Sejarah & Penemu Bahasa Pemrograman

Tau Gak ? Bahasa pemrograman (programming languages) diciptakan oleh seorang wanita bernama Ada Lovelace. Nama aslinya adalah Augusta Ada Byron merupakan seorang penulis dan matematikawan yang menciptakan bahasa pemrograman pertama. Lovelace menciptakan bahasa pemrograman untuk sebuah mesin dan seiring waktu banyak orang2 yang mengembangkan hingga dapat digunakan pada komputer, saat ini sampai bisa terhubung ke internet.

Pada tahun 1822 ada seorang ilmuwan bernama Charles Babbage yang menciptakan sebuah mesin yang disebut analytical engine atau mesin penganalisa tapi banyak juga yang menyebutnya difference engine alias mesin yang membedakan. Kalo saat ini kita bisa sebut ini sebagai komputer, karena sebetulnya pada mesin ini terdapat layar yang mampu menampilkan hasil analisanya. Dalam mesin ini terdapat banyak sekali metode dari mulai menghitung, rincian keseluruhan, dll. Tentu hal ini sangat menyulitkan ketika akan digunakan, segala perangkat yang ada di dalam mesin ini harus digunakan dengan cara manual satu persatu baru bisa menampilkan hasil penganalisaan.

Pada tahun 1840an munculah Lovelace dengan rasa penasarannya yang tinggi dan ilmu luar biasa yang dimilikinya. Ia mengetahui bahwa pada mesin yang diciptakan Charles Babbage terdapat sistem komputer yang memerlukan instruksi khusus agar dapat berjalan dengan baik dan mudah sedangkan Babbage menjalankannya dengan cara manual. Kemudian Lovelace menciptakan bahasa pemrograman yang mampu menjalankan serangkaian langkah2 untuk program komputer tersebut, langkah mengetik kedalam komputer / layar yang menampilkan hasil, langkah mengeksekusi, langkah percabangan logis & langkah orientasi objek.

Pada penemuan awal Lovelace hanya mampu menggerakkan mesin dan kemudian mengeksekusi hasil dari proses yang dilakukan si mesin tersebut, penemuan awalnya ini bisa dikatakan bahasa pemrograman / bahasa komputer physical motion (gerak fisik). Semakin Lovelace bernafas semakin meningkat hasil penemuannya, ia mulai merubah bahasa pemrograman yang hanya mampu menggerakkan mesin dan mengeksekusi menjadi sinyal2 listrik / setiap perangkat pada mesin dapat mengirim dan menerima listrik dengan mudah.

Sebelumnya mesin yang diciptakan Babbage ini perlu dilakukan secara manual dalam pengiriman listriknya dengan menggunakan tombol on/off di masing2 perangkat, Tentu sangat membosankan… Penemuan Lovelace ini masih sering terjadi kerusakan kecil / error setiap mesin ini digunakan beberapa hari. Lovelace dibantu oleh matematikawan Italia bernama Luigi Menabrea, Loverace dibantu dengan artikelnya tentang rumusan2 matematika & perhitungan. Dan membuahkan hasil yang luar biasa hingga mesin dan bahasa pemrogramannya dapat berjalan seperti seharusnya.

Sayang sekali, sebelum sempat ia meneruskan semua bahasa pemrogramannya ia meninggal dunia akibat kanker rahim yang di deritanya. Bahkan Lovelace pun belum sempat memberi nama pada bahasa pemrograman yang ia ciptakan karena  masih mempunyai tujuan untuk bahasa pemrogramannya tersebut dan ia anggap belum lengkap walaupun mesin Babbage sudah bisa berjalan dengan mudah.

Ia masih mempunyai mimpi untuk melengkapi bahasa pemrogramannya sampai benar2 “completed”. Sungguh disayangkan ia gagal untuk melanjutkan / melengkapi bahasa pemrogramannya. Tapi disisi lain, ia sudah sangat luar biasa bisa menciptakan bahasa pemrograman pertama di muka bumi.

Atas penemuannya yang luar biasa, bahkan bermanfaat untuk Amerika dan negara lain maka Amerika memberikan penghargaan kepada keluarga2nya. Sebagai penghormatan, Amerika Serikat menamakan bahasa pemrograman ini “Ada” yang diambil dari nama Ada Lovelace.

Tapi setelah kematian Lovelace, masih ada beberapa orang yang ingin mencoba untuk melengkapi penemuannya walaupun hasilnya tidak begitu baik. Waktu terus berjalan dan bumi ini terus melahirkan orang2 hebat yang dapat menciptakan bahasa pemrograman dalam jenis lainnya yang sangat berguna sampai saat ini.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi