Berikut Ini Beberapa Manfaat dari Setiap Gerakan Shalat. Selain Menyehatkan, Shalat Juga Diwajibkan Bagi Seluruh Umat Muslim !

Sholat lima waktu merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat muslim di dunia. Tak hanya sebagai sarana beribadah untuk di Akhirat nanti, menurut studi gerakan-gerakan sholat mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan dan memiliki gerakan seperti olahraga yoga. Gerakan sholat membuat peredaran darah di dalam tubuh menjadi lebih optimal dan merangsang jaringan sel dalam tubuh. Berikut beberapa manfaat gerakan saat sholat bagi kesehatan:

  • Gerakan Takbiratul Ihram dan Berdiri tegap

Gerakan awal dalam sholat ini mengangkat kedua tangan sampai posisi tangan sejajar dengan bahu dan tangan didekapkan di dada. Manfaat gerakan ini adalah membuat pernapasan menjadi lebih teratur dan lancar. Saat takbiratul ihram otot diafragma juga ikut terlatih yang berdampak positif pada fungsi-fungsi fisiologis pada manusia seperti otak, otot, dan organ gerak manusia. Menurut Ahli Psikologi Belanda mengatakan bahwa kalimat takbir “Allahu Akbar” saat dilantunkan dalam sholat bermanfaat untuk mengobati masalah psikologi seperti dejection dan tension. Berdiri tegap setelah takbiratul ihram, telapak kaki yang menjadi tumpuan berat badan merangsang titik-titik apukuntur yang baik untuk kesehatan organ-organ di dalam tubuh dan membuat tulang penyangga tubuh menjadi lebih kuat.

  • Gerakan Rukuk

Gerakan mencondongkan diri ke arah depan, tangan berada di kedua lutut, dan punggung dalam keadaan lurus kedepan tidak bengkok. Gerakan ini dapat merelaksasi otot punggung dan baik untuk otot/tulang punggung seseorang.

  •  Gerakan I’tidal

Gerakan berdiri sesaat setelah rukuk ini membuat pencernaan menjadi lebih lancar karena gerakan yang berporos pada perut ini membuat perut seperti terasa dipijat.

  • Gerakan Sujud

Gerakan sujud ini memposisikan kepala/dahi menempel ke lantai sejajar dengan kaki dan posisi kepala berada posisi lebih rendah daripada jantung yang dimana dapat membuat oksigen dan peredaran darah lebih lancar ke otak. Gerakan sujud juga dapat membuat peregangan pada punggung dan membuat punggung terasa seperti direlaksasi.

  • Gerakan duduk diantara 2 sujud

Gerakan duduk ini dapat bermanfaat pembuluh darah menjadi lebih elastis mencegah penyumbatan arteri/vena dan membuat peredaran darah juga menjadi lebih optimal. Membuat seluruh sendi tungkai, kaki, dan jari jemari menjadi lebih lentur dan tidak kaku.

  • Gerakan salam

Gerakan terakhir dalam sholat ini posisi seperti duduk diantara dua sujud, dan menoleh ke kanan dan kiri melihat bahu disamping, tetapi saat menoleh ke kanan dan ke kiri posisi pipi itu harus seolah-olah terlihat oleh seseorang dibelakangnya. Gerakan salam ini membuat organ-organ vital di daerah leher menjadi lebih baik dan bekerja lebih optimal. Gerakan salam juga mengurangi resiko terjepitnya saraf di leher.

Semua gerakan sholat dapat bermanfaat selama gerakan tersebut dilakukan dengan sempurna dan tidak terburu-buru dalam melakukannya. Dari Ibnu Abbas, beliau berkata Nabi Shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda pada Asyaj Abdul Qois, Sesungguhnya dalam dirimu terdapat dua sifat yang dicintai oleh Allah, yaitu sabar dan tidak tergesa-gesa”. (Hadist Riwayat Bukhori).

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi