Seberapa Penting Sarung Tangan Bagi Pengendara Motor? Apa Saja Jenis Sarung Tangan Motor? Simak Disini!

Defini sarung tangan itu sendiri adalah sejenis bagian pakaian yang melindungi atau menutupi tangan, baik sebagian ataupun keseluruhan tangan. Sarung tangan dapat melindungi pemakai sarung tangan dari pengaruh lingkungan di sekitarnya. Tetapi yang kita akan bahas saat ini adalah sarung tangan bagi para pengendara sepeda motor yang sering kita lihat di jalanan. Banyak sekali pengendara motor yang mengenakan sarung tangan, di artikel ini kita akan membahas tentang seberapa pentingnya sarung tangan bagi pengendara bermotor.

Setiap kendaraan pasti memiliki ‘safety gear’ masing-masing, pada sepeda motor terdapat beberapa perlengkapan ‘safety gear’ yang harus digunakan saat berkendara seperti helm, jaket, sepatu, dan yang sering dianggap sepele oleh para pengendara adalah sarung tangan. Di Indonesia sendiri kesadaran akan keselamatan berkendara masih terbilang “kurang”. Pasalnya, banyak sekali pengendara yang masih saja melanggar aturan berkendara seperti tidak menggunakan helm.

Pada Operasi Simpatik Lodaya pada 2016 di beberapa tempat selain menilang para pengendara nakal, polisi juga memberikan sarung tangan, tak sedikit pengendara heran kenapa diberikan sarung tangan oleh polisi.

Sebenarnya penggunaan sarung tangan bagi pengendara memiliki banyak efek dan fungsi yang baik untuk pengendara, oleh karena itu sarung tangan juga termasuk kedalam perlengkapan safety bagi pengendara motor apalagi bagi pengendara motor yang ingin berkendara dengan jarak yang jauh.

Fungsi Sarung Tangan Motor

Berikut ini beberapa fungsi dan pentingnya menggunakan sarung tangan bagi pengendara motor.

gambar 1 - fungsi sarung tangan motor
img: Jaket Respiro

Fungsi Sarung Tangan Sebagai Grip

Fungsi sarung tangan yang pertama adalah kegunaannya sebagai grip. Sering kali tangan kita basah akibat keringat karena terlalu lama memegang setang motor. Ini adalah alasan kenapa Anda perlu memakai sarung tangan untuk mencegah slip tangan Anda yang memegang setang motor agar tidak terjadi kecelakaan.

Sarung tangan dilengkapi dan didesign sedemikian rupa, seperti adanya karet pada telapak tangan sebagai grip agar tidak terlepas dari setang motor. Berkendara tanpa sarung tangan dalam waktu yang lama juga akan membuat tangan kita lecet atau bahkan adanya penebalan kulit di beberapa area telapak tangan.

Semakin baik kualitas sarung tangan semakin baik juga kontrol kita saat berkendara. Banyak juga beberapa design sarung tangan yang cukup compatible dengan harga yang relatif terjangkau. Fungsi ini sangat dirasakan bagi para pengendara motor yang sering menggunakan motor sebagai alat transportasi sehari-hari.

Ada juga beberapa sarung tangan yang terbuat dari kulit yang mempunyai kualitas yang sangat baik. Beberapa sarung tangan kulit memiliki protektor atau hard shell protector di bagian punggung tangan untuk menghindari benturan saat berkendara dan ada antislip, berbahan polyster yang ringan dan lembut bahkan ada beberapa toko perlengkapan kendaraan yang menjual sarung tangan kulit domba asli.

Fungsi Sarung Tangan untuk Keamanan

Dalam berkendara, hal yang paling diutamakan adalah keselamatan karena kita tidak tahu apa yang kita lewati di jalan nantinya. Sarung tangan juga merupakan alat safety bagi pengendara motor yang dapat mengurangi dampak negatif dari beberapa keadaan saat berkendara.

Fungsi sarung tangan bisa sebagai pelindung, melindungi dari rasa tidak nyaman saat berkendara seperti tangan yang kedinginan atau kepanasan. Cuaca yang dingin atau hujan deras membuat jari-jari tangan akan mengigil, hal ini akan menurunkan kemampuan fungsi jari-jari untuk bergerak dengan memakai sarung tangan akan menjaga suhu tangan Anda dan akan tetap hangat.

Fungsi lainnya adalah ketika hal yang tidak diinginkan terjadi seperti kecelakaan, sarung tangan mempunyai peranan yang cukup penting karena biasanya tangan memiliki reflek yang cepat untuk menahan tubuh saat terjatuh dan mengurangi cedera pada tangan saat terjatuh.

Efek sinar matahari langsung terhadap kulit juga cukup berbahaya lho… Selain membuat kulit menjadi belang, sinar UV langsung yang diterima oleh kulit dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti kulit memerah yang bahkan sulit dihilangkan atau permanen, meningkatkan peluang katarak yang berujung pada kebutaan, mengganggu fungsi retina yang lama-lama akan menurunkan fungsi pengelihatan Anda, dan beberapa orang yang sensitif atau alergi sinar matahari akan mengalami kulit kemerahan ruam bahkan melepuh.

Memilih Sarung Tangan Motor yang Baik

Pilih sarung tangan yang terbuat dari bahan yang tahan dingin, seperti sarung tangan yang berbahan seperti kulit, jala, gore-tex, dan neoprene.

Sarung Tangan Kulit

Sarung tangan kulit merupakan bahan sarung tangan yang paling populer dan tahan lama. Akan tetapi sarung tangan kulit ini bersifat anti air yang dimana kurang cocok untuk dipakai dalam keaadan cuaca yang panas.

gambar 2 - sarung tangan motor kulit
img: Shopee

Karena sarung tangan kulit jarang sekali memiliki ventilasi udara yang membuat kulit Anda sulit bernapas dan menciptakan keringat yang memunculkan bau tidak sedap bila terus dipakai dan membuat sarung tangan lebih mudah rusak.

Sarung Tangan GoreTex

Sarung tangan yang satu ini biasanya digunakan untuk para pengendara motor dan para pendaki gunung karena sifatnya yang tahan angin dan dingin.

gambar 2 - sarung tangan goretex
img: AliExpress

Bahannya juga sangat awet untuk penggunaan jangka panjang, untuk harga sarung tangan ini tergolong cukup tinggi, bahannya juga tidak cocok untuk cuaca panas.

Neoprene

Sarung tangan ini cocok untuk udara dingin karena membuat tangan Anda terjaga untuk tetap hangat. Bahannya yang mudah menempel membuat lebih nyaman saat berkendara.

gambar 3 - sarung tangan motor neoprene
img: mybest

Kekuranganya seperti bahan diatas lainnya yaitu tidak cocok untuk cuaca panas karena tidak memiliki ventilasi udara.

Jala

Sarung tangan dengan bahan jala cocok untuk cuaca panas, karena sarung tangan ini memiliki lubang-lubang sebagai ventilasi udara.

gambar 4 - sarung tangan motor jala
img: AliExpress

Lubang-lubang pada sarung tangan ini membantu kulit Anda untuk bernapas.

5 Rekomendasi Merk Sarung Tangan Motor Terbaik

Respiro Gloves Mezzo

Sarung tangan ini cocok untuk saat cuaca sedang panas, berbahan polyster dan dilapisi jala yang mempunyai ventilasi udara membuat tangan Anda terlindung dari sengatan matahari dan tetap memiliki lubang-lubang ventilasi untuk keluar masuknya udara. Dilengkapi pula dengan inside protector untuk perlindungan Anda saat berkendara.

Eiger Daily Riding Glove Half

Sarung tangan yang dikeluarkan oleh Eiger ini berbahan dasar spandex berlapis kulit, yang sangat nyaman saat digunakan. Sarung tangan ini cocok saat cuaca panas, bahan yang tidak terlalu tebal dan tetap terlihat lebih sporty dengan menggunakan sarung tangan ini.

Madbike md-03

Terbuat dari bahan perak kain serat konduktif sarung tangan ini juga dapat mengoprasikan handphone dengan layar sentuh. Selain perak kain serat juga bahan sarung tangan ini terbuat dari serat palem dan serat karbon jeruk. Sarung tangan ini memiliki ventilasi udara diseluruh bagian sarung tangan, tidak membuat tangan Anda cepat berkeringat.

Sarung Tangan Wolfen

Sarung tangan ini terbilang cukup terjangkau untuk harganya, tetapi tidak kalah dengan kualitas sarung tangan yang lainnya. Bahannya yang elastis, fit pada tangan Anda membuat nyaman untuk pemakainya, memiliki design yang menarik yang cocok untuk Anda.

Scoyco mc09

Sarung tangan dengan protector karet diruas jari dan carbon di dengkul tangan, pada telapak tangan dari bahan syntetic leather berpori dan bisa dipakai saat hujan dan tidak meninggalkan bekas aroma bau. Kombinasi bahan tricot membuat posisi jari fit sehingga nyaman digunakan.

Ingat selalu keamanan dan kenyamanan Anda selama berkendara, selalu tertib akan peraturan lalu lintas, dan jangan lupa untuk selalu berdoa untuk keselamatan Anda diperjalanan.

tunggu sebentar...

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi