Saingi Clubhouse, Twitter Luncurkan Twitter Spaces

0

Twitter juga berjanji akan segera merampungkan versi terbaru dari aplikasi ini agar seluruh pengguna Android di seluruh dunia.

Baru-baru ini, jagat dunia maya dikejutkan dengan kedatangan aplikasi media sosial baru, aplikasi itu bernama Clubhouse. Sayangnya saat ini hanya pengguna dengan sistem OS iOS yang bisa menggunakan aplikasi ini. Lalu bagaimana dengan pengguna sistem OS Android, apakah ada aplikasi yang sejenis dengan Clubhouse di Android? Pertanyaan itu kini dijawab oleh Twitter, sebab Twitter resmi luncurkan Twitter Spaces, sebagai saingan Clubhouse yang tidak hanya bisa digunakan pengguna iOS saja, melainkan pengguna Android juga bisa menggunakan aplikasi ini.

Sebelumnya pada Desember 2020 lalu, Twitter baru meluncurkan Twitter Spaces versi beta untuk pengguna iOS. Pengguna Android saat ini hanya bisa terlibat dalam percakapan Spaces, belum bisa membuka ruang obrolan sendiri. Namun, Twitter berjanji akan memberikan update secepatnya untuk pengguna Android agar bisa menikmati Spaces ini sepenuhnya.

Ada perbedaan mendasar antara Clubhouse dengan Twitter Spaces, yakni keleluasaan pengguna. Jika pada Clubhouse, pengguna baru bisa ikut mendengar dan berbicara jika mereka diundang oleh pemilik ruang obrolan. Sementara di Twitter Spaces, tanpa diundang pengguna lain bisa ikut mendengar, tetapi yang berbicara hanya untuk mereka yang diundang oleh pemilik ruang obrolan.

Peluncuran Twitter Spaces untuk Android oleh Twitter dinilai tepat, karena sampai saat ini Clubhouse belum meluncurkan aplikasinya ke versi Android, dengan begitu di Android, Twitter Spaces belum ada saingannya hingga nanti akhirnya Clubhouse resmi meluncurkan versi Androidnya atau ada aplikasi sejenis lainnya.

Aplikasi Spaces ini dikenalkan Twitter sebagai pengganti Periscope yang mulai Maret 2021 akan berhenti beroperasi. Bagi yang belum tahu, Periscope adalah aplikasi streaming siaran langsung milik Twitter. Namun, semakin kesini pengguna Periscope sudah mulai berkurang sebab kalah bersaing dengan aplikasi streaming lainnya seperti Instagram Live, YouTube Live, dan Twitch. Maka dari itu, Twitter mengambil keputusan untuk menarik Periscope dan menggantinya dengan Spaces.

Untuk saat ini, Twitter Spaces memberikan tiga opsi siaran yang bisa dicoba oleh pengguna, yakni siaran publik secara umum, siaran dengan orang yang anda ikuti akun Twitternya, dan siaran dengan orang tertentu yang bisa undang melalui fitur Direct Message (DM), atau lewat tweet, atau dimunculkan lewat fitur Fleets yang terletak di sisi atas beranda. Untuk sementara, Spaces hanya bisa memungkinkan 10 orang untuk bisa berbicara pada saat yang bersamaan.

Namun, untuk pengguna Android di Indonesia masih harus bersabar untuk menggunakan Twitter Spaces ini, sebab untuk saat ini hanya pengguna Android di India yang bisa menggunakan Twitter Spaces ini. Dan Twitter juga berjanji akan segera merampungkan versi terbaru dari aplikasi ini agar seluruh pengguna Android di seluruh dunia bisa menggunakan aplikasi ruang obrolan berbasis audio versi “si burung biru” ini.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya