Screenshot Website Full Halaman di Google Chrome

Full Page Screenshot on PC / Laptop

Screenshot layar / mengambil cuplikan gambar pada layar monitor PC / Laptop dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti yang pernah dibahas sebelumnya dengan menggunakan Snipping Tool, bisa juga screenshot dengan PrintScreen, dan bisa juga menggunakan aplikasi DVDVideo Soft Free Studio.

Kamu dapat menggunakannya untuk berbagai macam keperluan, seperti membagikan tutorial, membagikan pada teman kerja terkait masalah pada halaman tersebut, dan bahkan mengambil cuplikasi template sebuah website / blog pada browser.

Tapi dengan cara-cara di atas tentu hanya mengabil cuplikasi gambar sesuai yang terlihat pada layar saja, jika kamu berniat untuk mengambil cuplikasi gambar seluruh template website dari mulai atas sampai bawah / header  footer ketika membuka sebuah website di browser, kamu dapat menggunakan aplikasi khusus.

Capture Full Page Website di Google Chrome

Ketika menggunakan Google Chrome, kamu dapat mengambil screenshot keseluruhan website dengan sekali klik saja dengan bantuan ekstensi Full Page Screen Capture. Jika ekstensi ini berlum tersedia di Chrome yang kamu gunakan, silahkan install terlebih dahulu.

  • Kunjungi halaman extension nya di Chrome Web Store, kunjungi link berikut https://chrome.google.com/webstore/detail/full-page-screen-capture/fdpohaocaechififmbbbbbknoalclacl?hl=id-ID
  • Klik tombol Tambakan ke Chrome / Add to Chrome
  • Tunggu sampai proses pemasangan selesai, maka tombol Full Page Screen Capture akan tersedia di samping kolom pencarian Google Chrome seperti pada gambar ini:

gambar 1 - ikon full page screen capture

Ini artinya sekarang Google Chrome bersangkutan sudah memiliki kemampuan untuk mengambil screenshot layar penuh sebuah website secara otomatis dari atas ke bawah tanpa perlu screenshot satu persatu dan scroll. Berikut ini langkah-langkah penggunaannya:

  • Bukalah sebuah situs web yang ingin di screenshot template nya
  • Klik ikon kamera seperti yang ditunjukkan pada gambar yang mana itu merupakan ekstensi Full Page Screen Capture yang tadi telah terpasang
  • Tunggu hingga proses screenshot selesai maka akan diarahkan ke tab baru dengan menampilkan hasil screenshot

gambar 2 - hasil capture full screen

Ini adalah hasil setelah screenshot fullscreen layout situs web nutriclub.co.id.Seperti yang dilihat pada gambar, ada tombol tindakan yang dapat dipilih seperti menghapusnya, menyimpan sebagai PNG, menyimpan sebagai PDF, dll.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu melakukan pemotongan / crop lagi untuk menyembunyikan bagian-bagian yang tidak diinginkan seperti URL / tab browser, karena gambar hasil screenshot yang dibuat adalah murni hanya layout sebuah situs web saja.

Catatan: Jika konten website bersangkutan menggunakan lazy load, pastikan kamu sudah membuka seluruh konten yang ingin di capture sebelum melakukan screenshot dengan ekstensi tersebut agar semua konten tertangkap dalam gambar.

Selamat mencoba !

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi