Sarana Olahraga Santri Pondok Modern Assalam Sukabumi

0

Pondok Modern Assalam memandang bahwa kondisi jasmani seluruh santri harus senantiasa dipelihara guna terbentuknya pola pikir yang sehat dan badan yang kuat.

Al Aqlus Salim Fil Jismis Salim
(Akal yang Sehat terdapat pada Badan yang Sehat)

Pola pikir yang sehat sangat diperlukan oleh semua lapisan masyarakat dalam membentuk pola kehidupan yang baik. Pola pikir seseorang tergantung kepada faktor-faktor ekstern yang meliputi lingkungan, intelektualitas, aktivitas, dll, juga faktor intern yang meliputi kondisi jasmani.

Pondok Modern Assalam Sukabumi memandang perlu bahwa kondisi jasmani seluruh santri harus senantiasa dipelihara guna terbentuknya pola pikir yang sehat dalam menyempurnakan proses pendidikan serta pembelajaran selama tinggal di Pondok. Maka dari itu, sudah menjadi tugas Pondok Modern Assalam untuk menyediakan aktivitas-aktivitas olahraga beserta sarana dan prasarananya guna mengayomi kebutuhan jasmani seluruh santri.

Tidak hanya bersandar atas perlunya pembentukan pola pikir sehat, begitu juga demi menunjang stabilitas emosional yang telah disebutkan di atas, Pondok Modern Assalam Sukabumi juga menyediakan wadah olahraga tersebut sebagai destinasi para santri yang ingin menyalurkan hobi dan keterampilan di lingkungan olah raga.

Sebagai hasilnya, para santri tersebut telah banyak mendapat prestasi dari berbagai macam kompetisi baik regional maupun nasional dalam Pekan Olahraga Seni (PORSENI). Sehingga prospek dakwah yang dikembangkan di Pondok Modern Assalam Sukabumi sangat seimbang karena menitikberatkan kepada kualitas rohani tanpa meninggalkan kualitas jasmani.

Olahraga merupakan proses sistematik berupa segala kegiatan yang dapat mendorong mengembangkan dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan/pertandingan.

Namun, Olahraga di Pondok Modern Assalam pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, di Pondok Modern Assalam pelaksanaan kegiatan olahraga harus diarahkan sesuai visi, misi, dan tujuannya.

Adapun tujuan dari olahraga tersebut adalah selain mengembangkan kesehatan jasmani, olahraga juga mampu mengembangkan keterampilan berfikir kritis, stabilitas emosional dan keterampilan sosial. Maka, dengan kemampuan seperti inilah para santri bisa melakukan sebuah kegiatan olahraga dengan teratur dan sportif.

Sportifitas yang ditumbuh kembangkan di area aktivitas olahraga Pondok Modern Assalam adalah sebuah nilai yang sangat dijunjung tinggi sebagai hasil nyata dari proses aktivitas olahraga tersebut. Bukti aplikatifnya dapat dilihat dari tingkat molaritas kejujuran dan aspek sosial para santri di tengah kehidupan masyarakat.

Sehingga tidak heran Pondok Modern Assalam Sukabumi sangat mementingkan metode tarbiyah melalui aktivitas olahraga ini sebagai salah satu aspek pokok demi menjalankan roda pendidikan Pondok dengan sempurna.

Olahraga di Pondok Modern Assalam Sukabumi merupakan salah satu strategi yang sangat jitu agar para santrinya betah tingal di asrama, oleh karena itu Pondok Modern Assalam berusaha untuk selalu memaksimalkan pengadaan sarana olahraga dan disertai dengan para pelatih yang berkualitas. Perlu kita ketahui bersama bahwa Pondok Modern Assalam selalu mengikuti kegiatan pertandingan-pertandingan olahraga di berbagai macam cabang yang diselenggarakan baik di tingkat sekolah, daerah, maupun kabupaten.

Dari semua penjelasan di atas, hanyalah mitos bila terdapat sebagian kalangan yang mengemukakan bahwa Pondok Pesantren hanya mementingkan urgensi dakwah dan tidak menaruh perhatian kepada kondisi jasmani para santrinya. Buktinya banyak Pondok Pesantren, khususnya Pondok Modern Assalam Sukabumi telah menyediakan sarana olah raga demi memenuhi kebutuhan pendidikan para santri. Sehingga seluruh wali santri tidak perlu mengkhawatirkan kebutuhan jasmani putra-putrinya, karena Pondok Modern Assalam sudah dengan siap melayani kebutuhan tersebut.

Olahraga di PM Assalam

Cabang-cabang olahraga yang ada di Pondok Modern Assalam Sukabumi adalah sebagai berikut:

  1. Sepak Bola
  2. Bola Basket
  3. Bola Voli
  4. Badminton
  5. Tennis Meja
  6. Silat
  7. Senam Santri, DLL

[zombify_post]

Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya