6. Ketik tanda garis miring (/)
  7. Ketik 100%
  8. Ketik tanda kurang ()
  9. Klik pada cell nilai utama yaitu cell B2 (nilai yang kamu pilih pada step 5)
  10. Tekan ENTER pada keyboard
mencari hasil akhir setelah dikurangi persen pada excel

Akan muncul hasilnya di cell yang pertama kali kamu klik ketika memulai rumus persentase ini dan secara otomatis cell tersebut diterapkan rumus persentase ini. Jika kamu mengubah nilai pada cell B2 dan B5 maka secara otomatis nilai pada kolom Jumlah akan ikut berubah.

Jika terjadi error, ulangi lagi langkah-langkah di atas dengan santuy dan hati-hati. Jika kamu yakin sudah mengikuti tutorial di atas tapi masih muncul error, cobalah untuk mengubah format cell. Pada tutorial ini, kita menggunakan format Number (perseribu) untuk kolom Gaji Perbulan dan menggunakan format Percentage untuk kolom Dikurangi Keperluan Lainnya.

Persentase Otomatis

Setelah berhasil melakukan perhitungan persentase pada baris pertama seperti di atas, selanjutnya kamu tidak perlu mengulang-ulang rumus tapi cukup dengan klik pada cell yang telah diterapkan rumus tadi kemudian tarik ujung kanan bawah sampai ke cell berikutnya. Atau cukup dengan 2x klik pada ujung kanan bawah cell yang sudah diterapkan rumus tadi maka secara otomatis akan terisi rumus yang sama.

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya