Menyayangi Bumi – Pria Ini Membuat Sedotan dari Rumput Liar untuk Mengurangi Sampah Plastik

Nah keunggulannya pada sedotan kering adalah bisa bertahan lebih lama daripada sedotan segar, karena bisa disimpan dengan jangka waktu...


#Payforplastic #NoStrawMovement – Buat kalian generasi millineals yang suka nongkrong di cafe dan tempat makan lainnya, pasti gak asing lagi ya sama hastag di atas. Banyak di beberapa tempat makan yang sudah memberlakukan untuk tidak memberikan sedotan plastik secara cuma-cuma atau hanya diberikan jikalau memang benar-benar dibutuhkan.

Sekarang ini, sampah plastik termasuk sedotan merupakan hal yang paling diperhatikan di muka bumi. Sampah plastik menjadi benda yang sangat sulit terurai, sehingga akan tetap ada sampai berpuluh-puluh tahun ke depan. Di lautan, sampah plastik sudah menjadi bahaya tersendiri bagi hewan-hewan laut dan ekosistem di laut. Makanya banyak diantaranya yang menjual sedotan dari bahan stainless steal atau bahkan bambu, untuk mengurangi limbah plastik.

Uniknya, di Vietnam ada seseorang yang membuat sedotan dari rumput liar, wah gimana ya bentuknya?

Kak Tran Minh, ia berasal dari Vietnam yang pada akhirnya mengeluarkan gagasan dan membuat sedotan dari rumput liar. Gunanya untuk mengurangi sampah plastik, namun keunikannya adalah rumput liar yang digunakan bukanlah rumput liar yang biasa kita jumpai di sepanjang jalan ya.

Sedotan dari Rumput Liar

Berikut ini fakta-fakta sedotan rumput liar!

Jenis Rumput Liar yang Dipakai

Rumput liar yang digunakan memiliki nama latin Lepironia Articulata yang dapat dengan mudah ditemukan di ladang Delta Mekong yang ada di Vietnam.

gambar 1 - jenis rumput liar yang digunakan untuk sedotan
img: Google

Ciri-Ciri Rumput Liar ‘Lepironia Articulata’

Rumput Liar ini memiliki bentuk batang panjang dan berlubang, tumbuh di lahan basah. Karena bentuk batangnya yang berongga inilah makanya cocok digunakan sebagai sedotan nih.

Pengolahan Rumput Liar

Rumput Liar ini dikumpulkan, lalu dicuci sampai benar-benar bersih. Barulah rumput dipotong sepanjang 20 sentimeter, terakhir adalah dikemas menjadi bundel dengan daun pisang.

gambar 2 - sedotan dari rumput liar
img: Google

Perbedaan Sedotan Rumput Liar

Sedotan ini dibagi menjadi dua, sedotan segar dan sedotan kering. Sedotan segar merupakan sedotan yang baru dipotong dan langsung digunakan, sedotan segar juga bisa disimpan selama satu minggu atau kalau mau disimpan di dalam lemari es juga bisa sampai dua minggu.

Sedangkan sedotan kering merupakan sedotan yang setelah dipotong, dijemur terlebih dahulu hingga kering dan selanjutnya adalah dipanaskan di dalam oven.

Nah keunggulannya pada sedotan kering adalah bisa bertahan lebih lama daripada sedotan segar, karena bisa disimpan dengan jangka waktu mencapai enam bulan.

Pastinya sedotan rumput liar aman digunakan ya! Karena tidak dibuat dari bahan kimia dan sudah dicuci sampai benar-benar bersih. Kalau kita menggunakan sedotan ramah lingkungan seperti ini, kita jadi bisa ikut mengurangi sampah plastik dan menjaga bumi kan 🙂


Jangan Lupa Share !!!

93
13 shares, 93 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
1
Bingung
Kesal Kesal
9
Kesal
OMG OMG
1
OMG
Takut Takut
10
Takut
Keren Keren
8
Keren
Sedih Sedih
3
Sedih
Posciety Edu

Advanced Competent

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan artikel-artikel edukasi dunia yang mendidik. Dikelola oleh tim Posciety Edu.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki